Doa Sholat Witir (Arab, Latin, Artinya), Tata Cara hingga Keutamaannya

Doa Sholat Witir – Sholat witir merupakan salah satu ibadah sunnah yang dilakukan di antara sholat isya dan subuh. Sholat witir biasanya mengikuti Sholat malam, Sholat tahajud, dan Sholat tarawih. Berikut ini adalah pejelasan lengkap tentang Sholat witir hingga prosedur dan doa sholat witir hingga tata cara dan keutamaannya.

Doa Sholat Witir

Doa Sholat Witir

Sholat Witir adalah Sholat sunnah  antara Isya dan Subuh, yang meliputi tiga, lima, dan bahkan satu rakaat saja. Jumlah rakaat Sholat witir hanya dalam angka ganjil Tentu saja, ketika mengamalkan doa Witir, ada berbagai ekspresi niat berdoa.

Anda harus mempertimbangkan untuk mengucapkan niat ini karena ini adalah salah satu syarat Sholat yang sah ketika Sholat sebagai amalan terakhir dari Sholat malam.

Setelah sholat tarawih, Anda dapat melakukan sholat witir secara berjamaah. Namun, setiap orang yang salat malam harus melakukan sholat witir yang sendiri atau berjamaah.

Berikut ini adalah doa Sholat witir sendiri:

1. Arab

اَللّٰهُمَّ إِنَّا نَسْـأَلُكَ اِيْمَانًا دَائِمًا، وَنَسْأَلُكَ قَلْبًا خَاشِعًا، وَنَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا، وَنَسْأَلُكَ يَقِيْنًا صَادِقًا، وَنَسْأَلُكَ عَمَلاً صَالِحًا، وَنَسْأَلُكَ دِيْنًاقَيِّمًا، وَنَسْأَلُكَ خَيْرًا كَثِيْرًا، وَنَسْأَلُكَ الْعَفْوَ وَالْعَافِيَةَ، وَنَسْأَلُكَ تَمَامَ الْعَافِيَةِ، وَنَسْأَلُكَ الشُّكْرَ عَلَى الْعَافِيَةِ، وَنَسْأَلُكَ الْغِنَاءَ عَنِ النَّاسِ. اَللّٰهُمَّ رَبَّنَا تَقَبَّلْ مِنَّا صَلاَتَنَا وَصِيَامَنَا وَقِيَامَنَا وَتَخُشُّعَنَا وَتَضَرُّعَنَا وَتَعَبُّدَنَا وَتَمِّمْ تَقْصِيْرَنَا يَا اَللهُ يَااَللهُ يَااَللهُ يَااَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ. وَصَلَّى اللهُ عَلَى خَيْرِ خَلْقِهِ مُحَمَّدٍ وَعَلٰى اٰلِهِ وَصَحْبِهِ اَجْمَعِيْنَ، وَالْحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ

2. Latin

  • Allahumma innaa nas’aluka iimaanan daaimaan, wan’asaluka qalban khaasyi’an
  • Wanas’aluka ‘ilman naafi’an – wanas’aluka yaqiinan shaadiqon – wanas’aluka ‘amalan shaalihan,
  • Wanas’aluka diinan qayyiman, Wanas’aluka khairan katsiran
  • Wanas’alukal ‘afwa wal’aafiyata – wanas’aluka tamaamal ‘aafiyati – wanas’alukasyukra ‘alal ‘aafiyati – anas’alukal ghinaa’a ‘aninnaasi.
  • Allahumma rabbanaa – taqabbal minnaa shalaatanaa – washiyaamanaa – waqiyaamanaa, watakhusy-syu’anaa – watadhorru’anaa – wata’abbudanaa – watammim taqshiiranaa-
  • Yaa allaahu yaa allaahu yaa allaahu yaa arhamar raahimiin.
  • Washallallaahu ‘alaa khairi khalqihi muhammadin, wa’alaa aalihi washahbihi ajma’iin. Walhamdu lillaahi rabbil ‘aalamiina.

