15+ Aplikasi Root Android Terbaik yang 100% Pasti Berhasil

Aplikasi Root Android – Sebagian besar pengguna android tentu sudah tidak asing lagi dengan yang namanya root atau rooting. Root sendiri merupakan proses yang dilakukan untuk membuka akses smartphone android agar bisa melakukan berbagai hal. Proses ini dilakukan dengan tujuan untuk memodifikasi perangkat android agar memaksimalkan performa dari smartphone tersebut. Menariknya, saat ini sudah tersedia berbagai macam aplikasi root yang bisa dipasang pada smartphone android. Lantas, apa saja aplikasi tersebut?

Inilah 15 Terbaik untuk Android

1. Framaroot

Framaroot

Framaroot berada di urutan pertama sebagai salah satu aplikasi untuk root yang paling direkomendasikan. Tidak heran jika aplikasi ini sudah cukup terkenal di kalangan pengguna android. Sebab, Framaroot memang terbukti ampuh untuk melakukan rooting pada perangkat android.

Keunggulan dari aplikasi ini adalah sudah menyematkan beberapa jenis exploit, seperti Pippin, Gandalf, Boromir, Frodo, Legolas, Sam, Aragorn, dan Gimli. Selain itu, aplikasi ini juga compatible dengan berbagai macam merk smartphone android.

Tidak berhenti sampai di situ, aplikasi ini juga menawarkan beberapa kelebihan lainnya. Beberapa keunggulan yang ditawarkan adalah memiliki alat flash gratis, dapat memperbaiki kesalahan, mudah membatalkan root, pengguna bisa memilih versi yang mendukung perangkat android, mengizinkan aplikasi pihak ketiga tanpa risiko, serta memiliki beragam bahasa.

Hanya dengan mengikuti beberapa langkah mudah, maka Anda sudah bisa mengakses root ke perangkat android tanpa membutuhkan bantuan PC. Setelah menginstal aplikasi, silahkan ikuti petunjuk yang tersedia dalam aplikasi untuk mulai menggunakan aplikasi ini.

2. KingRoot

KingRoot

Nama KingRoot juga tidak kalah popular sebagai aplikasi root yang terbukti ampuh. Aplikasi ini telah terbukti bisa membantu banyak pengguna android yang ingin mengakses root pada ponsel mereka. Bukan hanya ampuh untuk melakukan rooting pada perangkat android saja, aplikasi ini juga memiliki berbagai macam utility yang keren dan memukau.

Salah satu kelebihan aplikasi ini adalah membawa aplikasi SuperSU sendiri. Dengan begitu, maka pengguna tidak perlu repot untuk mencari aplikasi tersebut secara terpisah. Sebelum melakukan root, pastikan Anda sudah melakukan backup data terlebih dahulu untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan terjadi.

3. Z4 Root

Z4 Root

Nama Z4 Root mungkin tidak begitu populer jika dibandingkan dengan dua aplikasi sebelumnya. Meski begitu, kinerja dari aplikasi ini terbilang cukup ampuh, sehingga tidak perlu diragukan. Ya, Z4 Root memang tidak kalah dari segi fitur jika dibandingkan dengan dua software di atas.

Salah satu kelebihan dari aplikasi ini akan memiliki ukuran yang kecil, sehingga tidak membutuhkan banyak ruang serta kuota. Selain itu, Z4 Root juga telah terbukti dapat melakukan root pada beragai merk dan jenis smartphone tanpa harus menggunakan bantuan laptop atau komputer.

4. One Click Root

One Click Root

Aplikasi root selanjutnya yang direkomendasikan untuk android adalah One Click Root. Aplikasi ini direkomendasikan karena mudah dan cepat saat digunakan. Selain itu, aplikasi ini juga dilengkapi dengan beragai fitur yang memungkinkan Anda untuk melakukan root kapan saja dengan aman. Beberapa fitur yang disematkan dalam aplikasi ini adalah tasker, manager magisk, penjelajah padat, dll.

5. Universal Androot

Universal Androot

Software yang tidak kalah ampuh lainnya untuk melakukan rooting android adalah Universal Androot. Aplikasi ini juga menjadi salah satu software root terbaik untuk android yang sistem penggunaannya sangat mudah dan cepat.

Sebelum melakukan proses rooting menggunakan Universal Androot, Anda harus menginstal aplikasi SuperSU terlabih dahulu. Selanjutnya, buka aplikasi Universal Androot dan ikuti langkah-langkah yang ditampilkan dalam petunjuk aplikasi tersebut.

