17+ Buah untuk Ibu Hamil yang Aman Dikonsumsi + Menyehatkan

Buah untuk Ibu Hamil – Buah adalah makanan yang mengandung banyak nutrisi, khususnya untuk ibu hamil. Namun Anda mungkin masih bingung apa saja sih buah untuk ibu hamil yang menyehatkan? Yuk simak pembahasan di bawah ini ya agar tidak salah informasi!

Rekomendasi Buah untuk Ibu Hamil yang Menyehatkan

Nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil sangatlah beragam. Diantaranya adalah vitamin C, asam folat, serat, kalium, beta karoten dan masih banyak lagi yang lainnya. Semuanya bermanfaat baik untuk ibu dan janin. Oleh karena itu, disarankan untuk mengkonsumsi buah minimal 2-4 porsi sehari.

1. Mangga

Mangga

Buah untuk ibu hamil yang sangat direkomendasikan adalah mangga yang di dalamnya banyak kandungan Vitamin A dan C. Kandungan vitamin A mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga potensi munculnya komplikasi pada janin dapat diminimalisir.

Selain itu apabila Anda mengkonsumsi buah mangga satu mangkuk saja, maka kebutuhan Vitamin C dalam satu hari sudah terpenuhi. Pilih mangga yang sudah matang ya, karena biasanya rasanya lebih enak.

2. Apel

Apel

Bisa dibilang bahwa apel merupakan buah favorit semua orang karena banyak mengandung serat, Vitamin A dan Vitamin C. Tak ketinggalan juga, apel juga mengandung Kalium yang menjadi nutrisi yang baik untuk ibu hamil.

Beberapa penelitian menjelaskan bahwa resiko terjadinya asma atau alergi pada sistem pernapasan sang bayi dan ibu hamil dapat diminimalisir dengan mengkonsumsi apel selama masa kehamilan. Jadi mulai dari sekarang Anda bisa menyetok apel di rumah ya!

3. Pisang

Pisang

Sudah bukan menjadi rahasia lagi bahwa buah pisang sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Hal ini dikarenakan, di dalam buah pisang mengandung banyak kalori dan kalium. Manfaat kalium bisa menjaga keseimbangan elektrolit di dalam tubuh, membantu kinerja otot dan memperlancar penghantaran sinyal saraf.

Selain itu, berdasarkan pengalaman beberapa ibu hamil, buah pisang sangat baik dikonsumsi untuk mengurangi rasa mual di pagi hari. Jadi tunggu apalagi? Segera belanja buah pisang ya1

4. Alpukat

Alpukat

Jika Anda perhatikan dengan baik, bentuk buah alpukat terlihat seperti Rahim bukan? Tak heran jika buah ini dipercaya mampu meningkatkan kesehatan Rahim karena mengandung banyak asam folat.

Tak hanya itu, di dalam buah alpukat juga terdapat Vitamin C, Vitamin B, Vitamin K, Kolin, Serat dan Magnesium. Mengkonsumsi buah ini selama masa kehamilan mampu mengurangi resiko kaki kram dan mual di pagi hari. Selain itu juga bisa mendukung perkembangan otak si kecil di dalam kandungan.

5. Jeruk dan Lemon

Jeruk dan Lemon

Buah untuk ibu hamil yang menyehatkan selanjutnya adalah jeruk dan lemon. Tahukah Anda bahwa hampir 90% kandungan yang ada di dalam buah jeruk diisi oleh air. Oleh karena itu, mengkonsumsinya selama masa kehamilan mampu memenuhi kebutuhan cairan yang ada di dalam tubuh, sehingga tidak akan merasa dehidrasi.

Hal ini sangat penting adanya karena dehidrasi saat masa kehamilan bisa membahayakan, tidak hanya ibu tetapi juga janin. Jeruk juga termasuk buah yang mengandung folat yang tinggi dan mampu membantu perkembangan otak, sumsum tulang belakang sehingga mencegah janin mengalami cacat lahir.

Kandungan Vitamin C nya mampu meningkatkan daya tahan tubuh Anda, sehingga tetap sehat, semangat dan tidak mudah sakit selama masa kehamilan.

Tak ketinggalan juga ada lemon yang direkomendasikan untuk ibu hamil karena mampu melawan morning sickness. Keduanya ini termasuk golongan buah dengan citra rasa yang khas dan menyegarkan.

