12+ Aplikasi Video Call Terbaik, Bisa Rame-rame, Fitur Lengkap!

Aplikasi Video Call – Video call kini menjadi sarana yang banyak dipilih untuk melakukan komunikasi jarah jauh. Dengan aplikasi video call, maka Anda bisa melakukan panggilan tatap muka dengan lawan bicara yang berada di lokasi berbeda. Aplikasi video call kini sering digunakan untuk meeting, interview pekerjaan, atau hanya sekedar melepas rintu kepada teman atau keluarga.

12 Aplikasi Video Call Terbaik dan Terpopuler

1. Zoom Cloud Meetings

Zoom Cloud Meetings

Saat ini, Zoom menjadi salah satu aplikasi paling popular yang digunakan oleh kalangan remote worker untuk melakukan berbagai pertemuan secara online. Alasan mengapa aplikasi ini digemari adalah karena bisa dimanfaatkan untuk melakukan video call dengan 100 orang anggota secara gratis.

Bukan hanya itu, kualitas dari tampilan video lewat Zoom juga sudah HD serta mendukung koneksi server yang sangat cepat. Dengan begitu, maka para pengguna tidak perlu khawatir akan mengalami gangguan saat proses meeting berlangsung.

Aplikasi video call ini kompatibel dengan seluruh sistem operasi selain android. Dengan begitu, maka Anda bisa mengundang anggota yang menggunakan Mac, Windowas, dan iOS untuk ikut menghadiri meeting online lewat Zoom.

Selain itu, Zoom juga banyak menghadirkan fitur yang menarik dan bermanfaat. Mulai dari kemampuan screen sharing melalui perangkat android serta dari file yang disimpan pada web atau cloud hosting, seperti Dropbox atau Google Drive.

Bukan hanya itu saja, aplikasi ini juga memungkinkan para anggota untuk ikut mengirim pesan suara, gambar, atau video pada kolom chat yang tersedia selama meeting berlangsung. Dengan begitu, maka interaksi antar anggota menjadi semakin dinamis dan praktis.

2. Skype

Skype

Nama Skype tentu sudah tidak asing lagi. Pasalnya, Skype bisa dikatakan sebagai veteran untuk urusan video call. Ya, aplikasi ini memang sudah hadir sejak tahun 2003 silam, sehingga bisa dikatakan sebagai pendahulu dari aplikasi-aplikasi video call lain yang baru-baru hadir belum lama ini.

Skype sendiri pernah dibeli olah eBay, namun kini akhirnya sudah menjadi bagian dari Microsoft. Awalnya, Skype mengutamakan fitur video call dan voice call. Namun, kini Skype telah berkembang menjadi aplikasi yang bersahabat dengan obrolat lewat tulisan atau teks. Hal ini berbeda dengan aplikasi lain yang umumnya berawal dari fitur teks terlebih dahulu baru beralih ke voice call dan video call.

Saat ini, Skype dapat dikatakan sebagai aplikasi video call terbaik karena semakin banyak fitur-fitur menari yang tersedia. Selain itu, kualitas video call menggunakan aplikasi ini juga tidak perlu diragukan lagi. Skype sendiri bisa digunakan untuk seluruh perangkat handphone, tablet, dan desktop.

Aplikasi ini juga didukung dengan kemampuan untuk cross-platform dari smartphone ke PC. Artinya, Skype tidak hanya bisa digunakan untuk sesama PC atau smartphone saja, melainkan bisa digunakan untuk berkomunikasi antara PC dan smartphone.

3. WhatsApp Messenger

WhatsApp Messenger

WhatsApp Messenger bisa dikatakan sebagai aplikasi chatting paling populer dengan jumlah pengguna yang sangat banyak di seluruh dunia. Saat ini, aplikasi ini juga menghadirkan fitur video call yang memungkinkan pengguna bisa melakukan panggilan video dengan sesama pengguna WhatsApp.

Sayangnya, fitur video call dari WhatsApp hanya bisa digunakan versi smartphone saja. Pasalnya, belum tersedia fitur video call pada WhatsApp web. Jadi, jika ingin melakukan panggilan video menggunakan WhatsApp, maka harus menggunakan smartphone.

