Contoh Ceramah Singkat Tentang Pendidikan Yang Banyak Sekali Manfaatnya

contoh ceramah singkat tentang pendidikan – Anda pasti kerap menganggap pidato dan ceramah sama, padahal keduanya jelas berbeda. Simak penjelasan perbedaan keduanya serta contoh ceramah singkat tentang pendidikan berikut ini!

Pidato dan Ceramah

Pidato dan Ceramah

Pidato merupakan kegiatan bercakap di depan umum atau bisa juga disebut orasi guna menyuarakan pendapat. Pada pidato biasanya hal yang dibicarakan adalah mengenai gambaran suatu hal. Sementara itu ceramah adalah pesan yang memiliki tujuan menasehati atau memberikan petunjuk kepada audiens atau pendengar.

Lantas perbedaannya terletak pada isi dimana pidato berisi pernyataan penting dan harus dibicarakan. Pidato biasanya disampaikan di tempat seperti lapangan (seperti pidato kemerdekaan) sekolah (pidato upacara) dan gedung (pidato apel). Pembawa pidato adalah pemimpin seperti presiden, ketua OSIS atau kepala sekolah dan lainnya.

Contoh ceramah berisi uraian pengetahuan mengenai kesehatan, pendidikan dan banyak lagi. Penyampaian ceramah dilakukan di puskesmas, masjid dan lain sebagainya. Orang yang membawakan ceramah biasanya berasal dari kalangan ahli seperti ahli agama, maupun guru. Mari kita simak contoh ceramah singkat tentang pendidikan.

Contoh Ceramah Singkat Tentang Pendidikan

Contoh Ceramah Singkat Tentang Pendidikan

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Puji dan syukur kita ucapkan kepada Allah atas nikmat yang telah diberikan, sehingga kita dapat berhadir di tempat ini. Shalawat beserta salam tidak lupa pula saya ucapkan kepada Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam. Berkat beliaulah kita hidup dengan ilmu pengetahuan yang semakin hari semakin canggih. Pada kesempatan yang bahagia ini, izinkan saya menyampaikan beberapa petuah mengenai pendidikan.

Indonesia merupakan negara yang majemuk sehingga tidak dapat disetarakan standar pendidikan ibu kota ke daerah pelosok. Hal itu diakibatkan oleh berbedanya adat istiadat, kebudayaan serta kebiasaan masyarakatnya.

Setiap daerah pasti memiliki potensi masing-masing sehingga setiap guru dan pelajar tidak boleh dipaksakan dengan sistem belajar mengajar yang sama. Hal itu tentu sangat tidak adil, seperti yang dirasakan oleh pelajar di masa pandemi dalam waktu satu tahun ini. Para pelajar dituntut belajar daring yang artinya membutuhkan jaringan internet lancar tanpa hambatan serta smartphone.

Padahal kita tahu bahwa kedua perlengkapan belajar daring itu belum sepenuhnya dimiliki setiap daerah. Belum lagi kondisi ekonomi keluarga di daerah pelosok yang tidak mampu menunjang kebutuhan tersebut.

Oleh karena itu dibutuhkan kompromi antara guru dan pemerintah dalam menetapkan proses belajar mengajar yang tepat. Sekolah adalah tempat mendapatkan ilmu yang mana setiap warga negara memiliki hak tersebut. Jadi, pemerintah harus adil dalam mencari jalan keluar demi membentuk pelajar yang cerdas tanpa terhalang dengan kondisi ekonomi keluarga.

Hanya itu yang dapat saya sampaikan. Lebih dan kurang mohon dimaklumi. Semoga anak bangsa kita menjadi lebih cerdas dan bermartabat.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Demikian penjelasan mengenai perbedaan pidato dan ceramah serta contoh ceramah singkat tentang pendidikan. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Contoh Ceramah Singkat Tentang Pendidikan Yang Banyak Sekali Manfaatnya

Tinggalkan komentar