3+ Contoh Pidato Persuasif (Pengertian, Struktur dan Cara Membuat)

Contoh Pidato Persuasif – Sudah tahu apa saja contoh pidato persuasif? Pidato sendiri merupakan salah satu kegiatan berbicara di depan umum dimana digunakan buat menyampaikan pesan ataupun orasi tertentu buat menyampaikan pendapatnya ataupun digunakan untuk memberikan penjelasan mengenai hal yang dianggap penting.

Pada umumnya, pidato tersebut bisa dilakukan oleh  pemimpin, pemuka agama, humas, presiden ataupun orang-orang yang memiliki kemampuan komunikasi yang bagus. Dari sekian banyaknya pidato yang disampaikan, pidato persuasif menjadi salah satu jenis pidato yang paling banyak disampaikan seperti contoh pidato persuasif anti kekerasan anti tawuran hingga contoh pidato persuasif ajakan untuk menjaga kebersihan dan masih banyak lagi.

Apa itu pengertian pidato persuasif? 

Apa itu pengertian pidato persuasif

Pidato persuasif sendiri merupakan salah satu jenis pidato dimana memiliki isi dengan sifat mempengaruhi, mengajak ataupun membujuk para pendengarnya agar bisa yakin dan maupun bertindak sesuai dengan tujuan yang disampaikan oleh pengisi pidato tersebut.

Adapun isi yang disampaikan dalam pidato tersebut biasanya harus berdasarkan dengan argumentasi yang logis, masuk akal hingga dapat dipertanggungjawabkan. Adapun sifat ajakan atau himbauan tersebut agar masyarakat mau melakukan hal yang dianggap penting serta memberikan banyak manfaat bersama.

Pidato ini menjadi salah satu cara cukup efektif buat menggerakkan masyarakat atau para pendengarnya agar  mampu melakukan hal baik. Contoh pidato persuasif tentang menghormati orang tua menjadi salah satu pidato untuk mengajak pada kebaikan.

Agar lebih mudah buat diterima oleh masyarakat luas, biasanya di dalam pidato itupun diselipkan dengan lelucon. Dengan begini maka para audien tidak akan merasa bosan untuk mendengarkan pidato persuasif tersebut  hingga pesan yang disampaikan dimengerti.

Ciri-ciri pidato persuasif 

Ciri-ciri pidato persuasif 

Untuk membedakan pidato persuasif dengan jenis pidato lainnya, maka bisa dilihat berdasarkan dengan ciri-cirinya. Ini juga akan membantu anda untuk membuat pidato seperti contoh pidato persuasif agama. Ciri-ciri tersebut diantaranya adalah

  1. Memiliki permasalahan pokok yang mempunyai kriteria dari yang disampaikan dan mempunyai pesan utama dalam pidato agar para audiens yang mendengarkan mau melakukan maupun menerima apa yang sudah disampaikan oleh pengisi pidato
  2. Merupakan sarana untuk membujuk sekaligus untuk memberikan nasihat kepada para pendengarnya.
  3. Memiliki hubungan cukup baik  dimana juga terdapat kriteria agar pendengar ingin atau bersedia mendengarkan pidato tersebut. merasakan nyaman walaupun pidato dalam waktu singkat maupun panjang.
  4. Memiliki ciri khas agar bisa melakukan sesuatu dengan keakraban maupun kedekatan yang diciptakan.

Unsur dalam pidato persuasif 

Unsur dalam pidato persuasif 

Sama seperti dengan jenis pidato lainnya, di dalam pidato inipun ternyata juga terdapat sejumlah unsur didalamnya. Adapun unsur-unsur tersebut diantaranya adalah

  1. Salam pembukaan 

Dimana berisi salam pembukaan untuk memulai pidato. Hendaknya salam pembuka tersebut harus mencakup semua aspek keyakinan sehingga tidak akan menimbulkan adanya kesalahpahaman

  1. Pendahuluan 

Selanjutnya terdapat pendahuluan dimana digunakan untuk menyampaikan hal-hal yang mencakup isi pidato secara singkat. Bisa dibilang ini merupakan tahap untuk memberikan gambaran seperti apakah isi yang akan disampaikan tersebut secara singkat.

  1. Isi pidato 

Merupakan bagian yang cukup penting. karena pada tahap inilah, pengisi pidato akan menyampaikan maksud dan tujuan kepada para pendengarnya. Dalam pidato persuasif, ternyata terdapat beberapa struktur isi seperti pernyataan posisi, tahap argument hingga penguatan pernyataan  posisi.

  1. Penutup 

  2. Ini merupakan bagian untuk menyampaikan semua kesimpulan dari isi pidato yang telah diberikan tersebut dan juga berisi permohonan maaf serta ucapan terima kasih. Tidak lupa juga dilengkapi dengan adanya salam penutup. Ada banyak contoh menyimpulkan isi pidato persuasif  yang bisa anda temukan di internet.

