13+ Gambar Ilustrasi Kartun, Karikatur, Komik, Vignette, dl

Gambar Ilustrasi – Gambar ilustrasi merupakan sebuah gambar yang bermanfaat untuk memperjelas sebuah ide cerita atau narasi. Tujuan lainnya yaitu memperindah, memperkuat dan mempertegas jalannya cerita. Ada banyak sekali jenisnya, Anda harus membaca artikel ini dari awal hingga akhir agar mengetahuinya!

Contoh Gambar Ilustrasi

Perlu diketahui bahwa gambar ilustrasi dibagi menjadi beberapa jenis, mulai dari hewan, tumbuhan hingga manusia. Selain itu, komik, kartun, karikatur, cerita bergambar hingga karya sastra juga termasuk jenis ilustrasi.

1. Ilustrasi Kartun

Ilustrasi Kartun

Kartun merupakan sebuah gambar ilustrasi yang terdiri dari banyak bentuk, baik itu hewan, tumbuhan, manusia hingga tokoh fiksi. Biasanya, gambar kartun bertujuan untuk menghibur dan berisi cerita humor.

Beberapa ilustrasi kartun memiliki arti sebuah peristiwa, adegan dan perilaku yang dikemas dengan begitu apik. Anda bisa menemukan jenis kartun ini di buku, televisi dan majalah. Seperti contoh gambar di atas, Anda bisa melihatnya di televisi.

2. Karikatur

Karikatur

Kalau yang satu ini adalah karikatur. Karikatur merupakan sebuah gambar orang atau tokoh yang karakternya dilebih-lebihkan. Tidak hanya itu, karikatur juga dibuat dengan gambar yang lucu. Seperti contoh di atas, dagunya sengaja dibuat besar.

Terkadang, beberapa gambar karikatur dimaksudkan untuk menyampaikan saran, kritik, sindiran yang sifatnya sarkas. Terkait objek karikatur, sangat bermacam-macam ada tokoh manusia, hewan hingga virus yang belakangan ini sering Anda temukan di online maupun offline.

3. Komik

Komik

Gambar ilustrasi selanjutnya adalah komik yang merupakan suatu rangkaian gambar dengan alur cerita yang saling melengkapi. Biasanya komik dibentuk menjadi sebuah lembaran singkat atau yang disebut sebagai comic strip atau dijadikan buku.

Komik juga dilengkapi dengan teks untuk memudahkan pembaca dalam menerima informasi dan memahami apa sih sebenarnya yang ingin disampaikan atau alur cerita dari gambar tersebut. Contoh komik yang paling terkenal di kalangan anak-anak hingga dewasa adalah doraemon.

4. Karya Sastra

Karya Sastra

Anda mungkin sudah tahu bahwa karya sastra pada umumnya bisa ditemukan di novel, cerpen, puisi atau sajak. Ilustrasi karya sastra dibuat dengan tujuan mempercantik, mempermudah hingga mempertegas maksud yang ingin disampaikan.

Seperti contoh pada gambar diatas, ada seorang wanita dengan wajah yang sedih. Disampingnya terdapat teks yang menjelaskan atau mengisahkan sesuatu.

5. Vignette

Vignette

Jika Anda belum tahu, vignet merupakan karya seni rupa dua dimensi yang termasuk ke dalam salah satu jenis gambar dekoratif tanpa adanya maksud yang jelas. Vignette berfungsi untuk mengisi area atau tempat yang kosong pada kertas narasi.

Namun belakangan ini, seni vignette sudah mulai diterapkan baik di rumah, kantor, pinggir jalan dan lain sebagainya. Sedikit bergeser dari sebelumnya yang mana vignette hanya ada sebagai pelengkap sajak dan puisi.

6. Ilustrasi Hewan

Ilustrasi Hewan

Selanjutnya adalah ilustrasi hewan yang dibuat berbeda dengan keadaan aslinya. Anda bisa melihat contoh di atas yaitu hewan anjing dengan gaya yang berbeda ada yang berdiri, duduk hingga kepalanya saja.

