Cara dan Doa Sholat Hajat Agar Doa Segera Dikabulkan

Doa sholat hajat harus dipanjatkan agar semua keinginan dan harapan dapat segera terwujud. Ini merupakan salah satu upaya yang bisa dilakukan agar keinginan dapat segera terwujud. Selain berdoa, Anda juga harus tetap berusaha.

Pengertian Sholat Hajat

Pengertian Sholat Hajat

Sholat hajat merupakan ibadah yang dilakukan karena memiliki hajat tertentu. Sholat ini dilakukan agar doa dan hajat yang diinginkan bisa berjalan dengan lancar dan dikabulkan oleh Allah SWT. Cara melakukan sholat hajat umumnya sama seperti sholat fardhu.

Sholat hajat boleh dilaksanakan pada waktu siang maupun malam hari, kecuali pada waktu dilarangnya sholat. Ibadah ini dilakukan antara 2-12 rakaat dengan salam pada setiap dua rakaat.

Disarankan untuk membaca surah Al-Ikhlas dan ayat kursi para setiap rakaat. Setelah sholat, bacalah doa sholat hajat agar keinginannya dapat segera dilakukan.

Waktu Terbaik Menjalankan Sholat Hajat

Waktu Terbaik Menjalankan Sholat Hajat

Meskipun sholat hajat bisa dilakukan setelah sholat fardhu, namun terdapat waktu khusus yang mustajab untuk menjalankan ibadah ini sehingga doanya bisa didengar dan segera dikabulkan oleh Allah SWT.

Selain membaca doa sholat hajat Anda juga harus memilih waktu yang tepat agar doa terkabul dengan cepat. Waktu menjalankan sholat hajat yang terbaik adalah dilaksanakan pada tengah atau sepertiga malam.

Sholat sunnah ini bisa dikerjakan bersama dengan sholat tahajud, istikharah hingga witir. Jumlah rakaat sholat bisa disesuaikan dengan kemampuan yang dimiliki antara 2 hingga 12 rakaat. Setelah selesai sholat, panjatkan doa agar segera dikabulkan.

Cara Menjalankan Sholat Hajat

Cara Menjalankan Sholat Hajat

Jumlah rakaat dalam sholat hajat memang bisa disesuaikan dengan kemampuan masing-masing. Namun semakin banyak jumlah rakaat yang dilakukan, maka mampu semakin mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Hal tersebut terjadi karena ini merupakan momen yang bisa digunakan untuk berpasrah diri kepada Allah SWT.

Tata cara sholat ini tidak jauh berbeda dengan sholat biasanya, namun berbeda niat dan beberapa anjuran bacaan surat pendek yang harus dilakukan. Agar lebih jelas, simak panduan tata caranya sebagai berikut

  • Membaca niat sholat hajat ( Ussholli sunnatal haajati rok’ataini lillahi ta’ala.
  • Membaca doa iftitah dan Al-Fatihah setelah takbiratul ikhram.
  • Membaca surat pendek, disarankan untuk membaca surah Al-Ikhlas atau Al-Karifuun pada rakaat pertama sebanyak 3x. Sedangkan untuk rakaat kedua disunahkan untuk membaca ayat kursi.
  • Ruku dengan Tuma’ninah.
  • I’ktidal dengan Tuma’ninah.
  • Sujud dengan Bacaan Tuma’ninah.
  • Duduk di Antara 2 Sujud.
  • Sujud Kedua dengan Tuma’ninah.
  • Membaca salam. Setelah selesai sholat bisa diakhiri dengan membaca doa setelah sholat hajat.

Doa Sholat Hajat

Inilah Beberapa Keutamaan Sholat Hajat

Agar ibadah yang dilakukan semakin lengkap, Anda harus mengetahui doa sholat hajat. Doa ini dilafalkan setelah selesai menunaikan ibadah sholat hajat. Simak doanya sebagai berikut.

Laa ilaha illallohil hakimul kariimu subahaa nallohi robbil ‘arsyil azhiim. Alhamdu lillaahi robbil alamikn.

As aluka muujibari rohmatika wa azaaima maghfirotika wal ghoniimafa ming kulli birri wassalaamaga ming kulli ismin laa tada lii dzamban illa ghofartahu walaa hamma illa farojtahu walaa hajatan hita laka ridhon illa qodhoitahaa yaa arhamar rohimiin.

Inilah Beberapa Keutamaan Sholat Hajat

Inilah Beberapa Keutamaan Sholat Hajat

Selain memahami tata cara dan doa sholat hajat, hal lain yang tidak boleh dilewatkan adalah keutamaan dari ibadah ini. Melakukan sholat hajat tidaklah sulit dan bisa dengan mudah dilakukan oleh para pemula.

Selain mampu melancarkan hajat yang dimiliki agar segera dikabulkan, sholat hajat juga memiliki beberapa keutamaan sebagai berikut.