3. Artinya:

  • Wahai Allah. Sesungguhnya hamba memohon kepada-Mu agar diberikan iman yang tetap, hamba memohon kepada-Mu agar diberikan hati yang khusyu’,
  • Hamba memohon kepada-Mu agar diberikan ilmu yang bermanfaat, hamba memohon kepada-Mu agar diberikan keyakinan yang benar, hamba memohon kepada-Mu agar diberikan amal yang shaleh,
  • Hamba memohon kepada-Mu agama agar diberikan yang lurus, hamba memohon kepada-Mu agar diberikan kebaikan yang banyak, hamba memohon kepada-Mu agar diberikan ampunan dan afiat,
  • Hamba memohon kepada-Mu agar diberikan kesehatan yang sempurna, hamba memohon agar diberikan kepada-Mu syukur atas kesehatan yang diberikan, Dan hamba memohon kepada-Mu agar menjadi orang terkaya dari semua manusia.
  • Wahai Allah, Tuhan hamba semua yang ada di dunia. Terimalah semua Sholat hamba, puasa yang hamba lakukan, Sholat malam hamba yang hamba lakukan, kekhusyu’an hamba-Mu semua, kerendahan hati hamba-Mu semua, serta ibadah hamba-Mu semua.
  • Sempurnakanlah seluruh kelalaian dan juga kekurangan yang dimiliki oleh hamba-Mu , Wahai Allah Wahai Allah, Wahai Allah Dzat yang Paling Penyayang diantara semua para
  • Semoga rahmat Allah selalu tercurah sebaik-baiknya kepada makhluk-Nya yaitu Muhammad, keluarga dan juga seluruh sahabatnya, segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam.

Berikut ini adalah doa Sholat witir berjamaah:

1. Doa Sholat Witir Arab

سُبْحَانَ الْمَلِكِ الْقُدُّوسِ x3

سُبْحَانَ الْمَلِكِ المعبود

سُبُّوْحٌ قُدُّوْسٌ رَبُّنَا وَرَبُّ المَلَائِكَةِ وَالرُّوْحِ x3

أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ

أَسْتَغْفِرُ اللهَ

نسْأَلُك رِضَاك وَالْجَنَّةَ وَنعُوذُ بِك مِنْ سَخَطِك وَالنَّارِ

اللَّهُمَّ إنَّك عَفْوٌ كَرِيمٌ تُحِبُّ الْعَفْوَ فَاعْفُ عَنِّا  يَا كَرِيْمُ بِرَحْمَتِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

2. Doa Sholat Witir Latin

Subhanal malikil qudduus (3x),

Subbuhun quddusun rabbunaa wa rabbul malaa-ikati warruuh, Allahumma inni a’udzu bi ridhaoka min sakhotik wa bi mu’afaatika min ‘uqubatik, wa a’udzu bika minka laa uh-shi tsanaa-an ‘alaik, anta kamaa atsnaita ‘ala nafsik.

3. Doa Sholat Witir Artinya:

Maha Suci Engkau yang Maha Merajai lagi Maha Suci dari berbagai kekurangan, Maha suci lagi Quddus Tuhan kami, Tuhan para malaikat, dan malaikat Jibril,

Ya Allah, aku berlindung dengan keridhaan-Mu dari kemarahan-Mu, dan dengan keselamatan-Mu dari hukuman-Mu dan aku berlindung kepada-Mu dari siksa-Mu.

Aku tidak mampu menghitung pujian dan sanjungan kepada-Mu, Engkau adalah sebagaimana yang Engkau sanjungkan kepada diri-Mu sendiri.

Tata Cara Sholat Witir

Tata Cara Sholat Witir

Usai mengetahui doa sholat witir, untuk menunaikannya ada tata caranya tersendiri. Hal ini dilakukan agar Sholat yang dilaksanakan diterima amalnya oleh Allah SWT.

