Contoh Ceramah Tentang Maulid Nabi Yang Menyentuh Hati

contoh ceramah tentang maulid nabi – Contoh ceramah tentang maulid nabi merayakan maulid nabi juag bisa menjadikan kita mengerti bagaimana perjuangan rasulullah dalam menegakkan ajaran islam. sedikit akan saya jelaskan dalam teks ceramah mengenai maulid nabi yang terjadi di Indonesia sendiri. Serta bagaimana kita menyikapi adanya maulid nabi tersebut.

Makna Maulid Nabi

Makna Maulid Nabi

Dalam Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW Makna Peringatan tersebut bagi umat muslim ialah penghormatan serta peringatan sikap Nabi Muhammad SAW. Karena memilikki sikap yang luar biasa dalam menjalani kehidupan seperti bersabar dalam menjalani ujian hidup yang diberikan Allah SWT.

Contoh Ceramah Tentang Maulid Nabi “Contoh ceramah maulid nabi”

Contoh Ceramah Tentang Maulid Nabi "Contoh ceramah maulid nabi"

Dibawah merupakan bentuk contoh ceramah maulid nabi

Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Pertama mari panjatkan syukur kehadirat Allah SWT yang memberikan rahmat dan hidyatnya. Sholawat serta salam mari kita panjatkan kepada Nabi Besar Muhammad SAW, semoga beliau senantiasa ditempatkan di sisi-Nya ditempat paling tinggi, Amin

Hadirin, Hadirot Rahimakumullah,
Peringatan yang terjadi di Indonesia sendiri yang selama ini kita memperingati dari tahun ke tahun oleh segala lapisan ummat masyarakat. Peringatan tersebut bahkan hampiri dianggap wajib oleh sebagian masyarakat untuk menghormati dan mengenang jasa baginda Rasulullah SAW. Perjuangan rasulullah dalam menyebarkan agama islam, namun setelah beliau wafat perjuangan islam hamper punah.

Maka ada salah seorang pejuang islam yang mengmukakan gagasan gara mengadakan maulid nabi Muhammad SAW. Mengenang bagaimana pedihnya perjuangan Rasulullah, untuk menegakkan agama Allah. Agar dapat membangkitan semangat membara para pemuda dalam menyebarkan islam pada kala itu, sebagaimana yang dilakukan oleh Rasulullah SAW.

Pejuang Islam yang menggagas mengenai maulid nabi ialah Shalahuddin Al-Ayyubiy, berkat beliau pemuda di tanah arab menjadi semangat kembali. Dalam surah Al-Anbiya’ ayat 107 Allah berfirman menyebutkan nabi Muhammad ialah nabi pilihan Allah. Beliau menyandang predikat keunggulan serta teladan bagi para rasul lainnya, serta rahmat seluruh alam.

Kesungguhan kita dalam mengikuti teladan Rasulullah SAW dalam menciptakan masyarakat yang kokoh dan berkhlak sesuai ajaran nabi. Hidup ini adalah kunci menuju kehidupan yang lebih baik bermartabat serta lebih maju. Perubahan dalam hal kita meneladani sikap rasulullah baik bagi lingkup diri kita sendiri, keluarga, lingkungan masyarakat bahkan negara.

Hadirin jamaah yang berbahagia semoga kita senantiasa memperbaiki diri dan selalu mengikuti apa yang dianjurkan baginda nabi Muhammad SAW. Apabila ada kata kurang berkenan, mohon maaf.

Akhirukalam,
Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Diatas merupakan contoh mengenai ceramah maulid nabi Muhammad SAW yang menerangkan sedikit, bagaimana penerapannya di Indonesia. Sebagai umat muslim yang baik kita harus mencontoh Rasulullah SAW yang telah berjuang menyebarkan islam, dan selalu mengikuti sunnahnya. Semoga dapat bermanfaat bagi saudara.

Contoh Ceramah Tentang Maulid Nabi Yang Menyentuh Hati

Tinggalkan komentar