Contoh Pidato Persuasif Tentang Menghargai Orang Lain yang Baik dan Benar

contoh pidato persuasif tentang menghargai orang lain – Pidato adalah salah satu bentuk kegiatan komunikasi yang mana prosesnya dilakukan oleh orang banyak. Seseorang yang menjadi pembicara melakukan kegiatan pidato tentu saja memiliki tujuan. Salah satunya aadlah untuk meyakinkan atau membujuk pendengarnya sehingga bisa melakukan apa yang disampikan. Pidato yang memiliki tujuan ini dikatakan sebagai jenis pidato persuasif.

Pidato Persuasif adalah pidato yang memiliki tujuan utamanya untuk mengajak, membujuk, meyakinkan dan mempengaruhi orang lain. Agar bisa berpidato dengan persuasif maka sebenarnya ada banyak hal yang harus diperhatikan dan harus dipersiapkan. Salah satunya adalah cara bagaimana untuk menyampaikan pidato persuasif itu sendiri.

Secara umum ketika anda akan menyampaikan contoh pidato persuasif maka ada dua cara yang bisa anda lakukan diantaranya adalah:

Contoh Pidato Persuasif Tentang Menghargai Orang Lain “Cara Memberikan Persuasi Audiens”

Contoh Pidato Persuasif Tentang Menghargai Orang Lain "Cara Memberikan Persuasi Audiens"

Memberikan Persuasi adalah cara yang dilakukan untuk membujuk atau meyakinkan audience untuk lebih percaya dengan apa yang disampaikan. Dan secara umum sebenarnya ada 3 pendekatan yang bisa dilakukan untuk melakukan persuasi pada pendengar, diantaranya:

  • Pendekatan Etika: Pendekatan dalam melakukan pidato persuasi ini menggunakan nilai moral atau menyajikan hal yang benar dan salah dalam penyampaiannya
  • Pendekatan Emosional: Pendekatan ini biasanya menggunakan perasaan pendengar untuk membuat mereka menjadi terharu, semangat dan tergugah misalnya dengan contoh pidato persuasif tentang menghargai orang lain.
  • Pendekatan Logika: Untuk pidato persuasif ini dibuat dengan lebih masuk akal dan harus didasarkan dengan hal yang berdasarkan sumber informasi yang terpercaya dan harus berdasarkan dengan fakta.

Metode Dalam Penyampaian Pidato Persuasif

Metode Dalam Penyampaian Pidato Persuasif

Selanjutnya adalah metode dalam penyampaian pidato yang terdiri dari empat metode diantaranya adalah:

  • Metode Impromptu: Pengerjaan pidato persuasif yang dilakukan secara tiba – tiba tanpa adanya persiapan. Isi pidato biasanya disesuaikan dengan situasi di lapangan.
  • Metode Ekstemporan: Ini adalah pengerjaan pidato yang dilakukan tanpa menggunakan naskah pidato, namun pembicara pidato masih memiliki waktu untuk membuat kerangka isi dari pidato.
  • Metode membaca naskah: nah ini adalah salah satu pengerjaan pidato yang dilakukan dengan membawa teks untuk pidato mereka dan membacanya pada acara.
  • Metode Menghafal: ini adalah salah satu metode dalam menyampaikan pidato persuasif yang bisa dilakukan dengan menghafal terlebih dahulu teks yang sudah disampaikan.

Jika anda berencana akan menyampaikan contoh pidato persuasif tentang menghargai orang lain maka menggunakan metode ke 2 dan 4 paling relevan yang bisa dilakukan. Karena metode ini digunakan dengan tujuan untuk mengajak orang lain saling menghargai. Jika dilakukan dengan penyampaian yang terstruktur dan sudah direncanakan namun terlihat lebih natural efek dari apa yang disampaikan oleh pembicara akan langsung kena secara emosional pada para pendengar.

Contoh Pidato Persuasif Tentang Menghargai Orang Lain yang Baik dan Benar

Tinggalkan komentar