5+ kata Kata Peribahasa Bijak banyak Makna Menyentuh Hati

kata kata peribahasa bijak – Pasti kamu pernah mendengar apa itu peribahasa ? peribahasa biasanya akan keluar di ujian sekolah Bahasa Indonesia. Peribahasa merupakan kelompok kata yang terdapat susunan tetap, terkandung aturan perilaku, nasihat dan prinsip hidup. Biasanya peribahasa menggambarkan sesuatu maksud tertentu dan berisikan kebenaran umum. Banyak yang menyebutkan peribahasa adalah sastra lisan dan perlu pemahaman yang benar. Untuk lebih jelasnya di bawah ini terdapat contoh kata-kata peribahasa bijak penuh makna yang bisa menjadi contoh untuk kamu.

kata Kata Peribahasa Bijak “Contoh Kata-kata Peribahasa Bijak”

kata Kata Peribahasa Bijak "Contoh Kata-kata Peribahasa Bijak"v

Kata-kata peribahasa bijak umum di ungkapkan dalam kehidupan sehari-hari bisa berupa Pepatah, Ungkapan, Bidal, Semboyan, Ibarat ataupun Perumpamaan.

  1. Peribahasa Ungkapan “ Cinta tak pernah mulus “.

Artinya : Cinta semakin Panjang semakin rumit, semakin sulit pula supaya tidak tumbang di terpa angin kencang atau jatuh tersandung kerikil. Contoh peribahasa dan artinya mengenai cinta tak pernah mulus mengandung makna kehidupan percintaan tak selamanya berjalan mulus. Ada kalanya terdapat rintangan yang harus di hadapi Bersama pasangan.

  1. Peribahasa Perumpamaan “ Bagai mencencang air tak putus “.

Artinya : mengerjakan perkerjaan yang tidak mungkin ( mustahil ) dan tidak mungkin untuk dikerjakan. Di sini mengajarkan kepada kita mencari suatu perkerjaan harus sesuai dengan kemampuan. Agar apa yang kita kerjakan bisa berjalan dengan lancar tanpa hambatan.

  1. Peribahasa Pepatah “ Genggam bara api biar menjadi arang “.

Artinya : Lakukan sesuatu dengan kesabaran agar mendapat hasil yang maksimal. mengajarkan kepada kita agar senantiasa sabar untuk melakukan sesuatu baik itu perkerjaan, urusan pribadi, bisnis yang tengah di rintis. Lakukan secara bertahap jangan tergesa-gesa supaya hasil yang di dapatkan memuaskan.

  1. Peribahasa Ibarat “ Malu bertanya sesat di jalan “

Artinya : Kata-kata peribahasa bijak selanjutnya berarti Janganlah kita segan menanyakan sesuatu kepada orang yang bijaksana. Tanyakanlah apa yang ingin kamu tanyakan apabila kamu tidak mengetahuinya, bila kamu malu untuk bertanya akan merugikan diri sendiri karena persoalan yang akan di tanya tidak menemukan jalan keluarnya.

  1. Peribahasa Ibarat “ Ada budi ada talas, ada budi ada balas“

Artinya : Setiap perbuatan baik pasti selalu ada ganjaran kebaikannya dan setiap perbuatan buruk / jahat pasti ada balasannya. Makna peribahasa ini mengingatkan kepada kita untuk tidak berbuat jahat terhadap orang lain karena pasti ada balasan yang akan diterima. Begitupun sebaliknya jika kita berbuat baik kepada seseorang pasti ada ganjaran baik yang di dapat.

  1. Peribahasa Semboyan “ Tak ada yang mustahil selama masih bisa di gapai “

Artinya : manusia di ciptakan dengan akal dan pikiran. Ketika itu masih bisa dilakukan maka lakukanlah. Tidak ada yang mustahil di dunia ini selama kamu mau berusaha dan berikhtiar. Perjuangkanlah mimpimu tanpa harus melupakan siapa kamu sebenarnya.

5+ kata Kata Peribahasa Bijak banyak Makna Menyentuh Hati

Tinggalkan komentar