5+ Contoh Peribahasa dan Maknanya Dalam Bahasa Indonesia Paling Populer Sepanjang Masa

Contoh Peribahasa dan Maknanya  – Rasa tidak enakan dalam mengungkapkan satu hal secara langsung bagi masyarakat Indonesia sering kali dirasakan sehingga penggunaan peribahasa menjadi satu hal yang sangat mungkin. Itulah ada banyak contoh peribahasa dan maknannya dalam bahasa Indonesia yang bisa digunakan.

Tong Kosong Nyaring Bunyinya

Tong Kosong Nyaring Bunyinya

Ini adalah salah satu contoh peribahasa dan artinya yang paling popular dan masuk dalam uraian pertama. Hal ini karena peribahasa ini paling banyak digunakan dalam kehidupan. Makna dari peribahasa satu ini adalah sama seperti tong yang tanpa air, ketika di pukul bahkan dengan sangat lembut mengeluarkan bunyi yang sangat keras. Sedangkan untuk tong yang sudah terisi air bahkan di pukul sangat kencang tidak mengeluarkan bunyi yang keras. Hal ini bisa diumpakan kepada seseorang yang terlalu banyak berucap padahal dirinya sendiri sudah sangat miskin ilmu. Dan ini adalah salah satu bentuk peribahasa sendirian yang paling banyak digunakan.

Besar Pasak Daripada Tiang

Besar Pasak Daripada Tiang

Besar pasak daripada tiang sendiri memiliki makna orang yang tidak memiliki kemampuan dalam mengontrol keuangan mereka. Dengan kata lain, mereka lebih banyak mengeluarkan uang dan pemasukan yang dimilikinya padahal tidak sesuai. Peribahasa satu ini memang sangat erat kaitannya dengan kehidupan dan sangat berhubungan dengan finansial dari seseorang.

Ada udang di bali batu

Ada udang di bali batu

Peribahasa ini memiliki makna ada seseorang yang melakukan satu hal dengan niatan terselubung. Namun peribahasa ini lebih mengarah ke negatif. Dan biasanya sangat berhubungan dengan kondisi seseorang yang ingin menolong namun mereka belum tentu ikhlas dalam membantu, namun memiliki niatan buruk di dalam hatinya atau bahkan meminta imbalan ketika mereka melakukan kebaikan. Dan peribahasa ini biasanya mengajarkan dan mengingatkan kita untuk selalu ikhlas saat akan membantu orang.

Jauh di Mata Dekat di Hati

Jauh di Mata Dekat di Hati

Contoh peribahasa dan maknanya ini sebenarnya salah satu peribahasa yang mengacu pada perasaan. Dimana ini biasanya ditujukan pada pasangan yang mengalami hubungan jarak jauh atau LDR. Peribahasa ini memiliki makna walaupun memiliki jarak dan waktu yang sudah memisahkan seseorang namun mereka tetap merasa dekat karena mereka selalu merasa ada dalam pikiran dan hati yang memang saling berpaut. Dan peribahasa ini memang sangat terkenal. Bahkan ada banyak musisi Indonesia yang memasukkannya dalam sebuah lirik lagu.

Sepandai-pandainya Tupai Melompat, Sekali Waktu Jatuh Juga

Sepandai-pandainya Tupai Melompat, Sekali Waktu Jatuh Juga

Peribahasa satu ini sendiri sebenarnya memiliki makna yang sangat dalam. Contoh peribahasa dan maknanya memiliki artinya di dunia yang luas ini tidak ada yang sempurna dan manusia tentu saja tidak pernah luput dari kesalahan. Dan peribahasa ini sendiri sebenarnya adalah salah satu bentuk ungkapan yang merendah untuk manusia yang sangat sering kali melakukan kesalahan. Apapun status sosialnya, kaya, miskin, dan bagaimanapun dirinya tentu saja memiliki kesalahan.

5+ Contoh Peribahasa dan Maknanya Dalam Bahasa Indonesia Paling Populer Sepanjang Masa

Tinggalkan komentar