Contoh Cerpen Singkat Motivasi serta bedah Unsur Intrinsiknya

contoh cerpen singkat motivasi – Berikut ini adalah contoh cerpen singkat motivasi dan juga pembedahan unsur intrinsik untuk membuat Anda lebih paham mengenai jenis cerita cerpen motivasi.

Contoh cerpen singkat motivasi sekolah dan berprestasi

 

Contoh cerpen singkat motivasi sekolah dan berprestasi

Risa bukan anak yang pandai, ia juga sering malas datang ke sekolah karena ia tidak suka belajar. Suatu hari risa pulang dari sekolah, wajahnya merengut karena belum dijemput oleh orang tuanya. Ia menunggu di halaman sekolah dan melihat seorang anak dengan pakaian bebas keluar dari sekolahnya. Tapi ia membiarkannya anak itu, hanya melihatnya tanpa maksud apapun.

Selama 3 hari berturut-turut, orang tua Risa terlambat menjemput karena sedang ada proyek di kantor masing-masing. Selama 3 hari ini juga Risa melihat anak yang menggunakan pakaian bebas dan agak lusuh tersebut.

Waktu berlalu, akhirnya hari Senin tiba saatnya upacara sekolah. Saat itu Risa duduk di barisan paling depan. Karena ia tergolong siswa yang paling tinggi di kelasnya yaitu kelas 4. Dalam upacara ini, kepala sekolah memanggil Nana, siswa kelas 5 yang berhasil menjuarai lomba Cerdas Cermat untuk tingkat kecamatan.

Risa merasa wajah Nana tidak asing lagi. Setelah ingat, Nana ternyata adalah anak yang sering ia lihat dengan pakaian lusuh keluar dari sekolahnya.

***

Hari Senin, juga merupakan hari yang padat bagi orang tua Risa, hal ini membuat risa harus terlambat dijemput lagi. Kemudian seperti hari-hari sebelumnya, Risa melihat Nana keluar dari Sekolah. Risa kemudian bertanya pada Nana yang sedang berjalan.

“Kak Nana!” Kata Risa

Nana Menoleh

“Kak Nana selamat ya,” sambil mengulurkan tangannya. Risa memang bukan anak yang pintar dan agak malas, tapi ia adalah anak yang berhati baik dan senang berteman.

“Oh ya, sama-sama.” Nana menjawab Risa dengan senyuman dan kemudian menjabat tangannya.

Risa kemudian bertanya kemana Nana akan pergi. Ternyata Nana memiliki aktivitas yang cukup padat untuk anak seusianya. Akan tetapi bukan seperti Risa yang pulang sekolah harus les. Jadwal Nana padat untuk membantu orang tuanya berjualan.

Seulang sekolah Nana harus membantu orang tua hingga larut malam. Ia bercerita hanya bisa belajar di sela-sela membantu orang tuanya. Mendengar cerita Nana, Risa kemudian tersadar bahwa ia punya banyak waktu tapi tidak berprestasi seperti Nana. Dari cerita ini Risa kemudian lebih bersemangat agar bisa setidaknya separuh berprestasi seperti Nana.

Bedah unsur intrinsik untuk contoh cerpen singkat Nana dan Risa 

Bedah unsur intrinsik untuk contoh cerpen singkat Nana dan Risa 

  • Tema : motivasi
  • Alur cerita : maju
  • Setting atau latar : sekolah
  • Tokoh : Nana dan Risa
  • Watak :
  • Protagonis : Nana dan Risa
  • Sudut pandang : orang ketiga
  • Pesan :

Contoh cerpen singkat motivasi mengenai Nana dan Risa memiliki pesan bahwa tidak semua orang memiliki kemudahan yang sama. Akan tetapi tidak semua orang menyerah pada kesulitan dan bahkan menjadi lebih kuat dan lebih menghargai waktu dengan melakukan usaha yang lebih baik.

Contoh Cerpen Singkat Motivasi serta bedah Unsur Intrinsiknya

Tinggalkan komentar