Contoh Cerpen Singkat Anak Sekolah dan Pembahasan Unsur intrinsiknya

contoh cerpen singkat anak sekolah – Cerpen dengan tema anak sekolah memang menarik, untuk Anda yang sedang berencana membuat cerita pendek mengenai anak sekolah, berikut ini adalah contoh cerpen singkat anak sekolah dan juga bedah unsurnya.

Cerpen singkat mengenai anak sekolah 

 

Cerpen singkat mengenai anak sekolah 

Contoh cerpen singkat anak sekolah ini dimulai dari Rani yang merupakan juara sekolah di kelas 2 SMA dengan Tria yang merupakan juara terakhir di sekolah dan di tingkat yang sama.

Rani meskipun seorang yang sangat pintar adalah anak yang cukup tertutup dan tidak memiliki banyak teman. Banyak orang merasa Rani agak aneh, mungkin karena kecerdasan yang dimilikinya yang di atas rata-rata.

Sebaliknya Tria adalah pribadi yang sangat ceria, meski ia peringkat terakhir di sekolahnya, Tria tidak pernah murung dan punya banyak teman. Tria juga sangat baik dan punya banyak kegiatan luar sekolah. Jadi meskipun Tria tidak pandai di kelas, ia banyak dipercaya gurunya untuk kegiatan luar sekolah. Salah satunya adalah kegiatan atletik seperti lomba lari.

Ya, Tria memang seorang atlet sekolah dan sering diutus untuk kegiatan luar sekolah tersebut. Suatu hari setelah kegiatan olahraga, Tria sangat kehausan dan datang ke kantin sekolah. Di sana ia melihat Rani yang sedang duduk sendiri merenung menghadap ke danau. Kebetulan kantin sangat ramai dan ia melihat tempat duduk di sebelah Rani masih kosong.

Tria segera menghampiri tempat duduk Rani dan meminta izin. Tria kemudian duduk dan meminum air putih dingin yang diambilnya dari salah satu stand kantin. Setelah menghabiskan 1 botol kecil, Tria kembali melihat danau seperti yang dilakukan oleh Rani dan bertanya :

“Kamu lihat apa?” Tanya Tria

“Emm, Air?” Sahut Rani

Tria terkekeh, “Iya, kenapa lihat air serius bener?” Sahut Tria sambil terkekeh lagi.

Rani hanya menoleh sambil tersenyum.

Keduanya kemudian ngobrol cukup lama, Tria kemudian sadar bahwa Rani adalah anak terpintar di sekolahnya dan meminta nomornya untuk mengajarinya matematika. Rani memberikan nomornya kemudian pamit untuk pergi untuk masuk kelas.

Sejak saat itu, Rani dan Tria menjadi rekan baik, sering belajar bersama dan bahkan masuk ke universitas yang sama. Bahkan satu kos dan menjadi teman karib hingga tua dan memiliki anak.

Bedah unsur intrinsik mengenai persahabatan anak sekolah

Bedah unsur intrinsik mengenai persahabatan anak sekolah

Contoh cerpen singkat ini memiliki unsur intrinsik seperti berikut ini.

  • Tema : anak sekolah
  • Alur cerita : maju
  • Setting atau latar : kantin sekolah
  • Tokoh : Tria dan Rani
  • Watak :
  • Protagonis : Tria dan Rani
  • Sudut pandang : orang ketiga
  • Pesan :

Contoh cerpen singkat anak sekolah memberikan pesan bahwa pertemanan bisa terjadi pada siapa saja dan kapan saja. Jangan membeda-bedakan dan harus dilakukan dengan tulus.

Contoh Cerpen Singkat Anak Sekolah dan Pembahasan Unsur intrinsiknya

Tinggalkan komentar