5+ Contoh Artikel tentang Lingkungan, Kesehatan, dan Pendidikan

Contoh Artikel – Contoh artikel yang baik, benar dan kekinian sangat dibutuhkan oleh pembaca dari semua kalangan, baik remaja, dewasa hingga orang tua. Artikel memuat tentang beberapa topic. Jika Anda penasaran bagaimana contohnya, maka simak bacaan di bawah ini dari awal hingga akhir ya!

5 Contoh Artikel yang Baik, Benar dan Masa Kini

Artikel memang bervariasi, tergantung tema atau topic yang dibahas. Jumlah katanya juga bervariasi, mulai dari 300 hingga 3000 kata, bahkan ada juga yang lebih. Nah berikut ini adalah beberapa contoh artikel yang baik, benar dan tidak ketinggalan zaman. Perhatikan bagaimana kepenulisannya ya!

1. Contoh Artikel tentang Lingkungan

Contoh Artikel tentang Lingkungan

Penyebab Kebakaran Hutan Negara Indonesia

Kebakaran hutan adalah fenomena alam yang sedang ramai dibicarakan dan terjadi di beberapa daerah. Pada dasarnya terdapat dua penyebab. Pertama karena faktor alam dan yang kedua karena faktor manusia. Namun kebanyakan kasus ditemukan karena ulah manusia. Hal ini tentu sangat memprihatinkan, mengingat bahwa Indonesia pernah dijuluki sebagai paru-paru dunia. Bayangkan saja, apa yang terjadi pada sebuah tubuh jika paru-parunya rusak? Kebakaran hutan juga menimbulkan beberapa dampak negatif, diantaranya adalah pencemaran udara dan menipisnya atmosfer bumi. Tidak hanya di Indonesia saja tetapi juga Negara tetangga yang dirugikan.

Faktor kedua penyebab kebakaran hutan adalah karena faktor alam yang juga dipicu oleh beberapa hal diantaranya adalah sambaran petir. Sambaran petir seperti yang telah diketahui dapat memunculkan percikan api, yang apabila terkena kayu maka kayu tersebut akan terbakar. Selain itu cuaca ekstrem juga bisa menimbulkan kebakaran hutan seperti contoh kemarau berkepanjangan yang menyebabkan pohon kekurangan stok air sehingga mongering dan lambat laun akan terbakar karena tidak kuat menahan panas terik matahari.

Menurut Syaufina (2008) kebakaran hutan yang terjadi di Indonesia 99% disebabkan oleh para pihak yang tidak bertanggung jawab. Inilah alasannya mengapa kebakaran hutan hampir terjadi setiap tahunnya. Berbagai aktivitas yang menyebabkan kebakaran hutan adalah membuka lahan secara paksa, illegal logging dan kurangnya perhatian masyarakat terhadap hutan. Tentunya jika hal ini terus dibiarkan maka beberapa tahun kedepan Indonesia akan kekurangan stok kayu dan air, flora fauna akan lebih banyak menghilang dan masih banyak lagi yang lainnya.

Perlu diketahui juga bahwa kebakaran hutan yang disebabkan manusia juga ada unsur ketidaksengajaan yaitu membuang puntung rokok sembarangan sehingga menimbulkan api yang cukup besar, membakar sampah di hutan dan masih banyak lagi yang lainnya.

2. Contoh Artikel tentang Kesehatan

Contoh Artikel tentang Kesehatan

Bagaimana Tips Menjaga Kesehatan Telinga?

Telinga adalah organ penting dalam tubuh, dimana tempat merespon dari luar untuk kemudian dicerna kedalam otak. Telinga juga rentan terhadap penyakit, oleh karena itu harus dijaga dengan beberapa cara di bawah ini:

a. Membersihkan Telinga dengan Benar

Perlu diketahui bahwa anatomi telinga terdiri dari tiga bagian utama, yaitu dalam, tengah dan luar. Semuanya memiliki fungsi masing-masing agar seseorang bisa mendengar dengan baik. Ketika Anda membersihkan telinga, maka sebaiknya dibersihkan yang bagian luar alias daun telinga saja. Hal ini dikarenakan telinga mampu untuk membersihkan dirinya sendiri. Adanya bulu halus dengan bentuk yang bersudut mampu menjaga dalamnya agar tidak kemasukan kotoran yang berlebih.

