Contoh Surat Penawaran dan Cirinya Paling Lengkap

Contoh Surat Penawaran – Pada saat Anda bekerja di perusahaan maka ada kalanya perusahaan tersebut membutuhkan jalinan kerjasama dengan perusahaan lain demi mengembangkan perusahaan. Tentunya saat dua perusahaan yang berbeda saling menjalin kerjasama maka kedua belah pihak harus memikirkan keuntungan yang akan masing-masing pihak dapatkan.

Dengan demikian kedua perusahaan bisa sama-sama saling memberikan keuntungan. Pada saat hendak menjalin kerjasama, maka perusahaan yang menawarkan kerjasama akan membuat sebuah surat penawaran. Ada banyak contoh surat penawaran yang bisa Anda lihat sebagai referensi saat hendak menjalin kerjasama, ada contoh surat penawaran kerjasama, contoh surat penawaran harga, contoh surat penawaran barang dan lain sebagainya.

Dengan adanya surat penawaran itu maka akan lebih mudah lagi dalam menjalin kerjasama. Karena di dalam surat penawaran itu biasanya terdapat informasi detail mengenai perusahaan dan juga berbagai keuntungan yang bisa didapat jika melaksanakan kerjasama tersebut.

Pada dasarnya dengan melakukan kerjasama maka kedua perusahaan bisa mendapatkan kesempatan untuk berkembang dan mendapat pengalaman.

Pengertian Surat Penawaran

Pengertian Surat Penawaran

Agar lebih paham tentang surat penawaran maka tentunya Anda harus mengetahui tentang pengertian surat penawaran itu. Surat penawaran adalah surat yang akan mewakili perusahaan lain dalam menjalin kerjasama dengan pihak lain.

Namun surat penawaran tidak selamanya hanya mewakili perusahaan saja, ada juga surat penawaran yang merupakan surat yang dari perseorangan. Contoh surat penawaran tanah adalah surat penawaran perseorangan yang biasanya ditujukan kepada orang yang tertarik ingin membeli tanah.

Selain pengertiannya, Anda juga baiknya mengetahui apa fungsi dari surat penawaran agar bisa lebih memanfaatkannya untuk kerjasama yang ingin Anda jalin, berikut beberapa fungsi surat penawaran :

Sebagai Cara Memperkenalkan Produk/Jasa

Sebagai Cara Memperkenalkan Produk/Jasa

Tentunya dalam menawarkan sebuah kerjasama ada produk/jasa yang menjadi objek dari kerjasama tersebut.  Maka dari itu dalam surat penawaran yang pastinya ada perkenalan mengenai produk/jasa, dengan adanya surat penawaran kerjasama tersebut maka pihak lain yang tadinya tidak begitu tahu mengenai produk/jasa dari perusahaan Anda, kini menjadi lebih mengenal produk/jasa yang Anda tawarkan.

Alhasil bisa jadi karena surat penawaran itulah produk/jasa Anda semakin terkenal. Agar bisa mengemas surat penawaran yang baik untuk mengenalkan produk / jasa maka Anda bisa menggunakan contoh surat penawaran produk.

Di dalam surat penawaran produk tersebut biasanya terdapat contoh-contoh presentasi produk yang baik yang bisa Anda kembangkan untuk membuat surat penawaran Anda sendiri.

Sebagai Cara Menjalin Kerjasama Dengan Pihak Lain

Sebagai Cara Menjalin Kerjasama Dengan Pihak Lain

Contoh Surat penawaran pekerjaan bisa juga Anda jadikan referensi kala Anda ingin menjalin kerjasama dengan pihak lain. Dengan melihat contoh surat penawaran tersebut maka Anda bisa memiliki gambaran untuk membuat surat penawaran kerjasama yang lebih baik.

Tergantung bagaimana cara Anda mengemas surat penawaran tersebut maka bisa menjadi penentu apakah Anda akan mendapatkan kesempatan untuk bekerja sama atau tidak. Dengan membuat contoh surat penawaran yang kreatif maka tentunya akan membuat pihak lain merasa tertarik untuk bekerja sama.

Sebagai Cara Untuk Promosi

Sebagai Cara Untuk Promosi

Surat penawaran juga bisa berfungsi untuk menjadi cara melakukan promosi. Jika Anda membuat contoh surat penawaran catering makanan, maka orang yang menerima surat penawaran tersebut tentunya akan mendapatkan informasi mengenai catering makanan yang Anda jalankan.

Alhasil pastinya orang yang menerima bisa tertarik jika surat penawaran yang Anda buat memang menarik.

