Contoh Ceramah Ustadz Abdul Somad Tentang Perjalanan Hidup Manusia

contoh ceramah ustadz – Siapa yang tidak kenal dengan ustad abdul somad, beliau merupakan ustad yang berbakat serta ketenarannya melalui youtube. Sedikit saya akan menjelaskan biografi ustad abdul somad dan contoh ceramah ustadz.

Biografi ustad abdul somad

Biografi ustad abdul somad

Berikut ini Biografi SIngkat Ustadz Abdul Somad :

Nama lengkap belia Abdul Somad Batubara. Lahir pada tanggal 18 Mei 1977 di Silo Lama Asahan Provinsi Sulawesi Utara. Dengan gelar yang yakni Lc., D.E.S.A.. Pekerjaan beliau ahli Ilmu hadist, Ulama, Dosen dan penceramah. Pendidikan yang dienyam S1 S1 Al-Azhar, Kairo, Mesir dan melanjutkan S2 Daar al-Hadits Al-Hassania Institut, Kerajaan Maroko.

Pasca lulus dari Maroko, Ustadz Abdul Somad masih mebadikan diri di lembaga hingga saat ini:

  • Pusat Bahasa UIN Suska Riau beliau menjadi dosen Dosen Bahasa Arab
  • Kelas Internasional Fakultas Ushuluddin UIN Suska Riau  beliau menjadi Dosen Tafsir dan Hadist
  • Di Al-Azhar Pekanbaru Beliau Dosen Islam di Sekolah Tinggi Islam
  • Menjabat Komisi Pengkajian dan Keorganisasian, pada Anggota MUI Provinsi Riau,  Periode 2009–2014
  • Menjabat Komisi Pengembangan pada Anggota MUI Provinsi Riau,,Periode 2009–2014
  • Lembaga Bahtsul Masa‟il Nahdlatul Ulama Provinsi Riau menjabat sekretaris,Periode 2009–2014.3

Contoh singkat penjelasan

Contoh singkat penjelasan

Berikut contoh ceramah ustadz singkat penjelasannya. Dalam kesempatan yang diberikan kepada H. Abdul Somad, Lc., M.A menjelaskan tausiahnya mengenai perjalanan hidup manusia mulai awal hingga akhir tujuan. Perjalanan yang dalam penulisannya ada empat (4) yaitu:

  1. Alam Ruh

Alam Ruh

Di alam ini merupakan perjanjian ruh dengan Allah SWT ketika akan dilahirkan di dunia, mengakui serta bersaksi keesaan Allah yang patut disembah. Perjanjian dengan Allah tidak akan teringat oleh manusia yang telah lahir, karena hakekatnya manusia pelupa. Maka dari itu Allah memberikan manusia akal dan pikiran untuk menentukan jalan hidupnya sendiri.

  1. Alam Rahim

Alam Rahim

Manusia terbentuk dalam Rahim ibu selama 40 hari air (sperma) lalu 40 hari dalam bentuk darah, kemudian 40 hari membentuk daging, terakhir melewati fase 120 hari Allah SWT meniupkan ruh pada tubuh tersebut.

  1. Alam Dunia

Alam Dunia

Alam yang kita tempati saat ini adalah alam dunia, yang nantinya seluruh perbuatan akan dipertanggungjawabkan. Tugas manusia adalah seluruh perintah Allah serta menjauhi larangan Allah SWT.

  1. Alam Barzah

Alam Barzah

Alam yang berikut merupakan alam kubur, ketika sudah dalam alam kubur masih mendapatkan pertolongan kerabat yang mendoakan. Karena ada 3 amalan yang tidak terputus, yakni ilmu bermanfaat, doa anak saleh dan amal jariyah

  1. Alam Akhirat

Alam Akhirat

Alam akhirat merupakan alam yang terakhir, didalamnya manusia kekal tidak hidup dan tidak mati. Seluruh amalan diperthitungkan, bagi hamba mulia yang bertaqwa akan masuk surga sebaliknya juga akan masuk neraka.

Itulah sedikit konsep yang pernah dipaparkan oleh ustad abdul somad mengenai contoh ceramah ustad. Semoga kita selalu bertaqwa dan dalam lindugan-Nya, apa yang kita lakukan semoga berkah serta mendapatkan rid’a Allah SWT.

Contoh Ceramah Ustadz Abdul Somad Tentang Perjalanan Hidup Manusia

Tinggalkan komentar