Contoh Ceramah Pendek Serta Ciri dan Tujuannya Terlengkap

contoh ceramah pendek – Penyusunan contoh ceramah harus menggunakan struktur yang benar agar lebih efektif. Oleh karena itu Anda harus melihat contoh ceramah pendek agar mampu menyusun kalimat yang tepat.

Ciri-Ciri Teks Ceramah

Ciri-Ciri Teks Ceramah

Ceramah memiliki ciri sebagai berikut:

  1. Terdapat sesuatu informasi yang akan dijelaskan guna memperluas pengetahuan audiens.
  2. Ceramah disampaikan oleh orang yang memiliki kemampuan serta dianggap sebagai pakar dalam bidang ilmu terkait topik ceramah.
  3. Ceramah berisi ajak atau persuasi guna mengubah sikap atau melakukan tindakan dalam materi yang disampaikan.
  4. Ceramah berisi argumen yang dapat mengokohkan topik.
  5. Ceramah memiliki fakta dan data sehingga argumen berdasarkan landasan yang kuat.
  6. Ceramah terdapat komunikasi dua arah antara pembicara dan pendengar seperti tanya jawab.

Tujuan Ceramah

Tujuan Ceramah
(ii) Mewujudkan semangat membuat sesuatu (persuasive) (iii) Memberi pandangan baru (new perspective/idea) (iv) Memberi panduan terhadap tindakan-tindakan tertentu (guidance/ to give guidelines)

Tujuan ceramah yakni:

  1. Informatif atau mampu memberikan informasi kepada audiens sehingga mampu memahami isi informasi dengan jelas dan benar.
  2. Persuasif atau kalimat ajakan agar para audiens dapat mengikuti apa saja yang sudah disampaikan. Kalimat ajakan ini harus meyakinkan pendengar agar dapat melakukan sesuatu yang positif terkait topik ceramah.
  3. Argumentatif yakni berisi kalimat yang meyakinkan para pendengarnya mengenai sebuah hal disertai bukti konkret.
  4. Deskriptif yakni mampu menggambarkan atau melukiskan mengenai sebuah kondisi tertentu.
  5. Rekreatif guna menghibur atau menggembirakan para pendengarnya.
  6. Naratif yakni mampu menceritakan sesuatu kepada para pendengar dengan baik.

Perhatikan contoh ceramah pendek berikut ini.

Contoh Ceramah Pendek

Contoh Ceramah Pendek

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Puji syukur kehadirat Allah atas segala nikmat yang telah diberikan. Shalawat kepada Rasulullah Shallallahu Alaihi Wassallam beserta keluarga karena berkat beliaulah kita berada di dunia yang penuh ilmu pengetahuan.

Bicara soal ilmu pengetahuan, kita sama-sama tahu bahwa Allah telah memerintahkan hambanya untuk menuntut ilmu. Ilmu pengetahuan memberi kita pemahaman tentang pentingnya menuntut ilmu seperti firman Allah yang pertama kepada Rasulullah. Pada wahyu pertama, Allah memerintahkan kepada Rasulullah untuk membaca dengan menyebut nama-Nya.

Orang yang berilmu memiliki kedudukan paling tinggi di mata Allah. Hal ini telah dijelaskan dalam Surah Al Mujadalah ayat 11. Rasulullah juga menganjurkan umatnya untuk menimba ilmu dari ayunan hingga ke liang lahat. Begitu pentingnya ilmu sehingga Allah dan Rasul-Nya menganjurkan hal yang sama.

Ilmu pengetahuan dapat menjadi cahaya penerang bagi manusia sehingga tidak mudah terlena dengan pembodohan berkedok ilmu. Jangan pernah letih untuk menuntut ilmu setinggi-tingginya, baik ilmu dunia maupun akhirat. Ilmu dapat membantu Anda terlepas dari fitnah dunia dan akhirat kelak.

Sekian ceramah singkat mengenai pentingnya menuntut ilmu. Lebih dan kurang saya mohon maaf. Semoga kita senantiasa dalam lindungan Allah.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Demikianlah penjelasan mengenai contoh ceramah pendek. Semoga berguna bagi Anda yang sedang mencari contoh ceramah.

Contoh Ceramah Pendek Serta Ciri dan Tujuannya Terlengkap

Tinggalkan komentar