Sebagai Cara Pemasaran Produk/Jasa

Sebagai Cara Pemasaran Produk/Jasa

Dengan membuat sebuah surat penawaran maka tentunya juga akan membantu untuk melakukan pemasaran pada produk/jasa yang ditawarkan. Misalnya Anda membuat contoh surat penawaran jasa service maka secara tidak langsung Anda telah memasarkan jasa service Anda tersebut kepada orang-orang yang menerima surat penawaran tersebut.

Setelah mempelajari tentang fungsi surat penawaran, maka Anda juga membutuhkan informasi mengenai ciri atau karakteristik dari surat penawaran yang diuraikan di bawah ini :

Berbentuk Formal Atau Resmi

Berbentuk Formal Atau Resmi

Biasanya surat penawaran memiliki bentuk yang formal atau resmi, Anda bisa melihat contoh surat penawaran resmi untuk melihat bagaimana struktur dari surat penawaran tersebut.

Dengan demikian Anda bisa mengikuti struktur atau bentuk dari surat penawaran tersebut. Di dalamnya biasanya terdapat kop surat resmi dan urutannya pun sangat teratur serta rapi.

Isinya Terperinci

Isinya Terperinci

Sudah menjadi keharusan jika Anda membuat surat penawaran maka Anda harus membuat isi di dalamnya terperinci berikut dengan penawaran barang/jasa/bisnis dan juga harga penawaran dari kerjasama tersebut.

Misalnya saat Anda menawarkan mobil untuk kebutuhan perusahaan atau yang lainnya maka dalam contoh surat penawaran mobil itu harus terdapat detail mengenai mobil dan harga yang menjadi penawaran.

Namun biasanya saat menawarkan produk/jasa/bisnis harga yang tercantum pada surat penawaran tersebut biasanya masih bisa dinegosiasi agar bisa terjalin kerjasama yang saling menguntungkan dan sesuai dengan keinginan masing-masing pihak.

Hal-Hal Penting Dalam Surat Penawaran

Hal-Hal Penting Dalam Surat Penawaran

Ada beberapa hal penting yang harus Anda perhatikan saat membuat sebuah surat penawaran, agar surat penawaran yang Anda buat bisa tembus dan menghasilkan jalinan kerjasama yang baik antara kedua belah pihak. Berikut beberapa diantaranya :

  1. Nama Produk, Mutu Produk Dan Jumlah Penawaran

Jangan lupa untuk mencantumkan secara detail mengenai nama produk, mutu produk dan jumlah penawaran yang diberikan di dalam surat penawaran. Jangan sampai penerima surat tidak paham mengenai apa yang sebenarnya menjadi penawaran di dalam surat penawaran tersebut. Jelaskan juga mengenai mutu produk yang bisa membuat orang yang mendapat penawaran merasa tertarik dengan penawaran Anda.

  1. Harga Barang/Jasa

Juga sangat penting untuk mencantumkan harga barang/jasa yang ada dalam penawaran tersebut. Pertama, Anda bisa menawarkan harga barang/jasa itu dalam porsi yang kecil dan harga yang murah. Tawarkan juga harga barang/jasa itu dalam porsi yang besar dan harga yang lebih mahal. Dua paket penawaran harus memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing sehingga orang yang mendapatkan penawaran bisa berpikir dengan baik mengenai pertimbangan penawaran harga tersebut.

  1. Penawaran Potongan Harga Dan Cara Pembayaran

Penting juga untuk memberikan potongan harga bagi orang pihak lain. Potongan harga selalu menjadi hal yang menarik bagi semua orang.

Sehingga jika Anda bisa mengemas surat penawaran tersebut termasuk potongan harga di dalamnya pasti pihak yang menerima penawaran akan sangat tertarik.

Namun harus bisa Anda siasati sendiri bagaimana caranya agar dengan adanya potongan harga itu Anda bisa tetap mendapatkan keuntungan dan tidak merugi.

Jangan lupa sertakan metode atau cara pembayaran yang bisa dilakukan oleh pihak lain yang tertarik untuk melakukan kerjasama.

  1. Detail Kontak

Sebaiknya Anda harus mencantumkan detail kontak yang jelas dalam surat penawaran tersebut, berikut alamat perusahaan, email dan nomor telepon yang bisa dihubungi dengan demikian tentunya akan sangat memudahkan bagi pihak yang tertarik untuk melakukan kerjasama dengan Anda.

Anda bisa mengecek detail tersebut pada contoh surat penawaran yang banyak bisa diakses dengan mudah dari berbagai tempat seperti internet.

Contoh Surat Penawaran dan Cirinya Paling Lengkap

Satu pemikiran pada “Contoh Surat Penawaran dan Cirinya Paling Lengkap”

Tinggalkan komentar