contoh cerpen singkat Unsur Intrinsik dan Jenis-Jenisnya Paling Lengkap

 Contoh Cerpen Singkat – Seperti tulisan lainnya cerpen juga memiliki unsur yang wajib ada di dalamnya. Tanpa unsur ini sebuah cerpen tidak bisa disebut sebagai cerita pendek. Jika Anda ingin tahu lebih tentang cerpen serta contoh cerpen singkat, berikut ini adalah ulasannya.

Ciri-ciri cerpen 

Ciri-ciri cerpen 

Sebuah cerpen merupakan karya tulisan yang berisi tentang cerita fiksi. Tidak seperti cerita fiksi lainnya, cerpen memiliki jumlah tulisan yang lebih pendek, lebih singkat dan dijelaskan dengan cara yang lebih ringkas.

Biasanya dalam sebuah cerpen, hanya ada satu tokoh saja yang diceritakan. Hal inilah yang membuat cerpen jumlah katanya tidak lebih dari 10.000 kata dalam hal penulisannya. Seperti cerita fiksi lainnya. Dalam sebuah cerpen, cerita di mulai dari pengenalan karakter, puncak atau konflik dan penyelesaiannya.

Cerpen juga memiliki kisah ringan dan tidak terlalu rumit. Jenis cerita yang dibawakan juga beragam seperti percintaan, kasih sayang, cerita lucu dan lainnya. Dalam cerpen Anda juga akan mendapatkan pesan yang bisa dipelajari.

  • Kata kunci ciri cerpen :
  • Berupa cerita fiksi
  • Kisahnya sederhana
  • Kurang dari 10.000 kata
  • Jenis kisahnya beragam
  • Memiliki amanah terkandung dalam cerita

Unsur intrinsik dalam cerpen 

 

Unsur intrinsik dalam cerpen 

Dalam artikel contoh cerpen & unsur intrinsiknya kami juga akan membahas mengenai unsur intrinsik yang umum ada dalam sebuah cerpen. Unsur intrinsik yang wajib ada dalam sebuah cerpen antara lain adalah :

  • Tema

Tema merupakan salah satu unsur intrinsik yang wajib ada dalam sebuah cerpen. Bukan hanya cerpen, akan tetapi cerita apapun harus memiliki tema. Tema digunakan untuk membantu pembaca mengenai gambaran umum dari sebuah cerita. Contohnya, cerita Harry Potter adalah sebuah cerita mengenai petualangan dan persahabatan.

Dalam cerpen tema sangat penting bagi penulis. Tujuannya untuk membatasi konflik dalam sebuah cerita. Karena cerpen merupakan cerita pendek, penggunaan tema sangat penting sebagai pedoman.

  • Alur cerita

Unsur kedua yang harus ada dalam sebuah cerita pendek adalah alur. Alur adalah urutan peristiwa. Dalam sebuah cerita, alur bisa dibuat untuk membuat kerangka cerita. Penulis bisa membuat tahap-tahap cerita seperti pengenalan, konflik dan penyelesaian. Jenis alur juga ada banyak yaitu maju, mundur dan juga campuran.

  • Setting atau latar

Latar ini digunakan untuk memberikan penjelasan mengenai kapan kejadian ini terjadi. Latar juga sangat banyak jenisnya, contoh latar waktu, latar tempat dan juga suasana.

  • Tokoh

Unsur ini adalah sebuah unsur yang digunakan untuk menggambarkan siapa saja tokoh yang tergabung dalam unsur cerita ini. Dalam sebuah cerita pendek, jumlah tokoh yang ada dalam cerita biasanya tidak terlalu banyak mengingat cerpen sendiri adalah sebuah cerita yang jumlah katanya juga terbatas.

  • Watak

Dalam sebuah cerpen, watak digunakan untuk membedakan 3 pemain dalam sebuah cerita. Ya, dalam cerita apapun, watak dari tokoh akan dibagi menjadi 3, yaitu protagonis, antagonis dan watak pemain netral. Tujuan dari 3 watak tokoh ini adalah untuk membuat setting cerita agar lebih menarik.

  • Sudut pandang

Unsur intrinsik yang terakhir dari sebuah cerita adalah sudut pandangnya. Sebuah cerita bisa dibuat dengan sudut pandang :

  • Pihak pertama saat cerpen menceritakan mengenai diri sendiri,

  • Pihak kedua saat cerita menceritakan mengenai orang lain yang masih ada dalam cerita

  • Atau pihak ketiga saat cerita mengisahkan orang lain dan posisinya di luar cerita.

  • Pesan

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, salah satu ciri dari sebuah cerita pendek adalah adanya pesan atau amanat. Pesan atau amanat ini biasanya tersirat Anda bisa juga dibuat dengan tersurat.

  • Kata kunci unsur intrinsik :

Unsur intrinsik adalah sebuah unsur yang harus ada dalam sebuah cerita pendek. Unsur ini digunakan untuk kerangka atau pembangun dari sebuah cerita.

Jenis-jenis cerpen berdasarkan temanya 

 

Jenis-jenis cerpen berdasarkan temanya 

Ada banyak jenis cerpen jika dilihat dari temanya. Beberapa contoh cerpen singkat tersebut antara lain adalah :

  • Cerpen pengalaman pribadi

Jenis cerpen pertama adalah cerpen pengalaman pribadi. Jenis cerpen ini biasanya ditulis dengan sudut pandang orang pertama dan berisi mengenai pengalaman pribadi dari penulis. Beberapa contoh cerpen singkat pengalaman pribadi juga memiliki banyak tema, akan tetapi paling banyak adalah tema percintaan.

  • Cerpen humor

Jenis cerpen kedua adalah cerpen humor. Contoh cerpen singkat lucu biasanya digunakan untuk menceritakan hal jenaka yang dialami oleh tokoh dalam cerita. Biasanya, cerpen humor juga tetap memiliki konflik. Hanya saja cerpen ini dibuat dengan menggunakan gaya bahasa lucu dan juga dibuat dengan kejadian yang mengundang tawa

  • Cerpen islami

Jenis tema cerpen lain yang banyak dibuat dalam cerpen agamis. Cerpen agamis yang paling banyak contohnya adalah contoh cerpen islami. Biasanya cerita pendek islami ditujukan untuk anak-anak sehingga ceritanya penuh pesan tapi sederhana.

  • Cerpen percintaan

Biasanya contoh cerpen singkat percintaan romantis juga masuk dalam cerpen pengalaman pribadi. Akan tetapi cerpen percintaan juga bisa ditulis dengan sudut pandang orang kedua ataupun ketiga bagaimana penulis menuliskannya.

  • Cerpen motivasi

Selain cerpen islami, contoh cerpen singkat motivasi juga banyak digunakan untuk menyampaikan pesan. Cerpen ini biasanya digunakan untuk memberikan semangat pada pembacanya melalui kisah-kisah dan juga tragedi yang diceritakan.

  • Cerpen anak sekolah

Contoh cerpen singkat anak sekolah bisa memiliki tema percintaan, persahabatan dan masih banyak lagi yang lainnya.

  • Cerpen pendidikan

Cerpen pendidikan adalah cerpen yang digunakan untuk mendidik. Bisa dalam bentuk cerpen motivasi agar anak-anak bersemangat untuk belajar atau untuk kebutuhan lainnya. Contoh cerpen singkat pendidikan ini bisa Anda lihat dari artikel selanjutnya yang akan kami sajikan.

  • Cerpen kehidupan sehari-hari

Jenis cerpen ini mengisahkan mengenai kehidupan sehari-hari. Cukup sulit membuat contoh cerpen singkat kehidupan sehari-hari karena biasanya konfliknya tidak banyak.

  • Cerpen persahabatan

Jenis cerpen terakhir yang akan kami bahas adalah cerpen persahabatan. Jenis cerpen ini merupakan jenis cerpen yang memiliki cerita mengenai sahabat dalam sebuah frame. Contoh cerpen singkat persahabatan ini sangat banyak dan merupakan salah satu tema cerita pendek yang paling populer.

contoh cerpen singkat “Jenis cerita pendek berdasarkan jumlah katanya”

 

contoh cerpen singkat "Jenis cerita pendek berdasarkan jumlah katanya"

Meskipun namanya cerita pendek, sebuah cerita pendek dibagi lagi menjadi 3 jenis yaitu :

  • Cerita pendek – pendek

Cerita pendek – pendek adalah sebuah cerita yang dibuat dengan jumlah kata yang cukup singkat. Cerita pendek ini biasa ditulis dengan 500 kata hingga 700 kata.

  • Cerita pendek – sedang

Cerita pendek ini memiliki panjang sekitar 700 kata hingga 1.000 kata

  • Cerita pendek – panjang

Merupakan cerita pendek yang memiliki jumlah kata panjang yaitu 1.000 kata hingga 10.000 kata.

Meskipun jenisnya dibedakan dari banyak sedikitnya kata, baisnya cerita pendek masih memiliki jumlah di bawah 10.000 kata sesuai dengan cirinya.

Nah, demikian adalah ulasan mengenai contoh cerpen singkat mengenai unsur dan juga jenis-jenisnya. Semoga informasi ini bermanfaat ya!

contoh cerpen singkat Unsur Intrinsik dan Jenis-Jenisnya Paling Lengkap

 

Tinggalkan komentar