40+ Inspirasi Desain Rumah Minimalis Sederhana (Simple Elegant)

Desain Rumah Minimalis Sederhana  – Konsep minimalis mengedepankan fungsi dalam rumah dan hal penting di dalam rumah. Contoh desain rumah minimalis sederhana berikut bisa Anda coba untuk tanah rumah yang tidak begitu luas namun tetap memiliki ruangan yang cukup untuk Anda tinggali agar lebih nyaman.

Permasalahan luas tanah yang sempit tidak akan Anda dapatkan lagi dengan desain-desain yang pas untuk luas tanah rumah Anda. Berikut desain yang bisa Anda pilih saat akan membangung rumah.

1. Rumah Minimalis Sederhana Bentuk Kotak Dua Lantai

 

Desain Rumah Minimalis untuk Daerah Bukit

Rumah minimalis dua lantai bukan tidak mungkin Anda dapatkan. Salah satunya adalah contoh desain rumah minimalis sederhana dua lantai dengan bentuk kotak yang bisa Anda lihat seperti gambar di atas. Tidak membutuhkan tanah yang terlalu luas namun terlihat banyak ruangan di dalam rumah.

2. Desain Rumah Minimalis Sederhana GRC Board

 

Desain Rumah Minimalis Sederhana GRC Board

Desain rumah yang satu ini tidak membutuhkan banyak semen dalam pembuatannya karena sebagian besar bagian dinding rumah menggunakan papan GRC untuk membangunnya. Sederhana namun tetap terlihat nyaman.

3. Rumah Minimalis Memanjang

 

Rumah Minimalis Memanjang

Jika Anda memiliki rumah dengan tanah yang memanjang juga tak ada salahnya untuk mencoba desain rumah memanjang yang satu ini. Memanfaatkan panjang rumah yang lebih untuk membuat banyak ruangan atau sedikit ruangan namun luas.

4. Rumah Minimalis Ukuran 60

 

Rumah Minimalis Ukuran 60

Rumah minimalis ukuran 60 m2 ini bisa Anda coba untuk membuat rumah dengan ruangan yang cukup lebar atau banyak yang disesuaikan dengan ukuran tanah yang tidak terlalu luas.

5. Rumah Minimalis Bentuk Prisma

 

Rumah Minimalis Bentuk Prisma

Bentuk prisma yang satu ini pasti cocok untuk Anda tinggali dengan tanah yang tidak terlalu luas. Bentuk memanjang ke belakang rumah ini bisa Anda coba untuk tanah yang memanjang ke belakang untuk mendapatkan rumah yang memiliki ruangan cukup nyaman.

6. Rumah Minimalis Dua Lantai yang Mewah

 

Rumah Minimalis Dua Lantai yang Mewah

Siapa bilang memiliki rumah minimalis tidak bisa terlihat mewah. Contohnya adalah desain rumah yang satu ini. Meski minimalis namun tetap mewah jika dilihat dari luar dan juga dalamnya.

7. Rumah Kaca yang Terlihat Eksklusif

 

Rumah Kaca yang Terlihat Eksklusif

Memiliki rumah yang terlihat layaknya hotel bukan tidak mungkin Anda dapatkan. Desain rumah kaca tersebut salah satu contoh yang bisa menjadi inspirasi Anda dalam membangun rumah untuk mendapatkan hunian yang terlihat layaknya hotel mahal.

8. Kombinasi Kayu dan Batu Alam

 

Kombinasi Kayu dan Batu Alam

Mendapatkan rumah yang terlihat alami bukan perkara yang sulit. Anda bisa mendapatkannya dengan cara menggabungkan unsur alam seperti batu dan kayu ke dalam rumah Anda agar terlihat lebih teduh dan memberikan hunian yang alami.

9. Penuh dengan Unsur Kayu

 

Penuh dengan Unsur Kayu

Kayu merupakan bahan bangunan yang memberikan kesan teduh serta elegan untuk hunian yang menggunakannya. Salah satu desain yang bisa Anda coba dengan tanah yang tidak terlalu luas bisa Anda lihat pada desain rumah di atas.

Contoh desain rumah kayu minimalis di atas cocok untuk rumah yang ada di tempat dengan suhu dingin. Bangunan memiliki dinding tebal yang bisa menangkap suhu hangat dalam ruangan.

10. Konsep Hitam Putih

 

Konsep Hitam Putih

Warna putih dan hitam memang sudah bukan barang asing lagi dalam konsep pembangunan rumah minimalis. Namun tak ada salahnya bila Anda menggabungkan keduanya dalam satu bangunan yang tampak nyaman di bagian depan.

