Contoh Ceramah Singkat Mudah di Mengerti Oleh Audien

contoh ceramah singkat – Apakah Anda pernah mendengar ceramah singkat? Nah, ceramah singkat merupakan penyampaian informasi yang dilakukan dalam waktu singkat. Meskipun singkat, namun penyampaiannya harus terstruktur dengan baik. Berikut struktur dan contoh ceramah singkat!

Salam Pembuka

Salam Pembuka
Salam pembuka berisi sapaan kepada yang hadir dalam acara tersebut dimulai dari yang paling tinggi kedudukannya hingga yang paling rendah secara berurutan. Pendahuluan. Pendahuluan berisi ucapan syukur pada Tuhan Yang Maha Esa. Isi Pokok. Isi pokok berisi dari inti pidato tersebut. Simpulan. Simpulan berisi dari kesimpulan inti pidato tersebut. Harapan- Harapan. Harapan-harapan berisi dampak positif yang diharapkan terjadi pada pendengar pidato setelah mendengar pidato tersebut. Penutup. Berisi ucapan terima kasih, meminta maaf, dan salam penutup.

Mulailah penyampaian ceramah dengan salam pembuka. Anda dapat menggunakan kalimat ‘Assalamu’alaikum wr.wb’, ‘selamat pagi’, ‘selamat siang’, ‘selamat malam’ bahkan ‘selamat petang’ dan sapaan lainnya.

Pendahuluan

Pendahuluan

Setelah salam pembuka, maka Anda harus memaparkan latar belakang topik yang akan disampaikan. Pastikan untuk menggunakan kalimat yang singkat, padat dan jelas. Bagian pendahuluan juga merupakan awalan dari pesan inti yang ada dalam ceramah.

Inti

Inti

Pada bagian inti, Anda dapat memberikan topik permasalahan secara lengkap dan sesuai dengan tujuan ceramah. Misalnya Anda ingin menyampaikan ceramah mengenai pentingnya pendidikan, maka pada bagian inti materi tersebut dijabarkan secara lengkap. Anda bisa melihat contoh ceramah di bawah ini.

Contoh Ceramah Singkat “Keterangan”

Contoh Ceramah Singkat "Keterangan"

Inti topik yang telah disampaikan sebelumnya dapat diperjelas lebih detail pada bagian ini. Hal itu dilakukan agar pendengar memahami isi ceramah secara menyeluruh.

Penutup

Penutup

Anda dapat menjelaskan rangkuman dari seluruh topik ceramah yang telah disampaikan. Selipkan juga beberapa nasehat terkait topik ceramah agar lebih klop seperti contoh ceramah singkat.

Salam Penutup

Salam Penutup

Pada awal ceramah terdapat salam pembuka, maka pastinya harus ada salam penutup. Anda bisa mengucapkan ‘Wassalamu’alaikum wr. wb’ atau lainnya.

Contoh Ceramah Singkat

Contoh Ceramah Singkat

Assalamu’alaikum wr.wb.

Pada kesempatan kali ini saya ingin menyampaikan sepatah, dua patah kata mengenai bakti anak kepada orang tua. Seperti yang kita ketahui, orang tua telah merawat kita sedari kecil hingga dewasa. Perjalanan merawat kita belum tentu mulus, bahkan ada orang tua yang mengalami banyak kesulitan. Namun demi anaknya, mereka tidak pernah mengeluh akan semua kesulitan itu.

Oleh sebab itu, sudah sepatutnya kita sebagai anak untuk menghormati orang tua, menjaga dan membahagiakan mereka. Jangan pernah sekalipun melupakan jasa orang tua karena kelak kita juga akan menjadi sosok orang tua. Barangsiapa yang menyakiti hati orang tua maka Allah akan murka.

Dosa terhadap orang tua termasuk dosa besar karena sejatinya jasa orang tua dalam merawat anaknya tidak dapat dibalas dengan emas sekalipun. Maka kita diwajibkan untuk berlaku baik kepada mereka, jangan sekali-kali berkata ‘ah’ ketika orang tua meminta tolong sesuatu, apalagi menjawab dengan kata kasar. Ketika orang tua sudah renta, rawatlah mereka dengan kasih sayang karena itulah kunci surga bagi kita.

Jadilah anak yang berbakti kepada orang tua karena Allah akan membalas semuanya di akhirat kelak. Semoga apa yang disampaikan bermanfaat bagi kita semua. Saya ucapkan terima kasih atas perhatiannya. Wassalamu’alaikum wr. wb.

Itulah penjelasan mengenai struktur dan contoh ceramah singkat. Semoga informasi tersebut dapat dipahami dengan baik.

Contoh Ceramah Singkat Mudah di Mengerti Oleh Audien

Tinggalkan komentar