10+ Alasan Orang Mengundurkan Diri dan Contoh Surat Pengunduran Diri Yang Baik

Contoh surat pengunduran diri – Ketika Anda sudah tidak merasa nyaman untuk bekerja di perusahaan yang sekarang, ada banyak hal yang tetap perlu dipikirkan terlebih dahulu sebelum mencoba mencari contoh surat pengunduran diri untuk ditulis secara pribadi. Pada dasarnya ada banyak alasan yang menyebabkan seseorang akhirnya menulis surat pengunduran diri.

  1. Sudah mendapat pekerjaan lain

Sudah mendapat pekerjaan lain

Pada saat Anda mendapati kemungkinan pendapatan yang Anda peroleh di perusahaan yang sekarang tidak mampu mencukupi kebutuhan pokok maupun operasional, tentu rasional jika pada akhirnya Anda memilih mencari pekerjaan baru yang memberikan pendapatan lebih layak. Namun demikian, hal tersebut perlu disikapi dengan mengajukan surat pengunduran diri secara baik. Umumnya pada contoh surat pengunduran diri karena pekerjaan lain tidak akan menyebutkan alasan jika Anda mengundurkan diri dari perusahaan yang lama karena sudah diterima di perusahaan lain yang lebih baik. Hal ini untuk menghindarkan Anda dari kesan kesombongan atau kesenjangan yang muncul di pegawai lain. Hanya saja, pada saat Anda memasukkan surat pengunduran diri karena alasan ini, pastikan Anda sudah benar-benar diterima di perusahaan yang baru atau sudah terikat kontrak resmi.

  1. Kondisi fisik yang tidak mendukung

Kondisi fisik yang tidak mendukung

Pada contoh surat pengunduran diri karena kesehatan umumnya perlu disebutkan jika Anda mengalami kondisi sakit yang pada akhirnya tidak memungkinkan Anda untuk pensiun dini atau mengajukan surat pengunduran diri. Alasan sakit yang Anda gunakan perlu diperjelas agar pihak perusahaan bisa mengambil keputusan adil terkait kondisi yang Anda alami. Misalnya saja, Anda mengalami sakit jantung dan tidak memungkinkan melakukan pekerjaan berat pasca pemulihan, maka ada baiknya Anda mengajukan surat pengunduran diri dengan bahasa yang baik dan sopan. Jangan lupa memberikan ucapan terimakasih kepada pihak perusahaan yang telah menerima kinerja Anda selama Anda bergabung di perusahaan tersebut.

  1. Tanggung jawab yang diberikan tidak sesuai dengan perjanjian kerja di awal

Tanggung jawab yang diberikan tidak sesuai dengan perjanjian kerja di awal

Setiap orang pasti pernah menandatangani kontrak kerja yang berisi tugas dan tanggungjawab yang akan dilakukan di sebuah perusahaan. Namun demikian, adakalanya beban kerja yang dilakukan berbeda dengan tanggung jawab yang dibebankan. Hal inilah yang menjadikan seseorang umumnya memutuskan untuk melihat contoh surat pengunduran diri singkat dan jelas terkait alasan yang akan diceritakan. Namun demikian, agar tidak merugikan perusahaan atau membawa pengaruh buruk untuk perusahaan lama, Anda tidak perlu menyebutkan detail alasan pengunduran diri karena kontrak.

  1. Lingkungan kerja negatif

Satu lagi alasan yang sering dikemukakan untuk mengakhiri hubungan kerjasama Anda dengan perusahaan lama adalah lingkungan kerja yang negatif. Ketika Anda mengalami bullying ditempat kerja oleh senior atau teman-teman yang saling menjelekkan satu sama lain di belakang Anda, ada baiknya Anda mengakhiri pekerjaan di tempat tersebut untuk kesehatan mental Anda. Namun demikian, sebelum benar-benar mengajukan surat pengunduran diri setelah mendownload contoh surat pengunduran kerja, pastikan semua hak Anda seperti salary atau surat keterangan kerja terpenuhi dengan baik dari perusahaan. Alasan jelas mengenai lingkungan kerja negatif ini bisa Anda sampaikan kepada pihak HR perusahaan untuk perbaikan manajerial. Namun demikian, apabila Anda tidak ingin menyampaikan alasan pengunduran diri Anda secara terus terang demi menjaga nama baik semua rekan Anda, Anda bisa menyampaikan alasan lain yang lebih masuk akal, seperti alasan keluarga atau wirausaha.

