5+ Contoh Resume Buku, Jurnal, dan Laporan

Contoh Resume – Resume merupakan kegiatan meringkas sebuah teks untuk menjelaskan sesuatu secara lebih padat namun tetap bisa dipahami. Nah berikut ini ada beberapa contoh resume terbaik meliputi jurnal, melamar pekerjaan, buku, kegiatan hingga makalah. Pahami dengan baik agar Anda bisa membuatnya secara mandiri.

5 Contoh Resume Terbaik untuk Berbagai Keperluan

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan ketika meresume adalah membaca dengan seksama sumber bacaan, mencermati isinya, memahami kemudian mencatat poin-poin penting yang ada. Setelah itu, baru bisa ditulis secara ringkas sesuai dengan ide pokok yang telah ditemukan. Berikut ini beberapa contoh resume terbaik:

1. Contoh Resume Terbaik Jurnal

Contoh Resume Terbaik Jurnal

Judul jurnal: Pengetahuan, Aktivitas dan Sikap Remaja SMA terkait Kesehatan Reproduksi di Kecamatan Kaliwungu Sumbermulyo”.

Jurnal ini menjelaskan tentang kenaikan jumlah penderita penyakit menular yang lebih spesifiknya yaitu HIV/AIDS di kalangan remaja. Kenaikan ini berjalan beriringan dengan meningkatnya penyakit Infeksi Menular Seksual (IMS). Jumlahnya diperkirakan lebih banyak dibandingkan penderita usia dewasa.

Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana para remaja Kecamatan Kaliwungu SUmbermulyo memahami kesehatan reproduksi. Jurnal ini juga ditujukan untuk menemukan hubungan antara aktivitas apa saja yang dilakukan oleh para remaja dengan pentingnya menjaga kesehatan reproduksi. Penelitian dilakukan pada siswa jenjang SMA.

Temuan dalam jurnal ini diharapkan mampu memberikan gambaran kepada pemerintah tentang pentingnya pelayanan kesehatan reproduksi pada remaja, khususnya SMA dengan metode penelitian yang digunakan adalah analitik observasional potong lintang. Pendekatan metode ini mempelajari dan mengamati hubungan sebuah penyakit dengan faktor suatu peristiwa. Adapun remaja yang terpilih menjadi responden atau informan di Kecamatan Kaliwungu Sumbermulyo adalah 3675 siswa.

Pengambilan sampling dilakukan dengan teknik random sehingga hasil akhir yang didapatkan adalah 326 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwasanya responden dengan tingkat pengetahuan yang baik tentang kespro adalah yang sudah berumur 18 tahun. Adapun 95% nya adalah berjenis kelamin remaja wanita.

Hasil penelitian terkait aktivitas kesehatan reproduksi yang didapat dari 214 responden adalah melakukan kegiatan positif, sedangkan sisanya negative. Wawancara dilakukan dengan pekerja di bidang kesehatan dan hasilnya jumlah pasien remaja yang menderita IMS mencapai 50%.

Jumlah tersebut ternyata menempati peringkat pertama IMS yang terjadi di Puskesmas Kaliwungu SUmbermulyo. IMS disebabkan karena terjadinya pergaulan bebas antar remaja, edukasi sosial seks belum dipahami secara lebih menyeluruh. Berdasarkan pemaparan diatas, hasil penelitian diperoleh bahwa terdapat hubungan antara pengetahuan yang baik dengan Sikap dan aktivitas yang baik pula. Responden dengan pengetahuan yang terbatas, maka Sikap dan aktivitasnya juga buruk.

2. Contoh Resume Terbaik untuk Kerja

Contoh Resume Terbaik untuk Kerja

Identitas Diri:

Nama                                          : Magika Muhammad Shodiq

Tempat, Tanggal Lahir               : Surabaya, 10 November 1996

Alamat                                        : Jalan Gubernur Suryo No 89 Surabaya Timur

Telepon                                      : 0876378657356

Email                                          : [email protected]

Pendidikan:

          S1 Jurusan Sosiologi Universitas Brawijaya Tahun 2015 – 2019, IPK, 3,80.

          S2 jurusan Sosiologi Pembangunan Universitas Gadjah Mada Tahun 2019-2021, IPK 3.75

Keterampilan:

          TOEFL 650

          Mampu mengoperasikan rangkaian Microsoft office dengan sangat baik, dibuktikan dengan sertifikasi keahlian.

          Mampu berbicara Bahasa Inggris secara aktif, Bahasa Indonesia dan Bahasa Jepang.

Pengalaman Kerja:

          Staf Bidang Pembangunan Masyarakat LSM Maju Jaya Abadi tahun 2019.