11. Rumah Prisma Terbuka

 

Rumah Prisma Terbuka

Variasi rumah prisma yang satu ini terlihat unik dan berbeda dari bangunan biasanya. Bagian depan rumah yang sepertinya adalah ruang tamu dibuat tanpa pintu. Namun pada bagian di belakang ruang depan dipisahkan dengan kaca transparan.

12. Rumah Prisma Putih dengan Lantai Bawah

 

Rumah Prisma Putih dengan Lantai Bawah

Tanah yang tidak terlalu luas bukan menjadi penghalang untuk membuat rumah yang luas. Salah satunya dengan memanfaatkan area bawah tanah menjadi suatu ruang yang bisa digunakan untuk memperluas rumah dengan tanah berukuran mini.

13. Rumah Balok Minimalis

 

Rumah Balok Minimalis

Bentuk tanah memanjang memang biasa disiasati dengan membangun rumah yang memanjang. Salah satu rumah memanjang yang bisa Anda coba adalah rumah balok yang satu ini.

14. Rumah Minimalis Tanpa Gerbang

 

Rumah Minimalis Tanpa Gerbang

Menambahkan gerbang pada rumah bisa mempersempit rumah Anda. Untuk itu rekomendasi rumah minimalis tanpa gerbang ini bisa menjadi pilihan untuk Anda.

15. Rumah Kaca Minimalis

 

Rumah Kaca Minimalis

Bentuk rumah minimalis dengan penggunaan kaca memang sudah banyak dilakukan oleh para desainer bangunan. Gambar di atas merupakan salah satu rancangan bangunan untuk rumah minimalis yang menggunakan kaca.

16. Rumah Minimalis Modern

 

Rumah Minimalis Modern

Unsur minimalis tak hanya bisa dibuat di tanah yang sempit, namun bisa juga dibuat di tanah yang luas dengan tetap mengedepankan kesederhanaan dan fungsi utama bagian dalam rumah. Salah satunya ada pada desain di atas yang hanya membuat bagian rumah yang utama dengan tambahan kolam.

17. Rumah Mengambang

 

Rumah Mengambang

Rumah berkonsep minimalis yang unik ini terlihat nyaman untuk ditinggali. Terlebih lagi jika dibangun di atas tanah yang hijau dengan rerumputan.

18. Rumah Bentuk 90

 

Rumah Bentuk 90

Contoh desain rumah minimalis sederhana yang satu ini memiliki bentuk yang tidak biasa, yakni bangunan rumah yang membentuk angka 90 terbalik. Angka 9 ditunjukkan oleh bangunan yang berwarna coklat dan angka 0 ditunjukkan oleh bangunan yang berwarna putih.

19. Bangunan Rumah Minimalis di Area Hutan

 

Bangunan Rumah Minimalis di Area Hutan

Bangunan ini mengambil latar di area dekat hutan yang terlihat sejuk. Bangunan rumah yang ada pada inspirasi rumah minimalis tersebut bisa Anda terapkan untuk dijadikan desain rumah Anda. Tampilan rumah sangat sederhana dan memiliki warna yang tidak terlalu mencolok.

20. Rumah Minimalis yang “Bertumpu”

 

Rumah Minimalis yang “Bertumpu”

Kondisi tanah yang tidak rata memang kadang terjadi pada banyak orang dan menjadi kendala dalam membangun rumah. Namun kini kondisi tersebut bisa diatasi dengan desain rumah yang memiliki tumpuan untuk bisa menopang bagian utama rumah.

Pada desain tersebut bisa kita lihat adanya bagian menyerupai bagian lantai yang menopang sebagian rumah di tanah yang tidak rata.

21. Rumah Minimalis Kayu Triplek

 

Rumah Minimalis Kayu Triplek

Pembangunan rumah menggunakan triplek dan juga kaca menambah nuansa sederhana pada rumah Anda. Namun jangan salah, meskipun menggunakan triplek pada contoh desain rumah minimalis 2 lantai di atas, rumah terlihat bagus dan cocok untuk ditinggali bersama orang-orang terkasih Anda.

Desainnya juga cocok untuk pembangunan rumah di daerah yang masih berupa perhutanan atau di desa-desa dimana belum banyak bangunan rumah yang berdiri di area tersebut.

22. Contoh Desain Rumah Minimalis Sederhana Atap Jajargenjang

 

Contoh Desain Rumah Minimalis Sederhana Atap Jajargenjang

Variasi bentuk rumah bisa dilihat juga dari atapnya. Jika biasanya atap depan rumah berbentuk segitiga atau datar, Anda bisa mengubah bentuk atap menjadi jajargenjang untuk mendapatkan kesan rumah yang berbeda dengan yang lainnya.