Selain itu, pahala yang akan didapat dari Sholat Witir ini juga besar karena bisa dilakukan di tengah malam setelah Sholat isya atau sebelum Subuh menjelang.

Apa sajakah tata cara tersebut?

1. Wudhu

Seperti apa sebenarnya urutan untuk wudhu yang tepat dan benar? Seharusnya usai membaca niat, bacalah basmalah.

Kemudian dilanjutkan dengan basuh kedua telapak tangan  tiga kali di antara jari-jari Anda, wajah, telinga, hidung, rambut, lengan, hidung, hingga kaki. Namun jangan khawatir jika lupa membaca basmalah karena wudhu masih dianggap sah.

2. Niat

Untuk Sholat witir berbeda bagi yang menjalankannya sendiri, sebagai imam atau sebagai makmum. Inilah niatnya:

  • Ushalli sunnatal witri …… roka’aatain mustaqbilal qiblati lillahi ta’ala.
  • Artinya: Aku niat Sholat witir …… rakaat menghadap kiblat karena Allah Ta’ala

3. Takbiratul Ihram

Usai membaca niat yang harus dilakukan adalah  mengucapkan takbiratulihram. Takbiratul Ihram berjalan setelah niat telah dinyatakan. H. Saat membaca Takbir dan Sholat Iftita, angkat kedua tangan sejajar dengan telinga untuk pria dan sejajar dengan dada untuk wanita.

4. Membaca surat Al-Fatihah

Usai takbiratul ihram, lanjutkan dengan membaca surah Al- Fatihah

5. Membaca surat pendek

Usai membaca surah Al- Fatihah, dilanjutkan dengan membaca beberapa surah pendek untuk menyempurnakan Sholat.

6. Ruku

Usai melafalkan surah Al- Fatihah dan beberapa surah pendek, dilanjutkan dengan ruku’

7. ‘Itidal

Setelah membungkuk ruku’, angkat tangan setinggi telinga dan berdiri tegak.

8. Sujud

Langkah selanjutnya setelah i’tidal ialah melakukan sujud. Setelah sujud, lanjutkan ke rakaat kedua dan ketiga beruurtan. Di rakaat ketiga, jalankan tahiyatul terakhir seperti yang dijelaskan berikutnya

9. Takhiyatul akhir

Takhiyatul akhir atau duduk terakhir dilakukan setelah semua rakaat terlaksana.

10. Salam

Usai melakukan Tahiyatul Akhir, lakukanlah salam untuk menutup Sholat dengan menengok kanan dan kiri dengan mengucapkan salam.

11. Doa Sholat Witir

Setelah semua langkah sudah dilakukan, terakhir bisa mengucapkan doa sholat witir yang sudah dituliskan di atas beserta latin serta terjemahannya lengkap agar Sholat dan pahalanya semakin diterima oleh Allah.

Keutamaan dan Kelebihan Sholat Witir

Ada banyak keutamaan yang bisa dicapai oleh semua umat Islam selain doa sholat witir yang selalu diijabah oleh Allah. Rasulullah mengungkapkan banyak keutamaan tersebut, sehingga beliau selalu memuja Sholat sunnah yang satu ini setiap hari.

Rasulullah SAW tidak pernah meninggalkan Sholat witir. Ketika dia pergi dan tidak sempat melakukannya di perjalanan, dia akan mengqadhanya. Apa keutamaan Sholat sunnah di tengah Isya dan Subuh tersebut?

1. Penyempurna Sholat Malam

Penyempurna Sholat Malam

Sholat witir adalah Sholat akhir dari Sholat malam, atau Sholat penutup Sholat tarawih. Sholat witir melengkapi Sholat malam. Kisah HR Buhari Muslim menjelaskan bahwa  ibadah hari ini disempurnakan dengan Sholat witir.

2. Dilakukan di Waktu yang Diijabah Allah Untuk Berdoa

Dilakukan di Waktu yang Diijabah Allah Untuk Berdoa

Sholat witir biasanya dilakukan di penghujung malam. Dan di penghujung malam, sholat adalah waktu yang sangat sibuk. Beberapa doa lain yang juga dilantunkan Allah adalah Istikarah dan Tahajud.

Ketiganya, termasuk witir, merupakan Sholat sunnah yang selalu dikabulkan Allah dengan itikad baik.

3. Dicintai Allah Swt

Dicintai Allah Swt

Doa seorang umat Muslim dicintai oleh Allah SWT usai menjalani Sholat witir.  Allah sangat menyukai sesuatu yang ganjil karena rakaat Sholat witir itu selalu tidak berjumlah genap. Hal ini juga sebagaimana tertuang dalam hadits Nabi SAW tentang Sholat.

4. Sebagai Tambahan Sholat

Sebagai Tambahan Sholat

Keutamaan Sholat witir selanjutnya adalah selain Sholat. Sholat sunnah  dianjurkan dilakukan pada waktu sholat faldu yaitu setelah sholat isya dan sebelum  sholat subuh. Hal ini juga disebutkan dalam hadits yang dikeluarkan oleh HR. Ahmad tentang witir.

5. Sholatnya Disaksikan Malaikat

Sholatnya Disaksikan Malaikat

Menurut Hadits Riwayat Muslim, Sholat witir bisa dilakukan di awal malam bagi siapapun yang tidak bisa bangun di akhir malam. Karena Sholat di akhir malam karena malaikat kala itu melihatnya dan Sholat yang dilakukan lebih afdol dan utama.

6. Dianggap Sebagai Shalat dengan Makna yang Baik Dibanding Unta Merah

Dianggap Sebagai Shalat dengan Makna yang Baik Dibanding Unta Merah

Menurut hadits yang diriwayatkan dari Abu Dawud tertulis bahwa Allah mewajibkan Sholat untukmu, dan salah satunya yang diwajibkan ialah Sholat witir, yang lebih baik untukmu daripada unta merah. Sholat ini harus umat muslim yang melakukannya setelah Sholat Isya sampai fajar.

7. Tidak Pernah Ditinggalkan Rasulullah SAW

Tidak Pernah Ditinggalkan Rasulullah SAW

Rasulullah SAW menegaskan bahwa dirinya tak pernah sekalipun meninggalkan shalat witir. Ketika dia pergi atau lupa, dia akan mengqadhanya.

HR Bukhari sebagaimana tertuang dalam hadits, yang menganjurkan umat Islam untuk berpuasa selama tiga hari setiap bulannya. Nabi Muhammad juga meminta umat muslim untuk melakukan sholat dhuha dan witir sebelum tidur atau istirahat,

8. Mendekatkan Diri dengan Allah

Mendekatkan Diri dengan Allah

Prioritas sholat witir adalah mendekatkan kita kepada Allah SWT. Karena Allah SWT sendiri berfirman bahwa ketika kaum muslimin shalat di penghujung malam, Allah akan turun dari surga dan mendengar semua doa dan keluhan hamba-hamba kita.

Ketika iman sudah tertanam di dalam hati, artinya shalat dapat meningkatkan keimanan dan keintiman antara hamba dengan Allah SWT.

9. Mencegah Perbuatan Dosa

Mencegah Perbuatan Dosa

Selain itu, mendirikan sholat witir yang dilakukan diantara Isya dan Subuh itu, dapat mencegah seseorang menjalankan banyak perbuatan maksiat yang di masa depan bisa merugikan diri sendiri.

Hal ini dikarenakan shalat malam seringkali melatih dan menguatkan iman mereka ketika ingin berbuat dosa.

Itulah secara singkat penjelasan tentang doa sholat witir yang dilakukan sendiri atau berjamaah serta arti, tata cara, hingga keutamaan apa yang bakal didapat jika melakukan shalat sunnah ini. Semoga informasinya memberikan keberkahan bagi yang membacanya.

Doa Sholat Witir (Arab, Latin, Artinya), Tata Cara hingga Keutamaannya

Leave a Reply