contoh cerpen singkat persahabatan Beserta Pembahasan dan Unsur Instrinsiknya

contoh cerpen singkat persahabatan – Contoh cerpen singkat persahabatan kali ini menceritakan mengenai persahabatan Emma dan Rona. Persahabatan yang dimulai dari SMP ini akan diuji karena perbedaan sekolah menengah atas antara Emma dan Rona.

Contoh cerpen singkat persahabatan antara Rona dan Emma

 

Contoh cerpen singkat persahabatan antara Rona dan Emma

Rona dan Emma sudah berteman sejak kecil. Selain karena rumah mereka dekat, sekolah Rona dan Emma juga jadi satu bahkan setelah mereka masuk ke Sekolah Menengah Pertama. Hal ini membuat Emma dan Rona menjadi makin dekat.

Mereka sering bermain bersama dan juga pulang pergi bersama. Akan tetapi setelah masuk ke Sekolah Menengah Atas, hubungan keduanya merenggang. Hal ini disebabkan karena Emma dan Rona tidak lagi punya jadwal yang sama. Hal ini membuat keduanya merasa sedih karena tidak bisa menghabiskan banyak waktu bersama.

Suatu hari Rona memaksakan diri untuk datang ke rumah Emma, ternyata Emma sedang kedatangan teman-temannya yang sedang mengerjakan tugas bersama. Rona menjadi agak kagok karena ia tidak kenal sama sekali dengan teman-teman Emma. Di sana ia agak merasa ditinggalkan sehingga ia beralasan untuk pulang lebih dahulu.

Emma kemudian merasa tidak enak dengan Rona sahabatnya yang merasa tidak nyaman karena datang ke rumah dengan tiba-tiba. Sejak itu, hubungan Rona dan Emma menjadi sangat canggung. Akhirnya Emma mendekati Rona kembali. Ia mengajak Rona untuk bermain bersama. Meskipun canggung Rona yang masih sangat menyayangi Emma sebagai sahabat mengiyakan ajakan tersebut.

Dalam pertemuan tersebut Emma minta maaf pada Rona karena waktunya yang sangat terbatas karena satu dan lain hal. Rona kemudian paham dan mencoba mengerti. Keduanya memang saling menghargai perasaan satu sama lain sehingga persahabatan mereka dapat diselamatkan.

Akhirnya Emma juga memperkenalkan Rona dengan teman barunya di sekolah sehingga Emma tetap bisa mengajak Rona untuk bermain bersama dengan teman-temannya tersebut. Begitu juga dengan Emma yang diperkenalkan Rona dengan rekan-rekannya sehingga mereka sering bermain bersama.

Persahabatan antara dua orang ini menjadi makin dalam karena permasalahan yang terjadi. Karena adanya masalah dan adanya penyelesaian yang dilakukan dengan cara yang tepat memang akan membuat hubungan semakin kuat.

Ulasan unsur intrinsik cerita Rona dan Emma 

Ulasan unsur intrinsik cerita Rona dan Emma 

Contoh cerpen singkat antar Rona dan Emma ini bisa dibedah dengan unsur intrinsik sebagai berikut :

  • Tema : persahabatan
  • Alur cerita : maju
  • Setting atau latar : rumah Emma
  • Tokoh : Emma dan Rona
  • Watak :
  • Protagonis : Rona dan Emma
  • Sudut pandang : orang ketiga
  • Pesan : setiap masalah bisa diselesaikan. Oleh karena itu, hadapi dan jangan dihindari. Makin dihindari masalah makin besar dan tidak akan menemukan penyelesaian yang tepat. Itulah pesan dari contoh cerpen singkat persahabatan di atas, semoga bermanfaat.

contoh cerpen singkat persahabatan Beserta Pembahasan dan Unsur Instrinsiknya

Tinggalkan komentar