6. Kingoroot

Kingoroot

Kingoroot merupakan aplikasi yang suda ada sejak tahun 2011 lalu. Aplikasi ini dikenal dengan salah satu kelebihannya, yaitu bisa menguduh aplikasi yang berfungsi untuk membantu proses root, sehingga pengguna tidak perlu melakukan pengunduhan secara manual.

Meskipun tergolong baru, namun aplikasi ini tidak kalah bagus dengan beberapa aplikasi pendahulunya. Kingoroot sendiri merupakan aplikasi yang masih satu paket dengan aplikasi Kingroot. Selain support untuk berbagai macam model smartphone android, Kingoroot juga bisa diaplikasikan pada PC.

Setelah ponsel melakukan rooting, maka secara otomatis akan terinstal aplikasi Super User. Dengan kata lain, ponsel yang root dengan aplikasi ini akan secara otomatis menginstal aplikasi Kingo Superuser dan Kingo SuperBattery. Aplikasi Kingo SuperBaterry tersebut berperan untuk mengatur baterai yang digunakan pada ponsel Anda.

7. SuperSU

SuperSU

Sesuai dengan namanya, asplikasi besutan Chainfie ini memang benar-benar aplikasi root yang super. Pasalnya, SuperSU menawarkan sebuah fitur yang memungkinkan Anda untuk memilih apakah ingin melakukan rooting secara normal atau secara menyeluruh.

Dengan adanya fitur penawaran tersebut, maka pengguna bisa lebih bebas untuk memilih proses root yang diinginkan sesuai kebutuhan. Selain itu, root dengan aplikasi SuperSU ini juga dapat meningkatkan kinerja ponsel agar tidak lemot.

Aplikasi SuperSU sering melakukan update atau pembaharuan secara berkala supaya Anda bisa selalu menikmati beragam fitur menarik serta hal-hal terbaru yang berkaitan dengan rooting. Fitur lainnya yang tidak kalah menarik adalah aplikasi ini mampu melakukan unroot.

SuperSU sering disebut sebagai aplikasi andalan yang akan memberikan Anda kontrol secara penuh terhadap perangkat android Anda sendiri. Selain itu, aplikasi ini juga mempunyai tujuan untuk menggantikan aplikasi lainnya yang digunakan oleh Anda untuk mengelola hak superuser.

8. Flashify

Flashify

Flashify dapat dikatakan sebagai aplikasi yang cukup sederhana. Meskipun sederhana, namun manfaat dari aplikasi ini sangat luar biasa. Selain bisa diandalkan untuk melakukan root, aplikasi ini dapat melakukan berbagai macam flashing pada berbagai macam ROM yang sudah Anda download.

Beberapa kelebihan dari aplikasi Flashify ini adalah bisa melakukan boot flash dan pemulihan, melakukan backup data android secara lengkap, serta memiliki fitur automatic loki patch yang bisa digunakan saat dibutuhkan. Selain itu, aplikasi ini juga memiliki fitur sinkronisasi awan ootmatis backup.

9. iRoot

iRoot

Aplikasi root yang satu ini diklaim telah digunakan oleh lebih dari 2000 jenis smartphone dari berbagai macam merek. Aplikasi iRoot sendiri memiliki tampilan yang cukup menarik serta mudah digunakan. Selain bisa digunakan pada smartphone android, aplikasi ini juga bisa diaplikasikan pada PC atau laptop.

Cara melakukan root menggunakan aplikasi ini sangat mudah. Langkah pertama yang harus dilaukan adalah mengunduh serta menginstal aplikasi iRoot ada laptop atau PC yang akan dirooting. Selanjutnya, hubungkan ponsel Anda dengan PC atau laptop tersebut menggunakan kabel data.

Setelah itu, tekan tombol root yang warnanya hijau. Tunggu selama beberapa saat hingga muncul tanda centang berwarna hijau. Jika sudah selesai, maka handphone secara otomatis akan me-restart dengan sendirinya. Pastikan Anda tidak lupa untuk mematikan antivirus serta mengaktifkan USB debugging.

10. VRoot

VRoot

VRoot merupakan aplikasi yang bisa digunakan untuk melakukan rooting pada handphone maupun PC. Untuk menggunakan aplikasi ini, Anda hanya perlu mengunjungi website resmi dari VRoot untuk memperoleh aplikasi root dalam bentuk apk.