Struktur isi pidato persuasif

Struktur isi pidato persuasif

Isi pidato ini merupakan pokok pikiran dimana disertai dengan alasan yang logis, meyakinkan dan didukung dengan sejumlah data yang valid. Selain itu, juga disusun secara logis dan menggunakan sumber terpercaya. Berikut ini contoh struktur isi pidato persuasif tersebut.

  1. Pernyataan posisi 

Ini merupakan pendapat atau pendirian dimana digunakan oleh penulis buat mengulas suatu persoalan. Sebagai contohnya apa posisi pelaku pengisi pidato terhadap suatu persoalan yang sedang dibicarakan. Apakah menjadi korban, ahli ataupun hanya seseorang yang peduli terhadap persoalan tersebut.

Dalam membuat pernyataan posisi yang kuat maka terdapat beberapa pertanyaan yang bisa ditanyakan seperti siapa yang akan diyakinkan? Hal apa yang akan diyakinkan? Jenis argumen atau pendapat seperti apakah yang akan menarik perhatian mereka.

  1. Tahan argument 

Struktur isi berikutnya adalah tahap argument dimana dibuat untuk menerangkan secara logis dan dibuktikan dengan alasan, bukti pakar, contoh serta data statistic yang kuat. Dengan begini maka pihak pendengar bisa langsung mempercayainya.

  1. Penguatan pernyataan posisi 

Pada bagian inilah, letak dari argument ditonjolkan. Simpulan posisi yang didasarkan oleh argument sudah disajikan. Tujuannya adalah untuk memperkuat posisi. Adapun tahap-tahap untuk melakukannya yakni:

  1. Dengan memperkuat pernyataan posisi serta memberikan penekanan pada pikiran utama dengan penggunaan suara, nada tinggi rendah, bahasa tubuh hingga gesture sesuai argument
  2. Argument dikembangkan dengan logis dan didukung dengan bukti-bukti kuat
  3. Tabel, diagram, gambar ataupun foto menjadi bukti dari data sumber yang nantinya bisa digunakan buat menghasilkan pernyataan yang lebih kuat.

Contoh pidato persuasif 

Contoh pidato persuasif 

Terdapat banyak contoh pidato persuasif yang bisa anda temukan di internet mulai dari topic yang ringan hingga sedikit berat. Adapun beberapa contoh pidato persuasif yang bisa dijadikan sebagai bahan referensi diantaranya adalah sebagai berikut.

  1. pidato persuasif tentang belajar online 

pidato persuasif tentang belajar online 

pertama terdapat contoh pidato persuasif tentang belajar online. Dimana isi dari pidato ini bisa berupa ajakan untuk bisa lebih rajin dalam belajar online walaupun di tengah-tengah pandemi seperti sekarang. Biasanya juga pengisi pidato akan menyampaikan apa sajakah manfaat dengan melakukannya.

  1. Pidato persuasif tentang menghargai orang lain 

Pidato persuasif tentang menghargai orang lain 

Berikutnya terdapat Contoh pidato persuasif tentang menghargai orang lain yang bisa anda jadikan sebagai inspirasi. Adapun isi video satu ini bisa berupa ajakan untuk selalu menghargai orang lain dari berbagai kalangan. Sebab dengan menghargai orang lain maka terdapat banyak manfaat.

  1. Pidato persuasif tentang pendidikan 

Pidato persuasif tentang pendidikan 

Pendidikan menjadi salah satu  hal yang sangat penting dan tidak akan pernah ada habisnya untuk dibahas. Itulah mengapa contoh pidato persuasif tentang pendidikan selalu banyak dicari oleh masyarakat.

Adapun keberadaan pidato persuasif inipun ternyata juga memiliki beberapa tujuan seperti memberikan keyakinan kepada pendengar atau audiens buat melakukan sesuatu. Sebagai contohnya adalah untuk saling menghormati orang lain. bisa disimpulkan apabila tujuannya adalah untuk mengajak melakukan hal-hal yang baik.

Pidato menjadi salah satu cara yang dilakukan untuk menyampaikan sebuah pendapat. Dari sekian banyaknya pidato, pidato persuasif menjadi salah satu pidato paling banyak dilakukan. Sebab, keberadaan pidato tersebut memberikan banyak manfaat bagi para pembacanya. Sudah tahu contoh pidato persuasif

3+ Contoh Pidato Persuasif (Pengertian, Struktur dan Cara Membuat)

7 pemikiran pada “3+ Contoh Pidato Persuasif (Pengertian, Struktur dan Cara Membuat)”

Tinggalkan komentar