Lemon juga bermanfaat untuk membersihkan sistem pencernaan, sehingga tidak ada kata sembelit yang kerap terjadi selama masa kehamilan. Bagaimana apakah sampai sini bisa dipahami?

6. Blueberry dan Strawberry

Blueberry dan Strawberry

Kelompok berry seperti blueberry dan strawberry juga bagus dikonsumsi oleh ibu hamil. Hal tersebut dikarenakan banyak kandungan asam folat, kalium dan Vitamin C. Kalium pada buah blueberry mampu menjaga tekanan darah agar tetap stabil.

Selain itu juga menjaga kesimbangan cairan tubuh, mencegah terjadinya kontraksi otot dan transmisi saraf. Selain itu kandungan folat dan Vitamin C nya mampu mencegah anemia (kekurangan darah) di masa kehamilan.

Kedua buah berry ini juga dipercaya membantu melancarkan sistem pencernaan ibu hamil. Jadi jangan ragu untuk mengkonsumsi keduanya ya!

7. Jambu Biji

Jambu Biji

Jambu biji juga menjadi buah untuk ibu hamil yang sangat direkomendasikan karena mengandung Vitamin C, serat, fosfor, kalium dan Vitamin A. baik vitamin A maupun C mengandung antioksidan alami yang mampu menangkal radikal bebas yang ada di dalam tubuh seperti paparan asap rokok, debu dan lain sebagainya.

Radikal bebas ini sebisa mungkin harus dicegah karena mampu menghambat perkembangan janin. Buah jambu biji juga mampu mengontrol kadar gula darah. Anda bisa mengkonsumsinya baik dengan cara di jus atau dimakan langsung.

8. Pir

Pir

Sering kali diremehkan karena hanya terasa segar saja ketika dikonsumsi. Ternyata buah pir masih satu golongan dengan apel dan bagus dikonsumsi saat masa kehamilan karena mengandung tinggi asam folat.

Berdasarkan penelitian yang ada di Jurnal Nutrition Today, buah pir mengandung kalium yang mampu meregenerasi sel baik dalam tubuh sang ibu maupun janin di dalam kandungan. Serat yang banyak di dalamnya juga mencegah terjadinya sembelit.

9. Semangka

Semangka

Buah yang mengandung banyak air mayoritas baik untuk ibu hamil. Tak terkecuali semangka ini. Kelebihannya adalah mampu mencukupi cairan yang ada di dalam tubuh, menghilangkan rasa haus, memenuhi asupan vitamin B6, A, C, Kalium dan Magnesium.

Selain itu, mengkonsumsi semangka selama hamil mampu mengatasi dan mencegah mual yang biasanya muncul di pagi hari. Apabila Anda sudah mencapai fase trimester 3, maka sebaiknya mulai intens konsumsi buah ini agar meminimalisir terjadinya bengkak di tangan, kaki dan kram otot.

10. Buah Naga

Buah Naga

Buah naga dibagi menjadi dua. Pertama adalah yang berwarna putih, kedua berwarna merah. Kedua jenis ini sama-sama membawa kebaikan untuk ibu hamil. Jika dilihat dari kandungan gizinya, keduanya mengandung banyak nutrisi.

Berdasarkan data yang dilansir dari Kemenkes RI bidang KOmposisi Makanan Indonesia, per 100 gram buah naga warna merah mengandung protein 1,7 gram, 71 kalori, karbohidrat 9,1 gram dan lemak 3,1 gram.

Sedangkan dalam 100 gram buah naga putih mengandung 0,8 gram protein, 56 kalori, 1 gram lemak dan 10,9 gram karbohidrat. Buah naga merah juga mengandung banyak vitamin dan mineral seperti zat besi dan Vitamin C.

Manfaatnya yaitu menambah kadar hemoglobin agar resiko terjadinya anemia pada ibu hamil bisa diminimalisir. Syaratnya harus meminum rutin satu gelas setiap hari. Pendapat tersebut didukung pada penelitian di Indonesian Journal of Public Health dan Belitung Nursing Journal.

Dalam kedua jurnal tersebut juga menjelaskan bahwa tidak hanya kadar hemoglobin saja yang meningkat karena mengkonsumsi buah naga tetapi juga eritrosit. Jadi itu dia alasan kenapa buah naga menjadi buah untuk ibu hamil yang menyehatkan.

