100++ Contoh Gambar Kaligrafi Indah dari Seniman Terkenal

Contoh Gambar Kaligrafi – Kaligrafi adalah seni untuk menulis indah yang menggunakan pena atau kuas. Seni kaligrafi Islam biasanya menggunakan tulisan Arab. Media tulisnya yakni kertas, logam, kayu dan kulit binatang. Pertama ada di Timur Tengah sampai dikenal di seluruh dunia. Simak contoh gambar kaligrafi dan senimannya.

Seniman dan Contoh Gambar Kaligrafi Ternama Dunia

1. Ibnu Muqlah

Ibnu Muqlah

Lahir pada tahun 887 M, kaligrafer Ibnu Muqlah yang satu ini adalah wazir atau Menteri Khilafah Abbasiyah. Ia memperoleh keterampilan kaligrafi yang dibimbing oleh Al-Ahwal Al-Muharrir.

Ibnu Muqlah dikenal dengan sebutan “Imam Al-Khaththathin” atau yang biasa disebut “Bapak Para Kaligrafer” karena kemampuannya dalam menulis kaligrafi.

Sebuah kejayaan yang pernah didapat oleh Ibnu Muqlah  saat membuat kaligrafi ialah berhasil untuk menggunakan Naskh menuju Khath Kufi hingga menggunakan Khath Tsulus.

Kontribusi Ibnu Muqlah pada dunia kaligrafi bukanlah pada penemuan gaya, melainkan pada penerapan kaidah-kaidah yang sistematis, khususnya bagi Kath Naskhi. Berikut ini adalah beberapa contoh gambar kaligrafi yang dibuat Ibnu Muqlah sepanjang hidupnya.

Ibnu Muqlah 1

2. Ibnu Bawwab

Ibnu Bawwab

Nama Ibnu al-Bawwab yang benar adalah Abul Hasan Ali bin Hilal. Pujian sering diberikan kepadanya karena dirinya dianggap sebagai seseorang yang bisa membuat kaligrafi paling indah. Meskipun sebelumnya ada Ibnu Muqlah, tetap saja Ibnu al-Bawwab lebih unggul darinya dalam beberapa hal. Dia adalah kaligrafer terbaik yang pernah ada. Ibnu Muqlah sendiri menjelaskan bahwa Ibnu al-Bawwab yang melengkapi dan menyempurnakan huruf kaligrafi yang dibuat oleh Ibnu Muklah. Berikut ini adalah beberapa contoh gambar kaligrafi yang dibuat Ibnu al-Bawwab sepanjang hidupnya.

Ibnu Bawwab 1

Ibnu Bawwab 2

 

3. Ibnu Syekh (Syekh Hamdullah Al-Amasi)

Ibnu Syekh (Syekh Hamdullah Al-Amasi)

Syeikh Hamdullah Al-Amasi telah mendapatkan julukan  kaligrafer terbaik dari gayanya dan terus menjadi kaligrafer hingga hari ini. Ia juga sangat produktif dalam menghasilkan karya seni. Mungkin belum ada yang melebihi jumlah karyanya hingga saat ini.

Bayangkan dia menulis 47 eksemplar Quran dan ribuan karya lainnya. Kaligrafer hari ini menulis rata-rata tiga salinan Al-Qur’an dalam hidup mereka.

Syeikh Hamdullah Al-Amasi melebarkan gaya kaligrafinya sendiri yang kemudian banyak kaligrafer yang mengikutnya dan berasal dari Turki. Untuk itu, Syeikh Hamdullah Al-Amasi dianugerahi gelar qiblatul kuttab (kaligrafer kiblat).

Berikut ini adalah beberapa contoh gambar kaligrafi yang dibuat Syeikh Hamdullah Al-Amasi sepanjang hidupnya.

Ibnu Syekh (Syekh Hamdullah Al-Amasi) 1

4. Yaqut Al-Musta’simi

Yaqut Al-Mustasimi

Yaqut Al-Musta’simi dikenal sebagai kiblat kaligrafi yang indah. Dia adalah master kaligrafi. Sejarawan menyebutnya Yaqut. Yaqut Al-Musta’simi juga disebut ar Ruumi karena berasal dari Romawi atau Bizantium.

Tempat kelahiran keluarganya sekarang adalah kota Amasya di Turki. Oleh karena itu, sejarawan Turki menjamin bahwa Yaqut adalah seorang kaligrafer Turki. Tidak ada kabar pasti tentang tahun kelahirannya. Begitu juga tempat itu. Ia diyakini lahir pada tahun 626 H.

Yaqut dikatakan telah belajar kaligrafi sendiri melalui karya Ibnu Al Bawwab. Bahkan, ia juga belajar secara eksklusif dengan seorang mahasiswa di Ibnal Bawwab, seorang kaligrafer bernama Shuhda Bint al Ibari.

Berikut ini adalah beberapa contoh gambar kaligrafi yang dibuat Yaqut Al-Musta’simi sepanjang hidupnya.

