Contoh Ceramah Untuk Bulan Ramadhan (Sesuai Tema)

contoh ceramah untuk bulan ramadhan – Bulan ramadhan merupakan bulan penuh berkah. Disini saya akan menjelaskan mengenai contoh konsep ceramah untuk bulan Ramadhan.

Arti Ramadhan

Arti Ramadhan

Dikutip dari surah Al Baqarah ayat 185

Ramadhan adalah bulan dimana turunnya kitab suci Al-Qur’an sebagai pedoman umat manusia. Juga sebagai bimbingan tentang sesuatu Antara yang benar dan salah, menjadikannya kitab suci. Kemudian jika salah seorang mencapai bulan ramadhan, maka hendaknya ia berpuasa.

Konsep materi ceramah untuk bulan ramadhan

Konsep materi ceramah untuk bulan ramadhan

  1. Keutamaan Bulan Ramadhan

Keutamaan Bulan Ramadhan

Biasanya ketika awal bulan Ramadhan tiba, ceramah yang disampaikan oleh khatib bertemakan keutamaan bulan Ramadhan. Menyegarkan semangat kedatangan bulan Ramadhan yang penuh berkah, agar setiap individu dapat menajalni ibadah lebih giat saat bulan Ramadhan.

  1. Contoh Ceramah Untuk Bulan Ramadhan “Puasa”

Contoh Ceramah Untuk Bulan Ramadhan "Puasa"

Tema yang berikutnya membawakan nuansa apa arti Puasa di bulan suci Ramadhan, yang merupakan kewajiban setiap muslim. Menjadi bagian pokok dalam menjalani ibadah Puasa selain shalat, karenanya sangat penting arti Puasa itu sendiri.

  1. Berbagi kebaikan

Berbagi kebaikan

Ceramah yang selanjutnya menceritakan bagaiamana setiap manusia berbuat kebaikan pada saat bulan Ramdhan. Khatib menyampaikan keutamaan berbuat kebaikan saat bulan ramadhan mendapatkan ganjaran yang berlipat-lipat daripada bulan selain bulan ramadhan.

Salah sebuah kebaikan yang dicontohkan ialah bagaimana kita berbagi saat bulan ramadhan terhadap sesama manusia. Mengajak setiap jamaah untuk saling berlomba-lomba mengejar kebaikan tersebut. Dengan demikian baik yang memilikki harta lebih maupun tidak dapat saling mendapatkan manfaatnya.

  1. Sabar

Sabar

Konsep berikutnya ialah sabar, sabar bukan berarti hanya sebatas menahan hawa nafsu semata. Saat bulan Ramadhan kita harus mampu menjaga bagaimana menghadapi segala sesuatu yang berkaitan dengan duniawi. Bukan hanya saja sebatas menahan lapar dan dahaga saja, tetapi bagaimana seorang muslim menyikapinya dengan penuh kesabaran.

Seperti ketika emosi rasa ingin meluapkan harus jamaah tahan, karena akan membatalkan pahala puasa itu sendiri. Buatlah kegiatan yang sekiranya positif untuk menjaga kesabaran, contohnya saja berdzikir kepada Allah SWT.

  1. Bulan Taubat

Bulan Taubat

Bulan Ramadhan merupakan sebuah momentum bagi setiap manusia untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Ketika selain bulan ramadhan kita sering lupa dengan sang pencipta, maka dengan bulan ramadhan bisa kembali menjadi jiwa yang fitrah.

Harapannya dapat mengamalkan segala jenis perbuatan yang di perintahkan dan disunahkan untuk di laksanakan. Oleh sebab itu beberapa ceramah mengatakan bulan ramadhan merupakan bulan taubat yang penuh berkah bagi setiap muslim.

  1. Qiyamul Lail

Qiyamul Lail

Terakhir ialah mengenai Qiyamul Lail atau yang sering disebut malam lailatul qadar, yakni malam yang lebih baik daripada seribu bulan. Pada malam ini jamaah muslim melakukan ikitikaf di masjid untuk melakukan amalan-amalan shalat sunah demi mendapatkan rid’a Allah semata.

Di atas adalah beberapa contoh ceramah untuk bulan Ramadhan yang perlu diketahui, semoga artikel ini dapat membantu anda mengenai keutamaan bulan Ramadhan. Semoga anda dapat menjalankan bulan suci ramadhan dengan penuh berkah dan lancar dalam menjalaninya.

Contoh Ceramah Untuk Bulan Ramadhan (Sesuai Tema)

Tinggalkan komentar