Namun, jika terpaksa harus melakukan video call menggunakan WhatsApp Web, maka bisa diakali menggunakan emulator androis, seperti Nox dan Bluestacks. Fitur video call pada WhatsApp ini bisa digunakan untuk melakukan panggilan video grup dengan maksimal 6 anggota.

4. Google Meet

Google Meet

Google Meet merupakan aplikasi video call buatan Google, sehingga bisa didapatkan dengan mengunduhnya melalui PlayStore. Google Meet menjadi aplikasi panggilan video yang sangat unggul karena dibekali dengan pengamanan terenkripsi yang berlaku untuk setiap sesi video call.

Dengan pengamanan tersebut, maka data-data yang bersifat sensitif dan menyangkut soal pribadi atau perusahaan akan dipastikan aman dan terjaga dari serangan spyware. Tidak heran jika Google Meet kini semakin banyak digunakan untuk urusan meeting pekerjaan karena dijamin aman.

Google Meet juga termasuk aplikasi yang sangat mudah untuk digunakan. Sebagai pengguna, Anda hanya perlu membagikan link saja. Siapa pun yang mengklik link tersebut, maka secara otomatis bisa bergabung dengan syarat sudah terkoneksi dengan emain akun Google.

5. Google Duo

Google Duo

Google Duo merupakan aplikasi yang belum lama hadir di perangkat android, yaitu tepatnya pada tahun 2020 lalu. Aplikasi ini dirancang sangat sederhana, namun memiliki banyak keunggulan. Salah satunya adalah memiliki kualitas video call yang cepat dan stabil.

Meski terbilang masih baru, namun aplikasi Google Duo cukup populer dilihat dari banyaknya pengguna yang telah mengunduh aplikasi tersebut. Selain unggul dalam hal kualitas video, Google Duo juga menawarkan interface yang simpel dan sederhana, sehingga mudah digunakan oleh siapa saja.

Google Duo sendiri merupakan aplikasi video calling pengganti Hangout yang kini beralih untuk keperluan bisnis. Aplikasi ini tersedia untuk pengguna perangkat iOS maupun Android. Selain itu, Google Duo juga bisa digunakan menggunakan browser.

6. Line

Line

Aplikasi video call terpopular lainnya adalah Line. Pada awalnya, Line merupakan aplikasi instant messaging yang digunakan untuk berkirim pesan kepada sesama pengguna aplikasi Line. Selanjutnya, Line terus mengembangkan layanannya. Salah satunya adalah dengan menyediakan fitur video call.

Sama seperti Skype, Line merupakan aplikasi layanan video call yang dapat digunakan lintas platform. Artinya, Anda bisa berbicara melalui panggilan video dengan lawan bicara menggunakan jenis perangkat yang berbeda.

Pada awal kehadirannya, Line tersedia untuk perangkat android dan iPhone. Namun, kini aplikasi Line semakin berkembang dan mendukung platform lain. Termasuk dapat digunakan menggunakan desktop, baik melalui browser maupun aplikasi.

Selain bisa digunakan untuk video call, Line juga termasuk aplikasi chatting yang sangat menarik karena ada banyak stiker dan emoji yang tersedia. Tidak heran jika sampai saat ini Line masih menjadi salah satu aplikasi chatting dan video call favorit banyak orang.

7. WeChat

WeChat

Bisa dikatakan bahwa WeChat merupakan kompetitor dari aplikasi Line dan WhatsApp. Pasalnya, WeChat juga merupakan aplikasi yang menyediakan fasilitas chatting sekaligus panggilan video. Melalui aplikasi ini, para pengguna bisa melakukan chat, panggilan suara, dan panggilan video.

WeChat sendiri mengklaim sebagai aplikasi video call dengan kualitas tinggi yang bisa dinikmati secara gratis. Dengan aplikasi ini, maka Anda sebagai pengguna bisa terhubung dengan teman, kekasih, keluarga, atau rekan kerja yang tinggal di luar kota maupun luar negeri lewat panggilan video

8. Houseparty

Houseparty

Houseparty terbilang sebagai aplikasi video call yang cukup unik. Pasalnya, aplikasi ini dibuat oleh perusahaan perusahaan pengembang aplikasi broadcast live video, yaitu Meerkat. Setelah aplikasi Meerkat ditutup, hadirlah Houseparty.

