Contoh Surat Penawaran Kerjasama yang Baik dan Benar (Terbaru)

Contoh Surat Penawaran Kerjasama – Dalam dunia bisnis tentu ada banyak hal yang harus Anda ketahui salah satunya penawaran.

Penawaran tentu akan terjadi dan selalu ada baik itu antara pihak satu dengan pihak yang lainnya.

Penawaran yang dimaksud tersebut dapat berupa pula kerjasama ataupun mitra, barang dan juga jasa.

Namun, untuk memperoleh kesepakatan tersebut tentu Anda membutuhkan pula surat penawaran kerjasama, yang mana hal tersebut dilakukan sebagai bukti dari kerjasama tersebut.

Oleh karena itu, jika Anda bingung bagaimana cara membuat surat tersebut maka berikut ini ada beberapa struktur dalam contoh surat penawaran kerjasama resmi yang baik dan juga benar.

Struktur Pembuatan Surat Penawaran Kerjasama

Struktur Pembuatan Surat Penawaran Kerjasama

Contoh surat penawaran tentu hampir sama dengan surat-surat yang lainnya, yang mana terdiri dari beberapa struktur atau bagian dalam pembuatannya, diantaranya seperti ;

  1. Kop surat

Kop surat

Kop surat tersebut memiliki tujuan yaitu untuk memberikan informasi bahwa surat itu memang berasal dari lembaga yang jelas.

Untuk itu, kop surat memang harus menyertakan pula nama perusahaan, alamat perusahaan hingga informasi kontak yang nantinya dapat dihubungi.

  1. Kepala Surat

Kepala Surat

Pada bagian tersebut nantinya dapat menjelaskan pula identitas dari surat tersebut, baik berupa tanggal pembuatan surat, perihal, no. surat, tujuan surat dan juga lampiran.

  1. Pembuka

Pembuka

Setiap surat formal tentunya harus memiliki bagian pembuka, yang mana hal ini bertujuan untuk mengawali maksud dan juga tujuan dari surat tersebut.

Jadi, untuk bagian pembuka nantinya bisa diawali dengan salam, keperluan yang dapat Anda tulis secara singkat hingga apa saja hal yang mau Anda tawarkan kepada si penerima surat tersebut.

  1. Isi Surat

Isi Surat

Pada bagian isi, tentu menjadi hal yang sangat penting sekali terutama dalam contoh surat penawaran kerjasama.

Jadi, pada bagian tersebut nantinya dapat Anda tuliskan secara detail mengenai penawaran yang akan Anda tawarkan kepada penerima surat tersebut.

Mengenai hal ini bisa Anda tuliskan secara rinci tentang jenis penawaran, jumlah penawaran, bagaimana cara pemesanan hingga pembayaran dan juga pengiriman.

Tak hanya itu saja, pada bagian ini Anda juga bisa memberikan penjelasan secara detail tentang produk, barang atau kerjasama yang akan Anda minta kepada klien.

Hal tersebut tertulis dengan tujuan bahwa klien bisa melihat dengan jelas mengenai penawaran tersebut sehingga nantinya tidak akan ada kesalahan terutama dalam transaksi.

  1. Penutup

Penutup

Bagian atau struktur terakhir dalam surat penawaran resmi yang baik dan benar yaitu penutup.

Pada biasanya bagian penutup ini berupa isi kesimpulan dari penawaran yang Anda tawaran kepada klien.

Selain itu, tak jarang pula pada bagian ini banyak orang yang menuliskan harapan ataupun rencana penulis terutama pada saat penawaran telah diterima.

Hal seperti ini yaitu bertujuan dengan maksud yang baik agar si klien bisa dapat yakin dengan penawaran yang Anda ajukan sehingga klien atau penerima surat bisa menerima penawaran tersebut.

Jadi, itulah ada sedikit informasi tentang struktur dalam bagian contoh surat penawaran kerjasama resmi yang baik dan benar. Semoga bermanfaat!

Contoh Surat Penawaran Kerjasama yang Baik dan Benar (Terbaru)

Tinggalkan komentar