Contoh Ceramah Bahasa Indonesia Yang Adem di Dengar (Terbaik)

contoh ceramah bahasa Indonesia – Untuk membuat teks ceramah yang bagus, sebaiknya Anda membuatnya dengan format yang tepat. Ada format yang dapat digunakan sebagai rujukan agar tujuan ceramah tetap fokus. Simak penjelasan berikut ini agar Anda bisa menyusun teks contoh ceramah bahasa Indonesia!

Pengenalan Isu

Pengenalan Isu

Masukkan gambaran umum mengenai apa yang ingin Anda sampaikan kepada para pendengar. Misalnya Anda ingin menyampaikan tentang bahaya virus covid-19 dan apa saja yang harus dipersiapkan dalam penanganannya. Saat pembukaan ceramah, Anda bisa menyampaikan kondisi kesehatan dunia saat ini terkait covid-19. Bandingkan kondisi saat ini dengan kondisi sebelum terjadinya pandemi tersebut.

Sampaikan pula langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk menghadapi kondisi pandemi agar memutus rantai penularan. Anda juga dapat menjelaskan aturan pemerintah terkait covid-19 sebagai usaha memusnahkan virus tersebut.

Rangkaian Argumen

Rangkaian Argumen

Pada bagian ini mulailah serius dalam menyampaikan gagasan. Gunakan cara yang tepat seperti melampirkan data yang valid sehingga informasinya juga akurat. Penggunaan kutipan kalimat dari para ahli kesehatan juga dapat dijadikan rujukan.

Sampaikan dampak negatif dan positif apa saja yang diperoleh sejak virus tersebut menyerang berbagai negara di dunia. Data yang ada dalam jurnal juga penting sehingga Anda tidak dituduh menyampaikan fakta palsu. Dengan begitu para pendengar ceramah percaya terhadap apa yang sedang Anda sampaikan.

Contoh ceramah bahasa Indonesia yang tidak memiliki landasan dasar, kerap diragukan akurasinya. Apabila Anda bukan orang yang ahli di bidang kesehatan, lalu menyampaikan ceramah tanpa dasar dan bukti dari para ahli. Hal itu akan membuat pendengar tidak peduli dengan materi yang Anda sampaikan.

Penegasan Kembali

Penegasan Kembali

Jika Anda membuka dan menyampaikan ceramah dengan cara yang menarik, maka sudah sepantasnya ditutup dengan cara yang menarik pula. Bagian ini bisa dikatakan paling sulit karena ada banyak ceramah yang disampaikan dengan semangat namun diakhiri dengan cara yang kurang elegan.

Misalnya Anda sudah menyampaikan betapa bahayanya pandemi covid-19, namun pada akhirnya menyatakan bahwa covid-19 masih diragukan ada atau tidaknya. Jangan sampai hal tersebut terjadi karena akan merusak argumen kokoh yang Anda  ciptakan sebelumnya.

Sampaikan saja intisari dari ceramah Anda sebagai penutup. Anda bisa menyampaikan himbauan seperti tidak membentuk kerumunan agar rantai penyebaran covid-19 terputus dan lainnya. Sampaikan penutup dengan cara singkat, padat dan jelas.

Hindari penyampaian penutup terlalu panjang dan berbelit karena nanti dapat membuat pendengar merasa bosan. Tips dalam menyusun teks ceramah adalah mengenali audiens, menentukan tema yang aktual, menyusun garis besar yang akan disampaikan dan riset.

Demikianlah penjelasan mengenai format contoh ceramah bahasa Indonesia yang dapat Anda pelajari. Semoga contoh ceramah di atas dapat bermanfaat untuk Anda yang sedang bingung menulis ceramah.

Contoh Ceramah Bahasa Indonesia Yang Adem di Dengar (Terbaik)

Tinggalkan komentar