23. Rumah Minimalis dengan Garasi Mobil Depan

 

Rumah Minimalis dengan Garasi Mobil Depan

Pintu masuk rumah minimalis pada gambar di atas terdapat di dalam setelah garasi mobil rumah yang cukup lebar. Rumah terlihat rapi dan menghijau karena pemasangan paving yang cocok dengan warna rumah dan juga adanya tanaman-tanaman hijau di sekitarnya yang menambah indah rumah.

24. Ruang Tamu Outdoor

 

Ruang Tamu Outdoor

Desain unik rumah minimalis sederhana ini terletak pada penataan sofa yang ada di luar rumah. Namun bagian ruang tamu ini tetap memiliki atap datar di atasnya layaknya atap teras di depan rumah yang melindungi dari cahaya matahari.

Seperti yang kita lihat bahwa sofa-sofa ditata sedemikian rupa membentuk suatu ruang tamu atau ruang bersantai di area outdoor dan terlihat sangat nyaman karena sembari santai bisa melihat pemandangan luar rumah yang indah.

25. Pintu Masuk Rumah yang Sangat Lebar

 

Pintu Masuk Rumah yang Sangat Lebar

Pintu rumah yang digunakan pada desain rumah ini menggunakan kaca dan ukurannya pun sangat lebar. Saat pertama masuk ke dalam rumah Anda bisa melihat adanya ruang tamu yang sangat luas mengikuti bentuk pintu yang juga sangat lebar.
Bangunan rumah pun sangat sederhana yakni hanya berupa bangunan berbentuk balok dengan pintu besar pada bagian lebar bangunan.

26. Rumah Unik Bentuk “Menyangga”

 

Rumah Unik Bentuk “Menyangga”

Yang pertama kali Anda lihat dari bangunan ini adalah bentuknya yang tidak biasa karena dari seluruh bagian rumah menggunakan kayu dan juga bentuk bangunannya yang unik. Rumah ini terdiri dari dua lantai yang memperlihatkan bagian bawah yang menyangga bagian atas.

Penggunaan kaca di rumah ini pun sangat sedikit serta pintu masuk rumah ini pun sangat kecil. Membangun rumah ini tentu memerlukan pencahayaan yang lebih karena minimnya penggunaan kaca.

27. Jendela Rumah Persegi Panjang

 

Jendela Rumah Persegi Panjang

Jendela pada contoh desain rumah minimalis sederhana yang satu ini berbentuk persegi panjang yang melebar ke samping. Biasanya kita lihat rumah dengan jendela persegi panjang lebih memanjang ke atas, namun pada rumah ini memanjang ke samping.

28. Rumah Siku-Siku

 

Rumah Siku-Siku

Contoh desain rumah minimalis selanjutnya merupakan variasi lain dari rumah bentuk L. Rumah yang membentuk sudut siku-siku ini terlihat sangat sederhana dengan warna dinding yang pucat dan tidak terlalu menambahkan warna-warna cerah.

Perlu diketahui, warna-warna cerah dan berwarna-warni sudah tidak lagi menjadi konsep yang banyak digunakan oleh para desainer rumah modern. Kebanyakan dari mereka lebih merancang bangunan yang mengutamakan bentuk dan sedikit mengabaikan warna.

29. Rumah Bentuk T

 

Rumah Bentuk T

Rumah bentuk T yang mungkin sering Anda lihat biasanya berbentuk T berdiri dengan bangunan bawah yang lebih kecil dari bangunan atas. Namun bentuk T kali ini merupakan variasi lain dari bentuk rumah T.

Bentuk T yang ada di rumah ini memperlihatkan bentuk T yang menempel pada tanah. Jadi, bangunan yang satu menghadap ke samping dan berada di tengah-tengah bangunan yang lainnya, dan bangunan yang lainnya menghadap ke depan.

30. Rumah dengan Pintu Menjorok ke Belakang

 

Rumah dengan Pintu Menjorok ke Belakang

Rumah dengan bagian depan datar mungkin sudah biasa. Variasi baru desain rumah minimalis yang memperlihatkan bagian pintu masuk yang menjorok ke belakang ini patut Anda coba. Jadi Anda akan melihat pada bagian depan ruangan lain dan juga garasi.

Pintu masuk menjorok ke belakang dan berada di bagian dalam bersama dengan garasi mobil. Penggunaan batu alam juga bisa menambah keindahan rumah ini.

31. Kotak dan Tangga Pohon

 

Kotak dan Tangga Pohon

Rumah minimalis berbentuk kotak yang satu ini terlihat sesuai dengan konsep sederhana. Tangga dan teras rumah yang menyerupai sebuah balkon menggunakan kayu yang masih terlihat alami berwarna coklat terang.

