9 Tokoh Tokoh Wali Songo Nusantara dan Biografi Singkatnya

Tokoh Tokoh Wali Songo – Penyebaran ajaran agama Islam di Indonesia tidak terlepas dari peran para pedagang yang datang ke Nusantara. Para pedagang tersebut berasal dari beberapa Negara seperti Arab, Iran, Persia, Mesir, dan India. Dan tentunya kerajaan Islam pertama ada di Samudera pasai yang berada di Pulau Sumatera. Tidak hanya berdagang namun mereka datang untuk memperkenalkan Islam.

Mengenal Islam tentunya kita juga perlu tau bahwa siapa saja tokoh yang berperan dalam menyebarkan agama Islam. Yang telah membawa kita dari kegelapan menuju Cahaya dalam memeluk agama yang benar. Wali Songo yaitu penyebar agama Islam di tanah Jawa yang berjumlah sembilan tokoh.  Maka penting untuk kita mengulas sejarah wali songo lengkap dengan tokoh-tokoh wali songo.

Sejarah Wali songo melakukan Dakwah ke masyarakat di tanah Jawa dengan cara yang berbeda-beda dan tersebar di berbagai daerah. Selama melakukan Dakwah mereka punya wilayah masing-masing dan meninggalkan bukti terhadap perannya dalam menyebarkan ajaran agama Islam. Wali songo sangar berjasa dalam Islam.

Wali atau wakil yaitu wali Allah atau sahabat Allah, sedangkan songo memiliki arti sembilan karena keseluruhan ada 9 wali Allah. Yang telah membawa perubahan terhadap masyarakat Jawa yang dulunya mayoritas Agama Hindhu dan Budha. Tokoh tokoh wali songo memiliki cara yang unik dalam mengajarkan agama Islam.  Dan berikut ini adalah Tokoh-tokoh wali songo yang harus kita ketahui :

  1. Sunan Bonang atau Raden Makhdum

Sunan Bonang atau Raden Makhdum

Sunan Bonang memiliki penyebaran dalam agama Islam dengan cara menyesuaikan diri terhadap corak Kebudayaan masyarakat Jawa menggemari wayang dan musik Gamelan. Dengan hal inilah Sunan Bonang menciptakan Gending-gending yang mengandung nilai Islam. Di dalam setiap baitnya diselingi dengan ucapan dua kalimat syahadat.

  1. Sunan Gunung Jati atau Syarif Hidayatullah

Sunan Gunung Jati atau Syarif Hidayatullah

Beliau memiliki peran penting dalam penyebaran agama Islam di Jawa Barat. Yaitu di Daerah Cirebon. Sunan Gunung Jati merupakan pendiri Dinasti kesultanan Banten.

  1. Sunan Ampel atau Raden Rahmat

Sunan Ampel atau Raden Rahmat

Sunan Ampel yang memiliki asli Raden Rahmat yang memulai dakwahnya dari sebuah pesantren di dekat kota Surabaya. Sunan Drajat merupakan murid-murid Sunan Ampel.

  1. Sunan Kalijaga

Sunan Kalijaga

Sunan Kalijaga atau Raden Sahid yang dikenal sebagai budayawan dan seniman seni ukir, seni suara, seni busana yang menciptakan aneka cerita wayang bercorak keIslaman. Beliau memperkenalkan Islam dengan menggunakan wayang.

  1. Sunan Kudus

Sunan Kudus

Sunan Kudus atau Jafar Sadiq yang diberi gelar wali al ilmi yang memiliki arti berilmu yang luas karena memiliki keahlian khusus dalam bidang agama. Dan sunan kudus dipercaya untuk memegang pemerintahan di daerah Kudus.

  1. Sunan Muria

Sunan Muria

Sunan Muria atau sunan Raden Umar Said yang merupakan seorang wali songo yang memiliki jasa yang begitu besar dalam penyebaran agama Islam di nusantara pada daerah pedesaan.

  1. Sunan Gresik

Sunan Gresik

Maulana malik Ibrahim beliau diduga bersal dari wilayah Magribi yaitu Afrika Utara. Beliau merupakan guru para wali, Sunan Gresik termasuk orang pertama yang masuk ke pulau Jawa yang berasal dari keluarga muslim yang Taat.

  1. Sunan Giri atau Raden Paku

Sunan Giri atau Raden Paku

Putra pertama Maulana Ishak dan beliau ditugaskan oleh Sunan ampel untuk menyiarkan agama Islam di Blambangan.

  1. Sunan Drajat

Sunan Drajat

Sunan Drajat atau Raden Qasim yang merupakan wali yang berjiwa sosial tinggi dan sering memberikan pertolongan kepada fakir miskin, yatim piatu, dan orang sakit.

9 Tokoh Tokoh Wali Songo Nusantara dan Biografi Singkatnya

Tinggalkan komentar