11. Buah Anggur

Buah Anggur

Buah yang menyehatkan untuk ibu hamil selanjutnya adalah anggur. Makan buah anggur mampu meningkatkan asupan folat, vitamin C, asam organic, antioksidan dan pectin. Kandungan antioksidan mampu meningkatkan kekebalan tubuh seperti linalool, anthocyanin, flavonoid dan geraniol yang membantu mencegah terjadinya infeksi.

Tak hanya itu, nutrisi lain yang ada dalam buah anggur juga mampu membantu perubahan biologis selama masa kehamilan. Namun yang perlu digaris bawahi adalah anggur hitam harus dihindari pada trimester pertama karena menghasilkan panas tubuh yang cukup berbahaya bagi janin di dalam kandungan.

Biasanya untuk mengurangi efek panasnya, beberapa orang mengeringkannya terlebih dahulu sebelum dikonsumsi. Namun tetap dalam batas yang wajar ya!

12. Buah Aprikot

Buah Aprikot

Anda mungkin masih asing mendengar nama buah aprikot yang ternyata bagus untuk ibu hamil karena mengandung zat besi, kalium, kalsium, Vitamin A, E, C, fosfor dan silikon. Semua nutrisi ini mampu membantu perkembangan dan pertumbuhan bayi serta mencegah terjadinya anemia. Kalsium membantu pertumbuhan tulang dan gigi menjadi lebih kuat.

13. Buah Delima

Buah Delima

Buah delima mampu memberikan banyak nutrisi yang dibutuhkan baik ibu maupun janin. Delima mengandung folat, kalsium, zat besi, serat dan Vitamin K. Semua zat tersebut merupakan sumber energy yang baik dan penting untuk menjaga kesehatan tulang dan mencegah terjadinya anemia.

Berdasarkan penelitian yang dituangkan dalam American Journal of Physiology, minum jus buah delima mampu mengurangi resiko cidera pada plasenta di masa kehamilan.

Jadi mulai dari sekarang Anda bisa mencoba untuk mengkonsumsi buah delima, baik secara langsung maupun dijadikan jus.

14.  Buah-Buahan Kering

Buah-Buahan Kering

Jangan salah, walaupun kering buah-buahan tetap menyimpan nutrisi sehingga kadarnya sama dengan buah yang masih segar. Oleh karena itu, Anda bisa mendapatkan AKG Vitamin dan mineral dengan mengkonsumsi buah kering, namun porsinya harus lebih kecil dibanding buah segar.

Namun satu hal yang perlu digaris bawahi bahwa buah kering banyak mengandung kadar gula dan airnya tidak sama ketika ia masih segar. Ini berarti kurang baik untuk pencernaan. Jadi jika Anda sudah mempunyai masalah di pencernaan, maka sebaiknya konsumsi buah segar saja jangan yang kering.

15. Buah Kiwi

Buah Kiwi

Buah untuk ibu hamil yang menyehatkan selanjutnya adalah buah kiwi karena mengandung kadar asam folat yang tinggi. Rasanya yang lezat dan segar membuat siapapun yang mengkonsumsinya ketagihan.

Zat asam folat yang aktif mampu mencegah terjadinya cacat pada masa pertumbuhan janin. Selain itu buah kiwi ini juga membantu ibu dalam menyerap zat besi secara lebih efisien sehingga bisa dipastikan bahwa darah ibu bisa membawa oksigen yang cukup untuk sang buah hati.

16. Buah Srikaya

Buah Srikaya

Hampir sama dengan yang lainnya bahwa buah srikaya kaya akan vitamin C dan A yang diperlukan dalam pembentukan kulit, rambut, mata dan jaringan tubuh bayi yang ada di kandungan. Selain itu, buah srikaya juga sangat direkomendasikan bagi Anda yang ingin meningkatkan perkembangan kognitif bayi.

17. Buah Ceri

Buah Ceri

Terakhir adalah buah ceri yang sangat menyehatkan bagi ibu hamil karena kaya akan serat dan vitamin C. Anda akan terhindar infeksi dari bakteri seperti flu. Ceri juga memastikan suplai darah berjalan secara efisien menuju plasenta.

Bagaimana apakah ada salah satu buah untuk ibu hamil di atas yang Anda sukai? Jika ada segera seimbangan nutrisi dan gizinya ya agar janin di dalam kandungan tumbuh dengan sehat. 

17+ Buah untuk Ibu Hamil yang Aman Dikonsumsi + Menyehatkan

Leave a Reply