          Staf Bidang Pemberdayaan Masyarakat Kementerian Sosial tahun 2020.

          Staf Kesehatan Masyarakat Kementerian Sosial Tahun 2021.

3. Contoh Resume Terbaik Buku

Contoh Resume Terbaik Buku

Salah satu buku yang belakangan ini sedang trending berjudul “Sifat Koligatif Larutan” karya Dr. Amgia Umar Saudia Hana dan Saufika Harfiah. Buku tersebut diterbitkan oleh Klimedia Press Kota Bandung pada tahun 2017 yang berisikan tentang dunia sains dengan total 75 halaman, 4 bab. Dalam buku ini banyak dibicarakan tentang segala hal yang berkaitan dengan sains mulai dari seputar larutan, sifat fisis di dalamnya dan masih banyak lagi yang lainnya.

Bagian pertama pada buku ini mendefinisikan tentang larutan sebagai campuran dua zat atau lebih yang mana di dalamnya terdapat pelarut dan zat terlarut. Zat pelarut jumlahnya lebih banyak dibandingkan zat terlarut. Zat pelarut tersebut bisa berupa air atau aquades. Zat terlarut umumnya seperti gula, garam dapur dan lain sebagainya.

Buku tersebut juga menjelaskan tentang jenis larutan yang terbagi menjadi dua kelompok. Pertama yaitu larutan elektrolit dan kedua non elektrolit. Larutan elektrolit terbagi lagi menjadi dua yaitu kuat dan lemah. Larutan tersebut mampu membuat dan menghantarkan listrik. Larutan non elektrolit kebalikan dari elektrolit yaitu tidak bisa menghantarkan listrik. Contohnya adalah gula, HCL dan lainnya.

Selain jenis dan definisinya, sesuai judul buku ini juga membahas tentang sifat koligatif larutan yang mana sifat ini hanya bergantung pada tingkat konsentrasi molekul zat terlarutnya saja. Tipenya dibagi menjadi empat yaitu kenaikan titik didih, penurunan titik beku, penurunan tekanan uap, tekanan osmotic atau osmosis. Tidak hanya itu juga bergantung pada konsentrasi molekul zat terlarut. Dapat ditarik kesimpulan bahwa larutan elektrolit dan non elektrolit mempunyai dua sifat yang berbeda.

4. Contoh Resume Terbaik Kegiatan

Contoh Resume Terbaik Kegiatan

Salah satu kegiatan yang rutin diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Sosiologi Universitas Brawijaya adalah kegiatan Sociology Together yang bertempat di Coban Talun Malang. Kegiatan ini bertujuan untuk menyambut mahasiswa baru Jurusan Sosiologi agar lebih mengenal teman seangkatan maupun di atasnya. Selain itu juga mempererat tali persaudaraan yang terjalin antar sesama mahasiswa Jurusan Sosiologi Universitas Brawijaya baik yang lama maupun baru.

Acara Sociology Together ini dilaksanakan selama 3 hari 2 malam mulai dari hari Jum’at tanggal 7 November hingga Minggu 9 November 2021. Pelaksanaannya terletak di Desa Talun Kecamatan Batu Kota Batu. Dalam kegiatan ini total peserta yang ikut adalah 500 orang dengan rincian 450 peserta dan 50 panitia. Pengisi materi berjumlah 4 orang yang merupakan staf pengajar Jurusan Sosiologi di Universitas Brawijaya dan 3 orang lainnya pemateri yang relefan dengan topic yang diangkat. Pihak luar yang terlibat adalah TIM SAR Wisata Coban Talun dan masyarakat umum sekitar.

Pada hari Jumat pagi, sekitar pukul 07.00 mahasiswa baru beserta panitia sudah bersiap dan berkumpul di lapangan. Keberangkatan menggunakan akomodasi berupa truk yang sudah disewa oleh panitia menuju ke lokasi acara. Setelah sampai di tujuan, seluruh peserta diminta untuk antri dan melakukan check in serta pengumpulan barang-barang yang dibawa kepada kakak Pembina masing-masing kelompok untuk dicek kembali dan memastikan keamanannya. Selama kegiatan ada beberapa peraturan yang harus ditaati oleh mahasiswa. Pertama dilarang bermain handphone selama kegiatan. Kedua dilarang untuk berjalan atau pergi ke suatu tempat sendirian. Ketiga melaksanakan kegiatan lain di luar jadwal yang telah ditentukan.

