Contoh Cerpen Singkat Pendidikan dan Ulasan Mengenai Unsur Intrinsiknya

Contoh Cerpen Singkat Pendidikan dan Ulasan Mengenai Unsur Intrinsiknya

Contoh Cerpen Singkat Pendidikan – Untuk Anda yang ingin menulis cerpen pendidikan, ini adalah salah satu contoh cerpen singkat pendidikan yang bisa Anda baca sebelumnya.

contoh cerpen singkat pendidikan mengenai pentingnya pendidikan

contoh cerpen singkat pendidikan mengenai pentingnya pendidikan

 

Marya, seorang gadis desa yang ayahnya hanya seorang tukang kayu. Pendidikan SD, SMP dan SMA bisa didapatkannya dengan cukup murah dengan bantuan pemerintah. Tidak tanggung-tanggung Marya selalu dapat juara 1 di sekolahnya. Kecuali saat kelas 3 SMP ia harus melorot ke rangking 2 karena sakit demam berdarah.

permasalahan muncul saat Marya ingin melanjutkan sekolah ke perguruan tinggi. pasalnya orang tuanya tidak mampu memberikan Marya fasilitas dan biaya seperti orang tua yang berkecukupan. Ayah Marya secara langsung bicara pada Marya.

“Nduk, bapak cuma bisa mengantar pendidikan kamu sampai di sini.” kata ayah Marya

Ayah tahu, besar keinginan Marya untuk melanjutkan pendidikan di bidang ekonomi di salah satu universitas terbesar di solo. Hal inilah yang membuat ayah Marya harus mengatakan secara tegas pada Marya mengenai kondisinya.

Sesungguhnya Marya tahu bahwa kondisi orang tuanya cukup sulit, akan tetapi pernyataan ayahnya memang tetap melukai hatinya. Marya menjawab dengan lembut, “Iya, pak, Marya tahu.” Jawab Marya sambil menatap mata ayahnya untuk meyakinkan ayahnya bahwa ia baik-baik saja.

Kemudian Marya pamit untuk masuk ke dalam kamarnya, hatinya sakit dan merasa sangat sedih. Akan tetapi Marya tetap bangkit bahwa ia masih memiliki kesempatan untuk bisa melanjutkan kuliah dengan beasiswa.

Di sekolah, Marya terus datang ke ruang bimbingan akademis, ia bertanya-tanya pada guru yang peduli padanya mengenai cara mendapatkan beasiswa. Segala cara ditempuh oleh Marya untuk bisa mendapatkan informasi ini.

Akhirnya Marya mendapatkan kesempatan untuk menjajal seleksi beasiswa untuk siswa berprestasi dan siswa tidak mampu. keduanya dijajal dan akhirnya Marya berhasil mendapatkan beasiswa tersebut.

Marya akhirnya berhasil masuk kuliah dengan biaya beasiswa. Akan tetapi karena orang tuanya tidak sanggup membiayai hidupnya, Marya juga kuliah sambil bekerja. Ini dilakukan Marya untuk mencapai cita-citanya. Marya tetap bersemangat karena ia berpikir hanya pendidikan, usaha dan cita-cita tinggilah yang bisa mengubah nasib Marya dan orang tuanya. Inilah yang sedang diusahakan oleh Marya!

Unsur intrinsik mengenai cerita Marya 

 

Unsur intrinsik mengenai cerita Marya

contoh cerpen singkat mengenai cita-cita Marya ini memiliki unsur intrinsik sebagai berikut ini.

  • Tema : pendidikan
  • Alur cerita : maju
  • Setting atau latar : rumah Marya
  • Tokoh : Marya dan Ayah
  • Watak :
  • Protagonis : Marya
  • Antagonis : Ayah
  • Sudut pandang : orang ketiga
  • Pesan :

pendidikan adalah hal yang sangat penting. dalam contoh cerpen singkat pendidikan di atas, usaha untuk mendapatkan pendidikan yang baik dan berkualitas akan membawa perubahan besar untuk hidup Anda.

Contoh Cerpen Singkat Pendidikan dan Ulasan Mengenai Unsur Intrinsiknya

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *