23+ Contoh Peribahasa dan Artinya, Bahasa Indonesia, Melayu dan Inggris

Contoh Peribahasa dan Artinya – Peribahasa merupakan salah satu bentuk dari kebahasaan dimana biasanya digunakan untuk mengungkapkan suatu hal dimana terlintas di dalam pikiran manusia . didalam peribahasa sendiri ternyata terdapat makna kiasan yang berisi perbandingan, perumpamaan, nasihat, maupun tingkah laku. Untuk memahami lebih jauh, maka wajib mengetahui contoh peribahasa dan artinya.

Adapun makna yang terdapat di dalam peribahasa sendiri biasanya mempunyai penyimpangan dari bentuk aslinya. Itulah mengapa peribahasa sendiri juga biasanya disebut dengan sastra lisan atau tidak dapat diartikan secara langsung dan dapat diartikan melalui sebuah pemahaman yang benar.

Adapun peribahasa sendiri ternyata lahir dari setiap daerah yang berbeda-beda. Selain itu, budaya maupun kultur yang dimiliki juga memiliki pengaruh di dalam peribahasa tersebut. berikut ini kata kata pepatah dan artinya yang wajib untuk diketahui.

Kata-kata peribahasa Bijak Bahasa Indonesia

Kata-kata peribahasa Bijak Bahasa Indonesia

Adapun contoh dari peribahasa yang pertama adalah berasal dari bahasa Indonesia. Perlu diingat apabila terdapat banyak sekali peribahasa didalam bahasa Indonesia yang bisa anda gunakan untuk kehidupan sehari-hari. Berikut ini kata-kata peribahasa dan artinya yang perlu untuk diketahui.

  1. Ada gula ada semut, adapun arti dari peribahasa ini adalah dimana terdapat sebuah kesenangan, maka di tempat itulah akan terdapat suatu keramaian.
  2. Air susu dibalas dengan air tuba, artinya adalah kebaikan –kebaikan yang telah dilakukan oleh seseorang ternyata hanya dibalas oleh kejelekan. Hal ini karena orang yang menerima kebaikan memiliki maksud tersembunyi di
  3. Bagai air di atas daun talas, artinya orang yang tidak mempunyai pendirian tetap. Artinya ketika seseorang baru memilih satu tujuan, maka akan langsung berganti dengan tujuan lainnya.
  4. Bagai buah simalakama, artinya suatu kondisi atau keadaan dimana membuat seseorang menjadi serba salah di dalam melakukan tindakan.
  5. Bagai pungguk merindukan bulan, contoh peribahasa berserta artinya satu ini adalah mengharapkan sesuatu yang sangat sulit untuk terwujudkan.
  6. Bagai bumi dan langit, artinya adalah dua hal yang berbeda cukup jauh dan tak bertolak belakang satu sama lain.
  7. Cepat kai ringan tangan, artinya orang yang suka tolong menolong di dalam melakukan suatu kebaikan. Kebiasaan yang satu inipun juga tidak bertujuan untuk merugikan orang lain.
  8. Dunia tidak selebar daun kelor, artinya dunia ini sangat luas dan tidak sempit. Anda bisa menemukan hal tidak terduga ketika berada di uar.
  9. Embun diujung rumput, peribahasa satu ini memiliki arti hubungan, kedudukan maupun pekerjaan yang sangat rapuh atau mudah sekali untuk goyah.
  10. Hancur badan dikandung tanah budi baik terkenang jua, artinya walaupun jasad manusia memang sudah tidak terbentuk lagi di dalam kuburan, tetapi kalau orang tersebut melakukan kebaikan maka akan selalu diingat orang lain.

Contoh peribahasa dalam bahasa melayu

Contoh peribahasa dalam bahasa melayu

Adapun contoh lainnya adalah kata-kata pepatah melayu di bawah ini. bangsa melayu sendiri ternyata juga mempunyai banyak pepatah dimana mempunyai makna yang cukup dalam di dalam kehidupan. Langsung saja berikut ini contoh peribahasanya disertai dengan makna.

  1. Tak kaya oleh emas pembawa, tak gadis oleh kain berselang. Adapun makna dari peribahasa yang satu ini memiliki arti bahwa untuk dapat mencapai kemuliaan di dalam hidup, maka kita harus mengusahakannya sendiri dan sebaiknya jangan pernah bergantung pada orang lain
  2. Orang kaya yang suka dimakan, orang muda selendang dunia. Adapun contoh peribahasa dan maknanya yang satu ini adalah orang kaya akan selalu dermawan dan seorang anak muda merupakan perhiasan dunia atau akan dipuji-puji oleh orang banyak.
  3. Kalau ibu kaya, anak jadi puteri. Kalau anak kaya, ibu jadi budak, arti dari peribahasa melayu yang satu ini adalah menggambarkan tentang sebuah perbedaan kasih sayang antara ibu dan anak. Dimana kasih sayang seorang ibu tidak akan pernah tergantikan oleh apapun, tetapi kasih sayang seorang anak belum tentu didapatkan oleh ibu.
  4. Kaut laba dengan siku maksud, artinya adalah akan memperoleh keberuntungan yang banyak. Memperoleh untung yang banyak tersebut tidak akan pernah menjadi persoalan, sepanjang tidak akan merugikan orang lain.
  5. Hidup tidak kerana kaul, matipun tidak kerana sumpah. Peribahasa satu ini memang memiliki makna yang cukup dalam di dalam kehidupan, adapun arti dari peribahasa satu ini adalah hidup mati berada di tangan tuhan. Itulah mengapa dalam menjalani kehidupan, sebaiknya tidak terlepas dari hubungan dengan Tuhan.
  6. Laksana katak, sedikit hujan banyak bermain, arti dari peribahasa melayu yang satu ini adalah orang yang suka membesar-besarkan masalah kecil. Orang yang suka membesar-besarkan masalah biasanya cenderung mudah untuk mencela sesuatu.
  7. Bagaimana hari tidak hujan, katak betung di dalam telaga berteriak selalu. Pepatah melayu tersebut memiliki arti mengenai seseorang dimana selalu datang ke rumah orang lain tetapi tidak mempunyai etika bagus dan selalu memiliki maksud tersembunyi di

Contoh kata pepatah bahasa jawa

Contoh kata pepatah bahasa jawa

Selain contoh peribahasa dalam bahasa Indonesia dan melayu di atas, contoh peribahasa bahasa Jawa di bawah ini juga wajib untuk diketahui. Terutama apabila anda ingin menggunakan pepatah dalam bahasa jawa dalam kehidupan sehari-hari. Berikut ulasan lengkapnya.

  1. Ana dina ana rupa. Arti dari perbahasa bahasa Jawa yang satu ini adalah selama seseorang bekerja dengan tekun pasti akan memperoleh hasil atau rezeki. Berbeda apabila sesuatu tidak dikerjakan dengan sungguh-sungguh.
  2. Kebo gupak ajak ajak. Peribahasa yang satu ini mempunyai arti bahwa seseorang yang mempunyai sifat maupun perbuatan yang buruk biasanya akan cenderung mengajak orang lain guna mengikutinya
  3. Anak polah bapak kepradhah. Maksud dari peribahasa yang satu ini merupakan peringatan bagi para orang tua agar mempunyai tanggung jawab terhadap kehidupan ana-anaknya. Sebagai orang tua juga harus mempertimbangkan baik-buruknya sesuatu dan apa manfaatnya.
  4. Witing tresno jalaran soko kulino. Arti dari peribahasa yang satu ini adalah awal cinta ternyata bisa timbul jika saling berdekatan.

Contoh Peribahasa dan Artinya “Contoh peribahasa dalam bahasa Inggris”

Contoh Peribahasa dan Artinya "Contoh peribahasa dalam bahasa Inggris"

Masih ada contoh peribahasa dalam bahasa Inggris  yang juga mempunyai makna cukup dalam untuk kehidupan. Adapun contoh dari peribahasa tersebut diantaranya adalah

  1. A bird in the hand is worth two in the brush, adapun makna dari peribahasa ini adalah selalu bersyukur terhadap apa yang dimiliki dibandingkan mencari suatu hal yang belum tentu pasti ada.
  2. A friend in nedd is a friend indeed , makna dari kata-kata pepatah ini adalah orang yang akan membantu kita ketika dalam masa kesusahan merupakan seorang teman yang sebenarnya.
  3. A little learning is dangerous thing. Makna dari peribahasa satu ini adalah memahami suatu hal harus menggunakan informasi yang sepenuhnya dan tidak setengah-setengah. Dengan begini maka tidak akan terjadi kesalahpahaman yang berbahaya.

Keberadaan peribahasa ini  sendiri  memang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari seperti untuk memberikan nasihat, sebagai tanda identitas pembicara di dalam suatu kaum dan masih banyak lagi. Demikian sedikit contoh peribahasa dan artinya yang wajib diketahui.

23+ Contoh Peribahasa dan Artinya, Bahasa Indonesia, Melayu dan Inggris

Tinggalkan komentar