  1. Rencana melanjutkan pendidikan

Ketika Anda termasuk pekerja yang melakukan tugas di sebuah perusahaan sejak lulus SMK atau SMA, Anda bisa mengajukan pengunduran diri kepada pihak perusahaan ketika Anda merasa sudah memiliki tabungan yang cukup untuk melanjutkan rencana pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Apabila Anda melihat contoh surat pengunduran diri dari perusahaan, Anda bisa menyertakan alasan untuk melanjutkan pendidikan pada alasan pengunduran diri. Dengan begitu, kewajiban Anda bisa terpenuhi sampai tanggal akhir bekerja di perusahaan. Anda juga akan mendapatkan hak Anda sesuai dengan kesepakatan dengan pihak perusahaan.

  1. Tidak cocok dengan aturan jam kerja

Selama bekerja, adakalanya Anda akan berpikir ingin mendapatkan pekerjaan yang aturan jam kerjanya sesuai dengan peraturan perundangan ketenagakerjaan yang berlaku. Namun demikian, ketika Anda sudah bekerja di perusahaan retail atau perusahaan skala mikro yang aturan jam kerjanya tidak sesuai dengan aturan pemerintah, Anda perlu berpikir terlebih dahulu apabila Anda ingin mengundurkan diri. Hanya dengan melihat contoh surat pengunduran diri yang ditulis tangan atau diketik tidak akan menjelaskan detail alasan apa yang membulatkan tekad Anda saat mengundurkan diri. Jika pada akhirnya Anda memutuskan mengundurkan diri dari perusahaan tempat Anda bekerja saat ini karena jam kerja, pastikan terlebih dahulu Anda sudah mendapatkan tempat kerja yang lebih layak dan kondusif.

  1. Ingin wirausaha secara mandiri

Contoh surat pengunduran diri jelas dan padat bisa Anda pakai apabila Anda ingin mengundurkan diri dari tempat Anda bekerja sekarang karena ingin melakukan wirausaha secara mandiri. Sebelum keluar, Anda bisa memastikan apakah modal yang Anda siapkan sudah cukup, jenis wirausaha yang ingin dijalankan, hingga kemungkinan biaya operasional untuk wirausaha tersebut selama beberapa bulan kedepan. Jika alasan dan persiapan Anda sudah bulat, Anda bisa menyelesaikan pekerjaan yang dibebankan kepada Anda sebelum berhenti di pekerjaan yang Anda miliki.

  1. Pindah tempat tinggal atau domisili

Selain contoh surat pengunduran diri untuk berwirausaha, setiap orang juga akan mengajukan surat pengunduran diri apabila individu yang bersangkutan ingin pindah lokasi dikarenakan ikut istri, suami, atau alasan lainnya. Apabila Anda juga ingin mengajukan surat pengunduran diri karena akan pindah domisili tempat tinggal, ada baiknya Anda menyampaikan kepada pihak atasan atau HR 2 bulan sebelum hari terakhir Anda kerja, agar semua beban kerja yang Anda kerjakan sebelumnya bisa ditangani oleh orang baru yang menggantikan Anda.

  1. Perubahan jalur karir

Seringkali contoh surat pengunduran diri ke bank atau instansi lain dicari apabila seseorang sangat menginginkan perubahan jalur karir dalam hidupnya. Namun demikian, sebelum ingin melakukan perubahan jalur karir, pastikan perusahaan baru yang menjadi tujuan Anda memiliki jalur karir yang lebih baik dari perusahaan yang lama.

  1. Alasan keluarga

Alasan keluarga 

Pada dasarnya contoh surat pengunduran diri karena keluarga akan dicari ketika seseorang ingin mengundurkan diri karena memberatkan kondisi keluarganya daripada karir yang sedang dijalani. Umumnya hal tersebut hanya akan diajukan ketika karyawan yang bersangkutan ingin memiliki waktu lebih banyak dengan orangtua atau keluarga di sekelilingnya. Jika suatu hari Anda juga ingin mengundurkan diri dari tempat Anda bekerja saat ini karena alasan keluarga, pastikan Anda memiliki tabungan yang cukup hingga alasan yang kuat hanya untuk berdiam dirumah mendampingi keluarga yang ada disekitar Anda. Selain beragam alasan diatas, ketika seseorang bekerja di perusahaan asing, contoh surat pengunduran diri sederhana dalam bahasa Inggris juga akan dicari agar atasan yang mungkin dari luar negeri bisa memahami alasan pengunduran diri yang disampaikan. Namun demikian, apapun contoh surat pengunduran diri yang akan Anda ajukan, pastikan surat pengunduran diri Anda mencantumkan tujuan surat atau atasan penerima surat, kalimat pembuka, tanggal Anda terakhir bekerja di perusahaan, apa yang akan Anda lakukan sampai pengganti Anda didapatkan, dan ucapan penutup.

10+ Alasan Orang Mengundurkan Diri dan Contoh Surat Pengunduran Diri Yang Baik

 

Tinggalkan komentar