b. Hindari Cotton Bud

Kesalahan masyarakat yang masih sering dilakukan hingga saat ini adalah memakai cotton bud untuk membersihkan telinga. Aktivitas ini dinilai tidak baik karena bisa membuat kotoran yang ada di dalam telinga terdorong lebih masuk ke dalam dan mengendap. Oleh karena itu sekali lagi Anda hanya perlu membersihkan daun telinganya saja.

c. Hindari Telinga dari Suara Keras

Cara menjaga kesehatan telinga yang ketiga yaitu menghindari suara terlalu keras dalam jangka waktu yang cukup panjang. Apabila berada di lingkungan bising, maka akan mempengaruhi pendengaran berkurang hingga tuli. Apabila Anda memang terpaksa berada di lingkungan yang bising, seperti pabrik atau pekerja konser maka bisa menggunakan pelindung telinga.

d. Hindari Menggunakan Earphone

Keempat adalah menghindari menggunakan earphone. Aktivitas mendengarkan music yang satu ini sudah menjadi tren masa kini, namun bisa saja telinga mengalami gangguan karenanya. Nah agar tetap aman, sebaiknya penggunaan earphone tidak lebih dari satu jam ya. Atur volumenya, jangan sampai terlalu keras.

e. Menjaga Telinga agar Tetap Kering

Kelembaban yang ada di dalam telinga mempermudah jalan bakteri untuk masuk ke saluran. Situasi tidak sadar ini membuat iritasi hingga infeksi pada telinga. Oleh karena itu, harus dijaga agar tetap kering. Jika hobi berenang maka sebaiknya gunakan penyumbat telinga agar air yang masuk ke dalam tidak terlalu banyak.

f. Rutin Periksa ke Dokter

Cara menjaga kesehatan telinga yang terakhir adalah rutin memeriksakan telinga ke dokter. Hal ini dikarenakan semakin tua umur seseorang, maka semakin berkurang juga fungsi pendengarannya. Jadi rutin periksa ke dokter THT ya.

3. Contoh Artikel tentang Covid 19

Contoh Artikel tentang Covid 19

Varian Virus Covid 19 dan Gejala yang Dialami Penderita

Covid 19 memang belum berakhir. Oleh karena itu, masyarakat tetap harus hati-hati, tetap menjaga protocol kesehatan dimanapun berada. Banyak yang masih bertanya-tanya, apa saja sih varian virus covid 19 yang ada di Indonesia? Ini dia penjelasannya:

a. Varian Alpha

Pertama adalah varian alpha yang memiliki kode sakit B. 1. 1. 7 yang mana ditemukan di Inggris pertama kali pada Bulan September Tahun 2020. Tingkat penularan varian alpha ini mencapai 43090 persen lebih mudah dibanding virus corona aslinya (sebelumnya. Gejala-gejala yang muncul diantaranya adalah demam, kelelahan dan nyeri otot, batuk dan sakit tenggorokan, mual, kehilangan indra perasa, malaise, indera penciuman hilang, pusing, sesak napas serta sulit berpikir jernih.

b. Varian Beta

Varian Beta disebut juga B.1.351 yang pertama kali ditemukan di Afrika Selatan pada Bulan Mei Tahun 2020. Gejala yang dialami penderita virus varian beta ini adalah demam, sakit perut, indera penciuman hilang, sakit tenggorokan, sakit kepala dan batuk secara terus menerus.

c. Varian Gamma

Kode Varian Gamma ini adalah P.1 dengan kasus pertama kali yang dikonfirmasi ditemukan di Brazil pada Bulan November tahun 2020. Bisa dibilang tingkat keparahan varian ini kebal terhadap pengobatan covid 19. Gejala yang muncul adalah demam, hilangnya indra penciuman, batuk kering dan kelelahan ekstrim.

d. Varian Delta

Varian Delta pertama kali ditemukan di Negara India pada Bulan Oktober Tahun 2020. Tingkat penularan varian delta ini diketahui 30 hingga 100 persen lebih menular dibandingkan varian alfa. Tingkat keparahannya yaitu pasien beresiko mengalami rawat inap hampir dua kali lipat. Gejala yang dialami varian delta ini hampir mirip dengan corona aslinya yaitu demam, hilang selera makan, sakit kepala, kehilangan indra penciuman, sakit tenggorokan, gangguan pendengaran, batuk secara terus menerus, nyeri sendi, flu parah, mual, sakit perut dan muntah.