Kegiatan hari Jumat dibuka oleh perwakilan dari pengajar (dosen), ketua panitia dan perkenalan masing-masing panitia beserta tupoksinya. Lanjut dengan permainan kelompok, diskusi umum dan pertunjukan seni yang berakhir pada pukul 22.00. Panitia berada di tenda khusus yang telah disediakan untuk memudahkan koordinasi.

Hari kedua yaitu Sabtu tanggal 8 Nopember 2021 diisi dengan jelajah alam, permainan kelompok dan serangkaian tugas yang diberikan oleh panitia seksi acara. Dilanjutkan malamnya dengan materi dari alumni dan malam keakraban. Kegiatan diakhiri pada hari Minggu tanggal 9 Nopember 2021 dengan membereskan seluruh peralatan kegiatan tanpa menyisakan sampah satupun kemudian semua peserta dan panitia kembali ke kos masing-masing pada pukul 12.00 siang.

5. Contoh Resume Terbaik Makalah

Contoh Resume Terbaik Makalah

Makalah yang berjudul “Sejarah Kebudayaan Islam” berbicara tentang kisah bagaimana masa kenabian sekaligus setelahnya. Dalam makalah ini banyak mengulas tentang kebudayaan yang berhasil tumbuh di masa kepemimpinan Nabi Muhammad SAW dan para sahabat (khilafah). Bahasan utamanya yaitu kebudayaan semenjak turunnya Al Qur’an di Makkah pertama kali. Makalah ini juga membahas beberapa prioritas dakwah yang dilakukan oleh Rasulullah SAW.

Beberapa penjelasan prioritas tersebut antara lain adalah hak yang sama antara bangsawan dan rakyat biasa, larangan taqlid orang tua dan larangan membuat patung. Singkatnya  makalah ini juga berbicara tentang langkah yang dilakukan Nabi Muhammad untuk membangun kebudayaan Islam, diantaranya adalah. Pertama mendirikan masjid Quba di daerah Quba sekitar Madinah. Kedua mempersaudarakan dan menjalin hubungan yang baik antara kaum muhajirin dan kaum anshar. Ketiga membentuk dasar tatanan baru masyarakat yang lebih harmonis di Kota Madinah.

Setelah masa kenabian berakhir yang ditandai dengan wafatnya Baginda Nabi Muhammad SAW maka tongkat kepemimpinan diberikan kepada Abu Bakar Ash Shiddiq. Beliau memerintah selama kurang lebih 2 tahun kemudian digantikan oleh Umar Bin Khattab yang berjalan selama 10 tahun. Pada masa Umar, umat Islam mengalami kejayaan diantaranya adalah dibangunnnya pengadilan, terbentuknya sistem administrasi Negara dan ditambahkannya shalat tarawih pada Bulan ramadhan. Sayangnya Khalifah Umar wafat akibat dibunuh oleh Budak Abu Lu’Lu’ah.

Khalifah berikutnya adalah Utsman Bin Affan, yang menjabat selama kurang lebih 12 tahun. Tidak kalah dengan Khalifah Umar, Utsman juga membawa banyak perubahan yaitu pembangunan masjid, penulisan Al Qur’an, pembangunan sarana dan prasarana serta masih banyak lagi yang lainnya. Sayangnya, kemajuan ini diiringi oleh hal negatif yaitu adanya nepotisme di kalangan pemerintahan. Terakhir tongkat kepemimpinan umat islam dipegang oleh Ali Bin Abi Thalib  yang mengalami banyak konflik diantaranya adalah ekonomi, sosial dan politik.

Terjadinya perpecahan golongan pada masa Khalifah Ali juga terjadi. Ada yang masih setia dengan Ali dan ada yang tidak. Demikian pembahasan dari makalah ini, kesimpulannya baik di masa kenabian maupun setelahnya, kebudayaan masyarakat Islam terus berkembang dengan segala kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Sebagai umat manusia dan umat Nabi Muhammad SAW harus mengambil sisi positif dan membuang sisi negatifnya agar tercipta baldatun thoyyibatun wa robbun ghofur.

Jadi itu dia beberapa contoh resume untuk berbagai keperluan, baik itu jurnal, pekerjaan, buku, makalah dan lain sebagainya. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam meresume adalah Anda harus mengetahui artinya apa terlebih dahulu kemudian menulisnya ke bahasa sendiri agar lebih mudah dipahami.

Bagaimana apakah Anda sudah memahami contoh resume terbaik di atas? Jangan lupa untuk mengatur kalimat sebaik mungkin agar tugas menjadi perfect. Tuliskan identitas buku, jurnal atau apapun yang akan di resume pada awal paragraf. 

5+ Contoh Resume Buku, Jurnal, dan Laporan

Leave a Reply