32. Desain Rumah Minimalis Garis Horizontal

 

Desain Rumah Minimalis Garis Horizontal

Jika Anda pernah melihat bentuk tirai penutup toko mungkin Anda akan sepakat bahwa desain rumah ini terinspirasi dari itu. Namun siapa sangka, desain rumah minimalis dengan garis horizontal ternyata cocok juga dijadikan desain rumah yang sederhana namun tetap menonjolkan keunikan.

33. Rumah Minimalis Bergaya Modern dengan Garasi Luas

 

Rumah Minimalis Bergaya Modern dengan Garasi Luas

Contoh desain rumah minimalis sederhana selanjutnya bergaya modern dengan penggunaan kaca yang panjang dan juga tirai yang besar untuk menutupi bagian tersebut. Kemudian adanya garasi yang sangat luas memungkinkan Anda untuk bisa menyimpan dua mobil sekaligus.

Meskipun bergaya modern, rumah ini tidak memiliki pintu gerbang atau pagar yang mengelilinginya. Pintu masuk rumah pun hanya berupa satu pintu.

34. Desain Rumah Minimalis Ukuran 45

 

Desain Rumah Minimalis Ukuran 45

Ukuran rumah 45 memang tidak terlalu luas untuk sebuah hunian. Namun akan menjadi sangat berfungsi jika Anda membuat desain bangunan yang cocok dengan ukuran tanah. Desain di atas adalah salah satu contoh yang bisa menggambarkan desain yang cocok dengan rumah 45.

35. Desain Rumah yang Terinspirasi dari Rumah Pohon

 

Desain Rumah yang Terinspirasi dari Rumah Pohon

Rumah minimalis yang satu ini mungkin bisa mengingatkan Anda dengan rumah pohon. Rumah ini dibangun di atas sebuah tumpu yang ukurannya lebih kecil dari ukuran rumah. Terlihat seperti rumah yang menempel pada pohon. Untuk area masuk rumah menggunakan tangga semen seperti biasa.

36. Rumah Strip

 

Rumah Strip

Konsep bentuk garis-garis timbul pada dinding rumah juga bisa menjadi salah satu ide desain yang bagus. Warna putih pada rumah sangat cocok dengan garis-garis vertikal yang ada pada dinding rumah. Selain itu juga garis-garis tampak pada bagian atap.

37. Rumah Cerobong

 

Rumah Cerobong

Ciri khas yang ada pada desain rumah ini adalah adanya bagian samping yang menonjol seperti cerobong. Namun bukan cerobong melainkan sebuah ruangan berbentuk persegi dengan jendela kaca persegi yang besar.

38. Rumah Minimalis Hitam

 

Rumah Minimalis Hitam

Warna hitam yang ditampilkan dalam desain rumah minimalis ini tampak cocok dengan lingkungan sekitar dan juga kaca yang menempel sebagai jendela kotak-kotak besar. Dalam desain ini juga terdapat bagian tanpa penghalang sebagai tempat serbaguna.

39. Rumah Tanpa Jendela

 

Rumah Tanpa Jendela

Membayangkan rumah tanpa jendela mungkin Anda merasa sedikit pengap karena tidak adanya ventilasi untuk keluar masuk udara. Namun Anda tak perlu khawatir jika memilih desain yang satu ini. Pasalnya meski rumah tanpa jendela namun masih ada kotak kecil untuk keluar masuk udara.

Selain itu pengaturan sirkulasi udara di dalam ruangan juga diatur sedemikian rupa sehingga rumah tetap nyaman untuk ditinggali.

40. Desain Rumah Minimalis untuk Daerah Bukit

 

Desain Rumah Minimalis untuk Daerah Bukit

Suhu udara di perbukitan yang dingin mengharuskan orang yang tinggal di daerah tersebut bisa membangun hunian yang menghangatkan dan bisa menjaga suhu udara di dalam rumah. Untuk itu, desain rumah yang dibangun haruslah dipertimbangkan terlebih dahulu.

Salah satu contoh desain rumah minimalis sederhana yang telah dirancang untuk daerah perbukitan ada pada gambar di atas. Rumah memiliki dinding yang tebal dan juga pencahayaan yang lumayan banyak untuk menangkap suhu panas dan menjaga di suhu dingin.

Rekomendasi contoh desain rumah minimalis sederhana di atas bisa membantu Anda yang sedang mencari referensi desain untuk rumah minimalis yang hendak Anda bangun.

40+ Inspirasi Desain Rumah Minimalis Sederhana (Simple Elegant)

Tinggalkan komentar