e. Varian Lambda

Varian Lambda dikonfirmasi dan ditemukan pertama kali di Peru pada Bulan Desember 2020. Gejalanya tidak jauh berbeda dengan corona awal yaitu demam, kehilangan indra pengecap, batuk terus menerus serta kehilangan indra penciuman.

f. Varian Kappa

Lagi-lagi Negara India, tempat ditemukannya varian virus corona baru yaitu Kappa pada Bulan Oktober Tahun 2020. Gejala yang dialami penderitanya adalah flu, mata merah dan berair, demam tinggi, pilek, sakit kepala, ruam di sekujur tubuh, pegal-pegal, batuk berkepanjangan, kehilangan indra perasa dan penciuman serta mulut kering.

Beberapa ahli mengemukakan bahwa penderita yang terkena virus corona varian kappa ini terlihat seperti penderita campak, hanya saja satu atau dua hari pertama dan tak kunjung menunjukkan kulit campak.

g. Varian Eta

Varian Eta pertama kali ditemukan di Inggris Raya dan Afrika Barat. Gejala yang dialami adalah suhu tinggi, kehilangan atau perubahan indera perasa dan penciuman serta batuk terus menerus.

4. Contoh Artikel tentang Pendidikan

Contoh Artikel tentang Pendidikan

Peran Pendidikan dalam Pembangunan dan Solusi atas Permasalahan Pendidikan

Pendidikan tidak hanya didefinisikan secara sempit saja, namun harus lebih luas yaitu suatu hal yang bertugas untuk menyiapkan sumber daya yang berkompeten di masa depan. Terlebih sekarang tuntutan zaman semakin berkembang, belum lagi munculnya permasalahan atau persoalan yang belum pernah terjadi sebelumnya. Oleh karena itu peranan pendidikan sangat penting agar siap menghadapi segala rintangan dan tantangan yang ada.

Sayangnya pendidikan di Indonesia masih mengalami beberapa masalah dan menyita perhatian masyarakat. Keprihatinan pemerintah soal pendidikan dinilai cukup minim, terbukti dengan permasalahan yang kian rumit. Ditambah lagi pandemic covid 19 yang menyebabkan kegiatan belajar mengajar terganggu. Tidak hanya itu biaya pendidikan yang mahal dan berkurangnya subsidi membuat para orang tua merasa tercekik. Akhirnya muncul slogan bahwa pendidikan adalah sarana untuk melanggengkan kelas. Kelas yang dinilai kaya dan punya uang akan mendapatkan fasilitas pendidikan yang layak, sebaliknya yang kurang mampu akan mendapatkan fasilitas seadanya.

Belum lagi problematika belajar online yang dirasa kurang efektif. Kurangnya sarana laptop ataupun gadget serta sinyal yang mendukung menimbulkan kejahatan sosial yang lain seperti pencurian, pencurian data dan masih banyak lagi yang lainnya. Permasalahan yang terpisah-pisah ini harus segera diambil langkah yang tegas dan menyeluruh untuk mengatasinya agar tidak semakin parah dan berkelanjutan.

Program wajib belajar 9 tahun perlu diaktifkan kembali karena anak-anak Indonesia banyak yang putus sekolah semenjak pandemic ini. Kondisi ini harus diubah, karena jika tidak akan membawa dampak yang cukup signifikan bagi Indonesia. 10 atau 20 tahun ke depan, Indonesia akan kekurangan remaja yang mumpuni karena peliknya masalah pendidikan sekarang ini.

Anak-anak minimal harus berpendidikan SMA dan memiliki kemampuan tambahan untuk bertahan hidup di tengah revolusi industri. Tidak harus bekerja di ranah itu, namun mereka mampu memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari dan memberikan kemajuan yang berarti untuk Indonesia. Semua pihak harus bersinergi agar target keberhasilan membawa Indonesia emas tahun 2045 bisa tercapai.

Nah sekarang Anda sudah paham kan bagaimana contoh artikel yang baik, benar dan mengikuti isu terkini. Jangan lupa untuk menentukan keyword terlebih dahulu dan tidak keluar dari topic yang seharusnya dibahas.

Anda bisa memperhatikan struktur demi struktur contoh artikel di atas dan mengolahnya dengan bahasa yang singkat, padat, jelas dan mudah dipahami oleh semua orang. 

5+ Contoh Artikel tentang Lingkungan, Kesehatan, dan Pendidikan

Leave a Reply