Yaqut Al-Musta’simi 1

5. Usman bin Ali Afandi

Usman bin Ali Afandi

Usman bin Ali Afandi adalah muazin Masjid Haseki di distrik Fatih Istanbul, Turki. Usman bin Ali Afandi lahir pada tahun 1642 M di Konstantinopel (Istanbul). Ia dekat dengan banyak ulama dan pemuka agama, yang sebagian besar juga kaligrafer.

Kedekatannya tersebut membuat Ali Afandi menyukai kaligrafi. Usman bin Ali Afandi dikenal dengan kesabaran dan kesabarannya yang luar biasa serta keuletannya dalam membuat sebuah kaligrafi.

Ini memungkinkan dia untuk mempelajari rahasia menulis lebih dalam dan lebih rinci, dan bahkan melampaui guru-gurunya.

Maka tak heran jika namanya cepat dikenal banyak orang. Dengan akhlak dan budi pekerti yang tinggi, beliau dapat diterima oleh banyak kalangan baik di masyarakat  maupun di lingkungan keluarga Sultan.

Demikian pula, jenis hurufnya yang terkenal indah menjadi target kolektor kelas atas dan dijual dengan harga tinggi. Berikut ini adalah beberapa contoh gambar kaligrafi yang dibuat Usman bin Ali Afandi sepanjang hidupnya.

Usman bin Ali Afandi 1

6. Musthafa Al-Raqim

Musthafa Al-Raqim

Mustafa Al-Raqim tinggal di Istanbul sejak kecil namun besar dan lahir di Konya, Anatolia, Turki pada 1171 H. Bakatnya menulis kaligrafi sudah terlihat sejak kecil. Dia belajar Naskhi dan Tsuluts dari saudaranya Ismail Zudi dan dari Darwisy Ali.

Selain lebih kreatif dengan perkembangan gaya penulisan baru, Alraqim telah memperbarui aturan penulisan dan mengembangkan  gaya penulisan lama. Pada masanya ia disebut Rais al-Khathathin (pemimpin kaligrafer) pada zamannya.

Bahkan, tulisannya dianggap sebagai warisan terbaik. Ia menjadi kaligrafer di Kesultanan Utsmaniyah saat kepemimpinan Salim III pada 1789 hingga 1807 masehi  yang diangkat sebagai pegawai pada posisi serupa.

Al-Raqim menjadi guru kaligrafi untuk Salim III, dua sultan Ottoman. Dan Mmahmud II (1808 hingga 1838 M). Berikut ini adalah beberapa contoh gambar kaligrafi yang dibuat Al-Raqim sepanjang hidupnya.

Musthafa Al-Raqim 1

Musthafa Al-Raqim 2

7. Hamid Al-Amidi

Hamid Al-Amidi

Hamid-Al Amidi, seorang kaligrafer terkenal mendapat gelar sheikhul khattaatiin dari guru kaligrafinya. Ia juga dikenal sebagai “pria yang mendapatkan kembali kemegahan kaligrafi Arab.” Hamid akrab dengan semua bidang kaligrafi, tetapi ia dikenal sebagai rajanya Tsuluts Jaliy.

Karyanya, yang diterbitkan antara tahun 1923 dan 1965, menggambarkan kelasnya sebagai seniman kaligrafi kelas dunia. Kecintaannya pada kaligrafi menciptakan citra Hamid sebagai kaligrafer yang tak pernah lepas dari pena.

Dia terus menulis sampai kematiannya, tetapi karyanya tidak lagi seperti masa mudanya. Peninggalan gambar kaligrafi yang dibuat olehnya sangat banyak. Diantaranya adalah karya Al-Qur’an dan hadits, termasuk dua manuskrip Al-Qur’an.

Salah satu karyanya yang paling monumental adalah karya Surat Al Fatihah, replika karya Musthafa Raqim yang ditulisnya selama enam bulan. Berikut ini adalah beberapa contoh karya kaligrafi yang dibuat Al-Raqim sepanjang hidupnya.

Hamid Al-Amidi 1

Hamid Al-Amidi 2

8. Hasyim Muhammad Al-Bagdadi

Hasyim Muhammad Al-Bagdadi

Hasyim Muhammad Al Baghdadi merupakan salah satu seniman kaligrafi terkenal dan terbesar dari Irak. Dia belajar kaligrafi dari Mora Arif sebagai Shikuri untuk pertama kalinya. Hasyim tidak hanya belajar kaligrafi, tetapi juga belajar banyak dari guru ini.

Bakatnya luar biasa. Dia langsung meniru gurunya. Baik tulisannya maupun tindakannya. Pada tahun 1944 ia pergi ke Mesir untuk belajar kaligrafi di Ma`had Tahsinul Khutut (Sekolah Kaligrafi Eni) di Kairo, Mesir. Kala itu ia ditawarkan jadi guru namun menolaknya.

Hasyim tidak hanya terkenal karena tulisan kaligrafinya yang indah dengan indah, tetapi juga terkenal dengan jenis huruf yang digunakan sangatlah halus. Hasyim mengikuti aturan menulis dengan sangat hati-hati.

Salah satu kelebihan Hasyim Muhammad adalah Anda dapat menulis huruf dengan bentuk yang persis sama berulang-ulang. Keterampilan semacam ini jarang dimiliki oleh para kaligrafi dan menunjukkan seberapa sering ia berlatih kaligrafi.

Berikut ini adalah beberapa contoh karya kaligrafi yang dibuat Hasyim Muhammad sepanjang hidupnya.

Hasyim Muhammad Al-Bagdadi 1

Hasyim Muhammad Al-Bagdadi 2

Contoh Gambar Kaligrafi Indah

Contoh Gambar Kaligrafi Indah

Selain gambar kaligrafi yang dibuat oleh para seniman tersebut, berikut ini akan diberikan beberapa contoh karya kaligrafi yang indah dan menarik untuk dipajang di dinding rumah Anda.

1. Kaligrafi Lafaz Allah

Kaligrafi Lafaz Allah

Cukup banyak gambar kaligrafi menggunakan tulisan Allah dengan bahasa Arab. Allah sebagai Tuhan Yang Maha Besar, kita umat Islam memiliki kewajiban untuk terus memikirkannya.

Maka dari itu, bisa juga menggunakan gambar kaligrafi Allah dalam bahasa arab di dinding atau ponsel Anda.

2. Kaligrafi Islam Unik Arab

Kaligrafi Islam Unik Arab

Kaligrafi tidak selalu berarti hanya Allah. Kaligrafi biasanya merupakan penggalan puisi Quran, menggabungkan keindahan dan seni. Karena kaligrafi adalah seni Islam. Mirip dengan kaligrafi ini, Anda bisa melihat pecahan huruf Arab dalam bentuk yang sangat unik.

3. Kaligrafi Arab Modern

Kaligrafi Arab Modern

Seni kaligrafi tidak pernah meninggalkan estetika  rumah Anda. Tentunya dengan menggunakan font kaligrafi yang terbuat dari pecahan Al-Qur’an dapat membuat rumah Anda semakin nyaman dan dapat menjadi inspirasi bagi Anda dan keluarga untuk menjadi Hafiz Al-Qur’an.

4. Kaligrafi Lafaz Alhamdulillah Modern

Kaligrafi Lafaz Alhamdulillah Modern

Anda bisa meletakkan kaligrafi di dalam ruangan. Semoga hari-hari Anda diisi dengan berbagai kepingan Al-Qur’an yang terbuat dari kaligrafi indah yang terdapat di setiap sudut rumah Anda. Tentunya hal ini akan membantu Anda tetap semangat membaca Al-Qur’an.

5. Kaligrafi Al Jalala

Kaligrafi Al Jalala

Kaligrafi selalu mengambil potongan-potongan Al-Qur’an, tetapi setelah mengambil potongan-potongan itu, ada beberapa cara untuk menghias seni kaligrafi. Anda dapat melakukan sesuatu seperti contoh membuat garis batang dari beberapa jenis pohon.

Jangan biarkan bentuk  kaligrafi Anda  terlihat monoton. Namun, dengan pengecualian kitab suci Al-Qur’an Hijaya, masih sangat menarik karena tampilannya yang berbeda dan kombinasi elemen lainnya.

6. Kaligrafi Cahaya

Jelaslah bahwa arti kaligrafi adalah bahwa Al-Qur’an adalah pedoman hidup manusia. Bersama Al-Qur’an, dia adalah pembawa cahaya yang menghadang kehidupan  fana ini. Tanpa Quran, kita  manusia akan mengikuti jalan kegelapan.

Demikianlah apa yang dimaksud dengan gambar kaligrafi. Kaligrafi tidak hanya  menggambarkan dan menafsirkan puisi Al-Qur’an. Tapi itu juga bisa menunjukkan banyak hal.

7. Kaligrafi Asmaul Husna

Kaligrafi Asmaul Husna

Kaligrafi di atas membentuk lingkaran berukir “Allah” dan dikelilingi nama 99 Asmaul Husna Allah.

Pada kaligrafi di atas, Anda dapat melihat berbagai elemen kaligrafi serta karakter hijaiya. Namun, ada unsur  lain pada kaligrafi di atas. Dimana ada elemen titik yang terbentuk seperti bulan. Untuk membuat kaligrafi ini begitu menarik, ia juga diberi judul “Bulan”

8. Kaligrafi Kontemporer

Kaligrafi Kontemporer

Kaligrafi bismillah modern ini tidak kalah menariknya dengan gambar kaligrafi bismillah sebelumnya. Gambar ini hadir dengan berbagai model. Mulailah dengan model hewan seperti ayam, perahu, dan model langit malam.

Kaligrafi di atas merupakan gabungan dari dua unsur seni. Salah satunya adalah seni aksara Arab dan yang kedua adalah seni kombinasi lainnya.

Itulah beberapa contoh gambar kaligrafi beserta seniman dan yang cocok untuk dipajang di dinding rumah. Semoga informasi yang diberikan bermanfaat bagi semua orang yang membacanya.

100++ Contoh Gambar Kaligrafi Indah dari Seniman Terkenal

Leave a Reply