Contoh Struktur Isi Pidato Persuasif tentang Belajar Efektif Selama Pandemi

contoh struktur isi pidato persuasif – Pidato merupakan sebuah kegiatan yang dilakukan oleh seseorang dengan tema tertentu yang disampaikan secara frontal, resmi dan tertata. Tujuan contoh pidato persuasif adalah memberikan arahan, pengetahuan, serta ajakan hal positif kepada orang lain agar mereka mau minimal mendengarkan hingga melakukan. Sebagai contoh struktur isi pidato persuasif tentang bagaimana belajar efektif selama pandemi.

Pembuka

Pembuka

Selama pandemi belum berakhir, sistem pembelajaran sekolah dilakukan secara online (daring). Banyak siswa yang mengeluhkan tugas banyak dan ketidakpahaman materi pembelajaran karena tidak ada yang memberikan arahan secara jelas dan gamblang.

Meskipun guru telah memberikan banyak materi dan bantuan media agar siswa bisa paham nyatanya tetap saja para siswa tidak paham. Bagaimana menyikapi cara belajar yang efektif agar siswa bisa paham?

Di bawah ini akan dijelaskan singkat.

Isi 

Isi 

Memahami materi pelajaran tidak cukup hanya dengan membuka buku, membaca dan menyalinnya saja tetapi juga butuh ketelatenan pemahaman apa yang diinginkan oleh isi materi tersebut. Guru mencoba memberikan materi dengan catatan fisik dan siswa pun mencoba membaca dengan jangkauan kemampuan yang dimiliki. Dalam hal ini, ada 3 pihak yang harus bekerja sama agar semua berjalan efektif dan sesuai rencana.

Pihak guru, karena daring dilakukan secara online jangan memberikan tugas terlalu banyak dengan materi baru yang belum anak kuasai. Akan lebih efektif jika guru memberikan catatan materi sedikit namun detail dengan contohnya. Sehingga siswa akan mudah membandingkan materi beserta contohnya. Tidak akan efektif jika guru memaksa siswa agar paham dalam waktu singkat. Mereka butuh jeda waktu untuk memahami apa yang guru berikan.

Pihak siswa, atur jadwal belajar seolah-olah sama dengan waktu di sekolah. Misalnya, 2 jam pertama mengerjakan tugas pelajaran matematika, istirahat 30 menit, lanjutkan 2 jam kedua belajar materi lainnya. Dengan demikian, anak akan lebih nyaman dan perlahan paham.

Fakta menunjukkan bahwa 96% orang tua mengeluh karena anaknya bingung dengan tugas yang diberikan oleh guru. Meskipun anak sudah rajin membaca. Selain itu, guru terlalu getol mengejar penyelesaian materi tetapi tidak memperhatikan kualitas belajar anak sehingga muncul sikap cuek “ah yang penting tugas selesai”. Ketika muncul opini semacam itu, maka kualitas belajar hanya sebagai formalitas saja bukan untuk mencerdaskan anak.

Penutup 

Penutup 

Contoh struktur isi pidato persuasif hal ini, marilah kita saling berkoordinasi antara guru, siswa dan orangtua agar tercipta belajar online efektif dan berkualitas. Guru jangan mengejar materi selesai saja tetapi juga wajib memberikan arahan jelas materi agar anak mampu membaca hingga tahap memahami. Orangtua ikut mengawasi jalannya daring kendati banyak pekerjaan rumah yang menanti. Siswa juga diharapkan sadar dan rajin mengulang materi. Dengan demikian, belajar online tidak akan muncul pernyataan “percuma belajar online karena tetap tidak paham”.

Jelas ya, contoh struktur isi pidato persuasif tersebut.

Contoh Struktur Isi Pidato Persuasif tentang Belajar Efektif Selama Pandemi

Tinggalkan komentar