Setelah mendapatkan aplikasi tersebut, maka Anda bisa segera menjalankannya. Untuk menjalankan aplikasi tersebut, Anda terlebih dahulu harus terhubung dengan PC atau laptop. Dengan kata lain, Anda tidak bisa melakukan root jika hanya menginstal aplikasi ini di ponsel saja.

Meskipun terkesan rumit karena harus menginstal di ponsel dan PC sekaligus, namun hasil yang akan Anda dapatkan tidak akan mengecewakan. Sebelum mengaktifkan aplikasi ini, jangan lupa untuk menonktifkan antivirus pada laptop atau PC terlebih dahulu.

Selain itu, pastikan Anda mengaktifkan mode USB Debugging pada ponsel agar proses ini dapat berlangsung dengan lancar. Untuk mulai melakukan rooting, Anda hanya perlu menekan tombol pada aplikasi dan proses rooting pada handphone Anda pun akan berjalan.

11. Root Master

Root Master

Aplikasi root yang satu ini tersedia dalam dua versi, yaitu versi android dan versi laptop atau PC. Kedua versi tersebut memiliki kemampuan dan kinerja yang cepat dan mudah dalam melakuan proses rooting. Sejauh ini, aplikasi ini terbukti bisa digunakan oleh berbagai macam merek smartphone.

Pada awalnya, aplikasi ini hanya tersedia dalam bahasa Mandarin saja. Namun, kini aplikasi tersebut juga telah tersedia dalam bahasa Inggris, sehingga akan lebih mudah dipahami dan digunakan oleh para pengguna. Saat melakukan rooting lewat PC atau laptop, pastikan antivirus sudah dinonaktifkan. Selain itu, pastikan juga bahwa USB Debugging pada ponsel Anda sudah hidup.

12. SRS One Click Root

SRS One Click Root

Aplikasi ini berfungsi untuk melakukan root pada handphone dengan menggunakan bantuan laptop atau PC. Namun, hanya laptop atau PC yang berbasis Windows saja yang bisa digunakan untuk melakukan rooting menggunakan aplikasi ini. Sementara itu, sistem operasi lain seperti Linux dan MacOS belum didukung oleh aplikasi SRS One Click Root ini.

Sesuai dengan namanya, aplikasi ini dapat menjalankan fungsi rooting hanya dengan satu kali klik saja. Tidak perlu khawatir mengenai langkah-langkah yang dilakukan, sebab aplikasi ini telah menyediakan panduan bagi pengguna yang baru pertama kali akan menjalankan aplikasi ini.

Aplikasi ini memiliki ukuran yang cukup ringan, yaitu hanya sekitar 8 MB saja. Selain ringan, kelebihan dari aplikasi ini adalah dapat melakukan unroot. Perlu diketahui bahwa tidak semua aplikasi serupa dibekali dengan fitur unroot seperti yang tersedia dala aplikasi ini.

13. 360 Root

360 Root

Aplikasi terakhir yang direkomendasikan untuk melakukan root pada perangkat android adalah 360 Root. Aplikasi ini seringkali membuat pengguna merasa bingug karena memberikan informasi dengan tulisan bahasa China. Meskipun tulisan bahasanya agak rumit, namun penggunaan aplikasi ini cukup mudah.

Untuk mulai melakukan rooting, silahkan cari ikon gembok. Setelah itu, maka proses rooting akan berjalan secara otomatis. Aplikasi 360 Root sendiri bisa dijalankan menggunakan dua cara, yaitu menggunakan PC atau laptop dan langsung dari handphone tanpa bantuan PC atau laptop.

Apabila Anda ingin melakukan proses rooting menggunakan laptop atau PC, maka harus mengunduh dan menginstal aplikasi 360 Root dalam format .exe terlebih dahulu. Sementara jika ingin melakukan root dari handphone langsung, maka silahkan undah dan instal aplikadi 360 Root dengan format .apl.

Itu dia 13 aplikasi root yang direkomendasikan bagi pengguna android. Setiap aplikasi tersebut tentunya memiliki kelebihan serta kekurangannya masing-masing. Jadi, pastikan Anda memilih aplikasi yang paling sesuai dengan kebutuhan serta sesuai dengan jenis ponsel Anda.

15+ Aplikasi Root Android Terbaik yang 100% Pasti Berhasil

Leave a Reply