Contoh Ceramah Tentang Zakat (Terbaru 2021)

contoh ceramah tentang zakat – Setelah melewati bulan ramadhan, masyarakat muslim melaksanakn yang namanya zakat fitrah, untuk menunaikan kewajibannya. Namun yang saya singgung ini merupakan dalam bentuk contoh ceramah tentang zakat, yang dapat menjadi penyemangat saudara muslim.

Pengertian Zakat

Pengertian Zakat

Zakat merupakan mengeluarkan harta tertentu yang diberikan kepada 8 asnaf tertentu sebagai perintah Allah SWT. Zakat berasal dari kata “zaka” yang Memiliki arti berkah, suci, baik, tumbuh, dan berkembang. Kenapa dinamakan zakat karena ada harapan untuk tumbuh dan berkembang demi membersihkan diri dan memupuk rasa empati

contoh ceramah tentang zakat 

contoh ceramah tentang zakat 

Puji syukur kehadirat Allah SWT, nikmat yang diberikan kepada kita serta tak lupa sholawat serta salam nabi kita Muhammad SAW.

Hadirin yang dimuliakan Allah SWT, zakat merupakan amalan yang wajib dalam pelaksanaannya bagi kaum mampu. Seorang hamba mempunyai kewajiban berzakat setelah melewati bulan Ramadhan selama satu bulan penuh. Zakat yang kita tunaikan akan membersihkan harta dan juga berzakat tidak akan membuat miskin karena akan membuka pintu rezeki kita.

Kita sebagai umat muslim menjalankan hukum zakat fitrah bagi yang mampu, untuk membantu saudara kita yang kurang mampu. Dengan berzakat kita dapat meringankan beban saudara-saudara kita menjelang hari raya idul fitri

Menurut para ulama, zakat fitrah harus dengan bahan makanan pokok tidak boleh menggunakan uang kita. Ketika zaman Rasulullah SAW para sahabat berzakat menggunakan gandum, kurma dan makan-makan lainnya. Padahal zaman Rasulullah sudah ada uang dinar, namun rasulullah mencontohkan para sahabat untuk berzakat menggunakan makanan pokok.

Mengeluarkan zakat juga merupakan salah satu sifat berbakti hamba kepada Allah SWT dan calon penghuni surga. Karena harta yang kita miliki juga berasal dari Allah SWT, sehingga kita harus menadari diri kita sebagai hamba Allah SWT. Harta tersebut sebagian merupakan hak dari orang-orang miskin yang membutuhkan, dengan zakat dapat menjadi media untuk memberi hak tersebut.

Dalam Al-Qur’an Allah SWT berfirman pada surah QS. At-Taubah ayat 71, yang menerangkan bahwa orang-orang beriman. Hamba Allah laki-laki dan perempuan yang mengerjakan perintah Allah seperti Shalat, Puasa, Zakat dan melaksnakan sunah rasul. Serta tidak melakukan perbuatan yang mungkar atau hina dihadapan Allah SWT.

Jama’ah Shalat Isya’ dan Tarawih Rahimakumullah.

Allah SWT akan mengembangkan dan menyuburkan bagi hambanya yang melaksanakan perintah zakat seperti dalam firman QS. Zakat merupakan kewajiban kita bagi setiap muslim tatkala harta yang kita sisihkan akan membersihkan hati dan jiwa kita. Kita juga senantiasa menjaga amalan-amalan lainnya seperti bersedekah dan berinfaq di bulan Ramdahan menjadikan kita hamba yang taqwa.

Wassalamu’alaikum Warahmatullohi Wabarokatuh.(WS)

Itulah mengenai contoh ceramah tentang zakat agar bisa menjadikan penyemangat umat muslim yang ingin menunaikan zakat. Bahwasanya apa yang kita lakukan hanya semata-mata mencari rid’a Allah semata.

Contoh Ceramah Tentang Zakat (Terbaru 2021)

Tinggalkan komentar