Melalui aplikasi yang satu ini, maka para pengguna bisa terhubung dengan teman yang sedang online. Menariknya, Anda bisa mendapatkan kejutan dari orang lain yang ikut bergabung dalam video call yang sedang Anda lakukan.

Artinya, setiap pengguna bisa bebas memilih untuk bergabung atau keluar dari panggilan video call tersebut sesuka hati. Houseparty sendiri kini dapat diakses melalui macOS, Chrome, iPhone, dan Android. Dengan aplikasi ini, Anda bisa merasakan momen video call lebih unik dan menarik.

9. Messenger

Messenger

Facebook juga telah merilis layanan yang memungkinkan Anda bisa melakukan panggilan video menggunakan aplikasi ini. Ya, nama aplikasi tersebut adalah Messenger. Kehadiran Messenger membuktikan bahwa Facebook semakin serius untuk mengembangkan fitur video call.

Untuk melakukan panggilan video menggunakan aplikasi ini pun sangat mudah dilakukan. Anda bisa mengajak siapa saja untuk melakukan panggilan video dengan syarat lawan bicara Anda tersebut juga sudah menginstal dan membuat akun Messenger di perangkatnya.

10. Discord

Discord

Discord merupakan aplikasi yang memberikan layanan pesan teks, panggilan suara, serta panggilan video. Aplikasi yang satu ini memberikan serangkaian fitur yang memungkinkan Anda untuk menonton teman-teman yang sedang melakukan streaming game.

Selain itu, pengguna aplikasi Discord juga bisa berkumpul serta melakukan sesi menggambar dengan berbagi layar. Menariknya lagi, pengguna Discord dapat mengubah gambar apa saja menjadi emoji untuk dibagikan.

Aplikasi video call ini juga menyediakan alat moderasi khusus serta tingkat izin yang bisa mengelompokkan teman, mengatur klub buku lokal, serta mempertemukan penggemar musik dari berbagai belahan dunia. Sangat menarik bukan?

11. Instagram

Instagram

Siapa yang tidak kenal dengan Instagram. Aplikasi berbagi foto atau video ini memang sangat popular di dunia. Bukan hanya bisa dimanfaatkan untuk membagikan foto dan video saja, aplikasi ini juga bisa Anda gunakan untuk berkirim pesan teks, gambar, video, serta bisa untuk melakukan video call.

Cara menggunakan layanan video call di Instagram adalah dengan masuk ke halaman Direct Message (DM). Pilih nama pengguna Instagram yang ingin Anda ajak untuk melakukan panggilan video. Selanjutnya, klik ikon video untuk memulai video call.

Layanan video call pada aplikasi instagram bisa digunakan untuk melakukan panggilan video dengan jumlah anggota maksimal 6 orang. Syaratnya adalah setiap orang yang akan bergabung di video call tersebut harus sudah memiliki akun instagram terlebih dahulu.

12. Kakao Talk

Kakao Talk

Kakao Talk merupakan aplikasi chatting yang bersifat multiplatform. Artinya, aplikasi ini bisa digunakan pada aneka platform yang berbeda, baik iOS maupun Android. Awalnya, Kakao Talk merupakan aplikasi untuk berbalas pesan atau chatting, namun kini juga bisa digunakan untuk video call.

Aplikasi panggilan video ini terbilang cukup popular karena penggunanya cukup banyak dan berasal dari berbagai penjuru dunia. Salah satu alasan mengapa banyak orang yang menggunakan aplikasi ini adalah karena layanan video call yang diberikan sangat berkualitas.

Selain bisa melakukan chat dan video call, pengguna juga bisa menggunakan fitur group chats, filter suara, dan beberapa fitur menarik lainnya. Untuk menikmati keseruan video call dengan aplikasi ini, Anda bisa mengunduhnya secara gratis melalui Google Play Store.

Nah, itu dia 12 aplikasi video call terbaik dan terpopular yang bisa Anda coba. Setiap aplikasi tersebut tentunya menawarkan berbagai keunggulan yang berbeda. Anda bisa memilih mana aplikasi yang paling sesuai dengan kebutuhan.

12+ Aplikasi Video Call Terbaik, Bisa Rame-rame, Fitur Lengkap!

Leave a Reply