Contoh Pidato Persuasif Tentang Menghormati Orang Tua

Contoh Pidato Persuasif Tentang Menghormati Orang Tua

contoh pidato persuasif tentang menghormati orang tua – contoh pidato persuasif tentang menghormati orang tua- Pidato persuasif adalah salah satu jenis pidato yang memiliki tujuan untuk meyakinkan atau untuk mempengaruhi pendengarnya dan dengan tujuan untuk mengajak pendengarnya melakukan sesuatu sesuai dengan apa yang ada dalam isi pidatonya.

Agar pendengar anda ingin melakukan apa yang ada dalam isi pidato yang disampaikan, maka penting untuk membuat contoh pidato persuasif yang bisa memberikan argumen yang logis dan bisa dipertanggungjawabkan nantinya. Nah sebelum akan membuat pidato persuasif sebenarnya ada beberapa hal yang harus anda pahami. Salah satunya adalah struktur dalam pidato persuasif dan cara membuat kerangka pidato persuasif.

Struktur Pidato Persuasif

Struktur Pidato Persuasif

Di dalam sebuah pidato persuasif sebenarnya ada beberapa struktur pidato yang harus dilakukan. Untuk strukturnya sendiri sebenarnya sama dengan jenis pidato lainnya. Berikut adalah beberapa struktur pidato persuasif diantaranya adalah :

  • Salam pembukaan : Ini adalah salah satu bagian awal yang ada di pidato, biasanya isi dari salam pembuka adalah salam dan kata – kata sambutan.
  • Pendahuluan : Bagian ini berisikan tentang gambaran secara umum dari maksud anda mengungkapkan pidato persuasif anda secara keseluruhan. Tujuannya adalah untuk menarik perhatian pendengar anda sebelum masuk ke isi pidato.
  • Isi : Untuk isi adalah bagian dari inti pidato yang biasanya akan berisikan maksud, tujuan rencana dan segala hal yang akan disampaikan kepada pendengar anda. Misalnya adalah anda ingin menyampaikan contoh pidato persuasif tentang menghormati orang tua maka usahakan isinya dibuat semenarik mungkin
  • Penutup: Ini adalah bagian dari akhir pidato yang berisikan kesimpulan dan harapan dari isi pidato yang sudah disampaikan sebelumnya.

Contoh Pidato Persuasif Tentang Menghormati Orang Tua “Cara Membuat Pidato Persuasif”

Contoh Pidato Persuasif Tentang Menghormati Orang Tua "Cara Membuat Pidato Persuasif"

Setelah anda memahami seperti apa struktur dari pidato persuasif. Saat anda akan membuat pidato sebenarnya ada beberapa hal yang harus anda pahami. Untuk itu, berikut adalah beberapa cara membuat pidato persuasif yang sukses untuk pendengar anda.

  • Tentukan topik : Anda harus menentukan topik yang akan disampaikan. Ada baiknya untuk melakukan riset tentang topik yang akan disampikan. Pastikan saat akan membuat pidato persuasif anda menggunakan referensi yang memang berasal dari sumber yang terpercaya.
  • Tujuan Pidato Persuasif : Pastikan jika pidato yang akan anda buat setidaknya harus merefleksikan apa yang anda harapkan dari para pendengar anda. Dengan mengetahui apa yang menjadi tujuan dari isi pidato anda, maka anda bisa memastikan jika isinya akan sesuai dengan apa yang diharapkan.
  • Memahami Pendengar: Satu hal yang paling penting pada saat akan membuat pidato adalah dengan memahami para pendengar anda. Pastikan anda mengetahui siapa pendengar anda, bagaimana latar belakang mereka, berapa usianya dll. Dengan cara ini, maka anda bisa membuat pidato persuasif yang bisa lebih mudah dipahami oleh pendengar anda.
  • Kembangkan naskah pidato : Ketika anda akan membuat contoh pidato persuasif tentang menghormati orang tua anda bisa mengembangkan naskahnya sesuai dengan struktur dari pidato persuasif dan pastikan anda membuat point pentingnya.

Contoh Pidato Persuasif Tentang Menghormati Orang Tua

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *