15+ Gambar Doodle: Pengertian, Jenis, Teknik Menggambar

Gambar Doodle – Beberapa orang mungkin sudah mulai menggambar hanya dengan mencoret-coret kertas dengan pensil atau pena yang hasilnya disebut gambar doodle. Seni doodle itu sendiri adalah gaya menggambar yang dibuat oleh grafiti. Tapi dalam arti apa mereka contoh lukisan grafiti? Ini penjelasannya.

Pengertian dan Sejarah Gambar Doodle

Pengertian dan Sejarah Gambar Doodle

Doodle merupakan jenis karya gambar yang sederhana yang memiliki makna konkret, ataupun hanya terdiri dari garis acak dan abstrak dan biasanya tidak mengangkat makna dari gambar dari kertas.

Perlu dimengerti bahwa doodle sering kali disebut sebagai aktivitas yang biasa dilakukan oleh anak kecil karena dianggap belum bisa belajar untuk menyinkronkan gerakan tangan dan mata membuatnya sangat sulit untuk memberikan warna atau menulis dalam sebuah kertas.

Doodle sendiri sejarahnya ada di awal abad ke-17 yang diartikan dengan kata bodoh. Kata ini berasal dari Jerman atau Nudeltop Dusseldorf yang memiliki arti bodoh. Kemudian, arti bodoh tersebut ada dalam lagu Yankee Doodle yang dinyanyikan tentara kolonial Inggris sebelum Perang Revolusi Amerika.

Kemudian pada tahun 1930, makna yang lebih modern muncul. Doodle artinya sebuah coretan yang dilakukan saat istirahat, membuang waktu, dan mengabaikan kemalasan. Gambar Doodle tertua diketahui berada di gua-gua kuno, dan gambar ini disebut gaya Doodle tertua.

Jenis-jenis Gambar Doodle

Jenis-jenis Gambar Doodle

Sebuah karya doodle memiliki jenis dan bentuknya masing-masing yang sesuai dengan temanya. Pasalnya, berbeda jenis, beda pula tata cara menggambarnya dan membutuhkan proses membuat yang berbeda-beda.

Banyak jenis doodle yang sekarang ini marak dibuat oleh para pelaku seni. Bahkan, beberapa dari karya doodle tersebut menjadi salah satu yang dipamerkan saat acara-acara seni tertentu. Apa sajakah jenis-jenis gambar doodle? Berikut ini adalah penjelasannya.

1. Doodle Fantasy

Doodle Fantasy

Yang pertama ialah doodle fantasi, yang biasa ditemukan di novel hantu dan buku komik. Biasanya, gambar doodle yang satu ini mengandung karakter unik yang terlihat fiktif dan tidak realistis yang bersifat fantasi atau fiksi.

Fantasi Doodle biasanya menggambarkan tentang cerita fiksi dan juga fantasi. Hal ini biasanya diartikan sebagai sesuatu hal yang tidak ada di dunia nyata.

2. Doodle Floral

Doodle Floral

Bunga adalah objek paling populer yang dapat dikenali dan digambar dan cenderung menunjukkan bahwa seseorang itu setia dan setia hingga bahwa persahabatan dan hubungan penting.

Namun bunga yang digambar dengan hati-hati menunjukkan seseorang memiliki kepribadian obsesif-kompulsif. Mereka yang mencoret-coret dengan cara ini memiliki harapan dan aspirasi yang tinggi dalam hidup – dan bertekad untuk berhasil.

3. Doodle Pattern

Doodle Pattern

Ini adalah salah satu seni doodle dengan teknik menggambar yang biasa disebut pattern, dan dalam bahasa Inggris biasa disebut pattern.

Anda dapat melakukannya dengan satu pola, atau Anda dapat menggabungkan beberapa pola. Bahkan, jenis gambar  ini sering ditampilkan sebagai konsep buku atau pameran.

4. Doodle Animasi

Doodle Animasi

Selanjutnya, ada  gambar yang disebut animasi oodle. Doodle yang satu ini adalah menjadi yang paling populer dari semua jenis. Biasanya doodle yang satu ini menunjukkan karakter anime atau kartun.

Bahkan karakter tersebut yang digambar dengan doodle biasanya sangat disukai oleh anak-anak hingga orang dewasa. Pasalnya, banyak orang dewasa juga menyukai animasi ini dan biasanya penggemar animasi tertentu.

5. Doodle Graffiti

Doodle Graffiti

Selanjutnya adalah graffiti yang berbentuk doodle. Gambar grafiti biasanya dibuat untuk menulis nama dan huruf, dan dalam kasus grafiti biasanya diisi dengan selembar kertas.

Beberapa orang membuat grafiti grafiti di media yang lebih besar seperti dinding dan tempat lain yang didedikasikan untuk pembuatan grafiti.

6. Doodle Deskripsi

Doodle Deskripsi

Doodle yang satu ini biasanya dibuat untuk menggambarkan suatu objek dengan jelas dan tepat. Objek tersebut bisa saja manusia atau hewan peliharaan sang pelukis atau pencinta seni. Sekarang ini, banyak sekali orang yang meminati karya doodle jenis yang satu ini.

Teknik Membuat Gambar Doodle

Teknik Membuat Gambar Doodle

Ternyata untuk membuat karya seni doodle tidak boleh sembarangan. Ada beberapa langkah dan cara untuk membuat grafiti. Namun, seni Doodle biasanya dibuat dengan teknik menggambar sukarela yang dibentuk menggunakan gaya freehand dan semua hasilnya dapat digabungkan ke dalam Doodle.

Teknik menggambar doodle mirip dengan teknik menggambar umum dan biasanya menggunakan beberapa metode seperti arsiran, blok, linear, pointil, cat air, dan plakat. Namun, menurut Lei Melendres, seni Doodle  terbagi dalam tiga kategori yaitu:

1. Planned Doodle (Karya yang Direncanakan)

Planned doodle ialah teknik pertama yang dapat dijelaskan sebagai teknik untuk membuat karya doodle. Teknik ini biasanya direncanakan sebelumnya. Secara umum, teknik ini dimulai dengan membuat sketsa dengan filosofi tertentu.

Salah satunya adalah dengan mengirimkan pesan kepada orang yang akan menerima karya doodle nantinya. Dan di antara pelukis doodle yang bekerja dengan teknik ini, biasanya bisa memperlihatkan hasil akhirnya yang lebih konseptual dan bermakna.

2. Semi-Unplanned Doodle (Karya yang Sedikit Direncanakan)

Teknik selanjutnya adalah doodle setengah tidak terencana atau unplanned doodle. Pekerjaan Doodle menggunakan teknik ini biasanya menghasilkan setengah hasil konseptual dan setengah tidak konseptual.

Pelukis biasanya menggunakan konsep ini untuk membuat potongan grafiti dengan cepat tanpa memikirkan apa pun terlebih dahulu. Namun di tengah jalan, para pelukis ini harus  memikirkan apa arti karya grafiti yang Anda buat.

3. Unplanned Doodle (Karya yang Dibuat Spontan)

Teknik terakhir adalah Doodle yang tidak direncanakan atau unplanned doodle. Metode ini merupakan kebalikan dari metode pertama yang dilakukan secara sukarela tanpa  perencanaan sebelumnya.

Faktanya, pelukis yang menggunakan teknik ini biasanya membuat sebuah karya doodle yang tidak berkonsep dan menciptakan karya tanpa sketsa.

Pelukis biasanya hanya secara sukarela melukis doodle yang mereka inginkan di area tertentu dan tidak harus memikirkan filosofi atau makna seni dari gambar yang akan dibuatnya.

Cara Membuat Karya Doodle Art

Cara Membuat Karya Doodle Art

Karena simbol dari seni doodle merupakan ekspresi bebas, tidak ada cara untuk membuat seni doodle menjadi sangat konkret dan absolut. Namun sebagai pemula, ada beberapa tahapan membuat doodle yang memberikan Anda bebas membuat gambar dengan menggunakan imajinasi dan kreativitas Anda.

Ini adalah gambaran umum tentang cara membuat seni Doodle sederhana untuk pemula seperti berikut

1. Mencari Inspirasi

Temukan gambar yang ingin Anda gambar menjadi salah satu inspirasi atau media tulisan. Langkah ini merupakan jalan pertama yang harus Anda capai jika ingin membuat doodle.

Semakin banyak inspirasi yang Anda dapatkan, semakin baik pula karya yang keluar dari tangan Anda nantinya. Jika masih bingung  carilah inspirasi dengan memanfaatkan internet. Ada banyak contoh seni doodle yang ada di internet dan bisa Anda gunakan untuk mendapatkan inspirasi.

Dari foto ini, Anda dapat mencari tahu apa pun yang menurut Anda perlu diubah, tergantung kreativitas dan imajinasi Anda.

2. Memilih Jenis Font

Langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah menentukan kalimat, kata, dan font yang baik untuk Anda. Tentu saja, setiap orang memiliki perspektif masing-masing ketika memutuskan font ini. Sebagai referensi, internet dapat membantu Anda memilih font.

Pilihlah font yang tepat untuk membuatnya keren. Gunakan imajinasi Anda untuk menjelajahi semua font yang tersedia dan gabungkan dengan inspirasi gambar yang dimiliki hingga Anda menemukan kombinasi yang menarik.

3. Cari Berbagai Karakter Doodle

Buat sebanyak mungkin karakter dan elemen unik dan menyenangkan. Nantinya, karakter ini akan sangat membantu dalam menciptakan seni grafiti. Hewan, kapas, tumbuhan dan banyak karakter lainnya.

Menemukan karakter bertujuan untuk dengan mudah menggabungkan semua elemen yang ada ke dalam kerangka yang harmonis untuk desain tema.

4. Ekspresikan Diri Dalam Karya yang Bebas

Seni doodle adalah bidang seni yang tidak pernah tahu batasnya. Oleh karena itu, Anda bebas memilih dan memutuskan bagaimana menampilkan karya Anda nantinya. Gabungkan semua elemen yang telah disiapkan sebelumnya menjadi satu media kerja.

Mulailah dengan memutuskan pola gambar yang ingin Anda buat. Ini membuat menggambar lebih mudah. Anda dapat mencari font dan karakter yang berbeda, menggunakan font ini untuk menggambar nama, dan mewarnai sebanyak yang Anda bisa.

Karya doodle yang terbaik pada dasarnya tidak memiliki aturan sekalipun. Anda hanyalah harus sering-sering melakukan latihan hingga menemukan pola. Setelah Anda menemukan polanya, Anda dapat dengan mudah membuat seni grafiti seperti seniman hebat.

Seniman Gambar Doodle Ternama

Setelah mengetahui cara serta jenis-jenisnya, ada banyak sekali karya doodle milik pelukis ternama dan akhirnya terkenal. Bahkan, karya-karya tersebut mendapatkan apresiasi besar dari banyak orang karena keindahan serta makna dari gambar tersebut.

Namun, karya doodle milik pelukis siapa sajakah yang menjadi panutan bagi banyak orang? Berikut ini adalah contoh-contohnya:

1. Karya Doodle Milik Jon Burgerman

Karya Doodle Milik Jon Burgerman

Jon Burgerman adalah seniman kelahiran Inggris, NYC yang berbasis di NYC yang menghasut improvisasi dan bermain melalui gambar dan tontonan.

Karyanya ditempatkan di antara seni rupa, seni urban dan budaya pop, menggunakan humor untuk referensi dan mempertanyakan lingkungan kontemporernya.

2. Karya Doodle Kaylani Nerurkar

Karya Doodle Kaylani Nerurkar

Seni doodle yang dibuat oleh Kaylani sangat ekspresif dalam warna. Semua detail dibuat sederhana, tetapi sangat menarik. Kaylani Nerurkar adalah lakon dengan corak yang bagus dan sering menampilkan seni “Mandala”.

3. Karya Doodle Hana Madness

Karya Doodle Hana Madness

Hana Madness adalah doodle artist yang menderita gangguan bipolar Karena kondisi ini, Hana mulai memunculkan makhluk-makhluk kecil yang mewakili halusinasinya.

Hingga nama karakter Doodle berasal dari julukan penyakitnya seperti gangguan bipolar, skizofrenia, perawatan medis, atau nama obat yang diminum Hana untuk penyakitnya.

4. Karya Doodle Sam Cox

Karya Doodle Sam Cox

Sam Cox mulai sebagai seorang anak dengan mencoret-coret di buku sketsanya tetapi kegemaran doodlenya yang cepat membawanya pada perjalanan yang menyenangkan dengan memakan semua jenis benda dari kursi makan hingga campervan.

Karyanya digambarkan sebagai Graffiti Spaghetti karena berputar dan Mr Doodle adalah pembuat doodle gila dari Inggris!

5. Karya Doodle Visothkakvei

Karya Doodle Visothkakvei

Artis Visothkakvei membuat gambar mendetail yang melampaui doodle yang biasa dilakukan oleh banyak orang. Berbekal pena dan imajinasi tanpa akhir, ia mengisi halaman buku sketsa dengan komposisi luas yang penuh dengan elemen kecil bergaris halus.

Beberapa karya Visothkakvei yang paling mencolok adalah gambar ilusi optiknya.

Itulah beberapa penjelasan tentang gambar doodle serta contoh dan cara membuatnya. Semoga informasi yang diberikan bermanfaat dan Anda bisa menjadi seorang seniman doodle ternama.

15+ Gambar Doodle: Pengertian, Jenis, Teknik Menggambar

Leave a Reply