  • Mendekatkan diri kepada Allah SWT.
  • Memperkuat keimanan.
  • Memperoleh pahala.
  • Mendapatkan ketenangan hati dan jiwa.
  • Memiliki rasa tawakal yang lebih kuat.

Berikut Beberapa Manfaat Menjalankan Sholat Hajat

Berikut Beberapa Manfaat Menjalankan Sholat Hajat

Menjalankan ibadah bukan hanya sebuah anjuran, namun juga mampu memberikan banyak manfaat bagi kehidupan. Selain mendekatkan diri kepada Allah SWT, terdapat beberapa manfaat lain menjalankan sholat hajat sebagai berikut.

1. Memperkuat Rasa Tawakal

Menjalankan ibadah sunnah membuat keyakinan bahwa Allah SWT merupakan satu satunya yang akan memberikan apa yang dibutuhkan akan semakin besar.

Hal ini tentu mampu meningkatkan rasa keimanan di dalam diri sehingga bisa menjalani kehidupan dengan lebih baik. Menjalankan sholat hajat merupakan wujud bahwa manusia harus menyerahkan diri dan hanya meminta kepada Allah SWT

2. Doa Lebih Mudah Terkabul

Melaksanakan sholat hajat dapat mempermudah doa-doa Anda terkabul. Sholat hajat menjadi salah satu ibadah sunnah yang khususnya dilakukan ketika memiliki permintaan atau keinginannya supaya cepat dikabulkan oleh Allah SWT.

Ketika seorang muslim memiliki keinginan atau permintaan yang ingin segera dikabulkan, maka dianjurkan untuk melakukan sholat hajat.

3. Menenangkan Perasaan

Manfaat yang bisa didapatkan dengan menjalankan sholat hajat yaitu memberikan perasaan tenang dalam hati dan pikiran seseorang.

Rasa tenang tersebut dapat membawa diri kearah yang positif dan dapat membantu mempermudah Anda untuk mengatasi masalah yang datang dalam kehidupan. Dengan begitu solusi dari masalah yang dialami bisa lebih cepat ditemukan.

4. Terhindar Dari Marabahaya dan Kesulitan

Dengan melakukan sholat hajat, Anda akan mendapatkan manfaat yaitu terlindungi dari kesulitan dan marabahaya yang datang.

Bagi seorang muslim yang ingin terhindar dari kesulitan dalam hidupnya dianjurkan untuk mengerjakan sholat hajat. Ketika mengerjakan sholat hajat dianjurkan untuk berdoa meminta pertolongan dan keinginan lain kepada Allah SWT

5. Mendekatkan Diri Kepada Allah SWT

Ibadah sholat hajat dapat menjadikan seorang muslim lebih dekat kepada Allah SWT. Ketika seorang muslim memiliki sebuah masalah yang besar atau memiliki keinginan yang besar maka ia akan berserah diri kepada Allah SWT dengan melakukan berbagai ikhtiar.

Salah satu ikhtiar yang bisa dilakukan yaitu dengan melaksanakan sholat hajat. Allah SWT sangat menyukai hambanya yang meminta dan mendekatkan dirinya kepada-Nya Ketika mengalami masalah dan kesulitan yang datang.

6. Berserah diri pada Allah

Manusia bukan apa-apanya tanpa Allah SWT. Semakin cepat manusia menyadari hal tersebut maka akan semakin mudah untuk mendapatkan bantuan dari Allah.

Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan menjalankan ibadah sholat hajat. Dengan berserah diri kepada Allah, Anda bisa mendapatkan pertolongan dari kesulitan apapun.

7. Menumbuhkan Rasa Ikhlas

Menjalankan ibadah sholat hajat dapat memberikan rasa ikhlas di dalam hati. Melalui ibadah ini, seseorang bisa lebih menerima apa yang sudah ditakdirkan oleh Allah SWT.

Manusia memang tidak mengetahui masa depan akan seperti apa, namun dengan menjalankan ibadah ini Anda bisa meminta yang terbaik agar bisa hidup dengan baik.

Ketika mendapatkan kesulitan atau ujian, Anda dianjurkan untuk tetap sabar dan bersikap ikhlas. Dengan begitu solusi akan segera datang membantu.

8. Mendapatkan Pahala

Sholat hajat merupakan bentuk ibadah sunnah yang mana ketika seseorang melakukannya maka akan diberikan ganjaran pahala dari Allah SWT.

Sholat hajat memang bukan menjadi sholat wajib namun melaksanakannya dapat memberikan manfaat yang baik bagi kehidupan di masa depan.

Doa sholat hajat harus dipanjatkan dengan khusyu agar segera dijabah Allah SWT. Menjalankan sholat sunnah dan wajib secara rutin dapat memberikan ketenangan hati sehingga bisa menjalani hidup dengan lebih nyaman.

Cara dan Doa Sholat Hajat Agar Doa Segera Dikabulkan

Leave a Reply