Anjing tersebut memiliki corak yang unik yaitu perpaduan warna antara hitam, coklat dan silver. Tentunya warna ini tidak pernah ditemukan di dunia asli, sehingga inilah yang membuat gambar ilustrasi hewan anjing menjadi unik dan layak untuk memiliki nilai jual.

7. Ilustrasi Buah

Ilustrasi Buah

Ilustrasi selanjutnya adalah tentang buah, yaitu 3 nanas dengan warna yang menarik. Memang secara sekilas dari bentuk seperti nanas pada umumnya, namun perpaduan warna yang digunakan dalam menggambar menjadikannya pusat perhatian.

8. Ilustrasi Bunga

Ilustrasi Bunga

Kalau yang satu ini merupakan ilustrasi dari  bunga sakura. Bisa dilihat dari aslinya, yaitu berwarna merah muda dengan batang yang coklat. Hal tersebut berbeda ketika menjadi ilustrasi, perpaduan merah muda, biru dan lainnya menjadi satu yang lebih unik dan indah jika dilihat.

Lukisan tersebut seolah-olah menjadi bayangan dari bunga aslinya. Keduanya memang begitu mirip. Untuk menandakan bahwa ilustrasi tersebut merupakan seni lukis, maka Anda bisa meletakkan kuas di sampingnya.

9. Ilustrasi Cinta

Ilustrasi Cinta

Ilustrasi cinta ini belakangan menjadi pusat perhatian karena sedang digandrungi oleh kaum milenial. Pada gambar di atas ada seorang perempuan dan laki-laki yang menutupi wajah mereka menggunakan bunga berwarna putih.

Bunga tersebut jika diartikan lebih jauh merupakan simbol cinta diantara dua pasang kekasih yang sedang dimabuk asmara. Tidak hanya itu, ilustrasi di atas juga menjelaskan bahwa ada keserasian antara keduanya karena mengenakan baju dengan motif yang sama.

10. Ilustrasi Cerita Rakyat

Ilustrasi Cerita Rakyat

Banyak sekali ilustrasi yang akan Anda temukan, salah satunya adalah cerita rakyat yang mengisahkan tentang sesuatu peristiwa di masa lampau. Ilustrasi untuk cerita rakyat digunakan untuk mempertegas jalannya cerita.

Seperti contoh di atas, terdapat dua wanita yang menggunakan baju adat berbeda dari beberapa daerah di Indonesia. Perbedaan struktur sosial ekonomi terlihat sangat jelas, satu menggunakan baju merah dengan hiasan di atas kepala dan yang lainnya berpenampilan sederhana.

Bagaimana ilustrasi memang menyimpan banyak maksud dan rahasia bukan? Tidakkah Anda tertarik untuk mempelajarinya?

11. Ilustrasi Efek Rumah Kaca

Ilustrasi Efek Rumah Kaca

Terkadang, ilustrasi tidak hanya digunakan sebagai bentuk penjelasan atas sesuatu, namun juga sebagai sebuah sindiran atau kritik. Salah satunya adalah ilustrasi efek rumah kaca di atas sebagai akibat dari adanya globalisasi.

Gambar tersebut adalah kutub yang es nya sudah mencair karena suhu yang terlampau panas sehingga membuat beberapa tempat menjadi tenggelam karena air laut mengalami kenaikan. Gambar matahari sengaja dibuat lebih dekat dan besar sebagai penanda bahwa suhu panas semakin meningkat.

Walaupun gambar tersebut terkesan abstrak, namun maksud dan tujuannya bisa tersampaikan dengan baik pada masyarakat.

12. Ilustrasi Ekspresionis

Ilustrasi Ekspresionis

Pada gambar ekspresionis di atas terdapat 3 orang yang menampilan ekspresi tidak biasa. Orang paling depan sedang terkejut karena sesuatu. Hal tersebut dibuktikan dengan mata yang terbelalak, mulut melongo dan tangan yang memegang kepala. 

Sedangkan dua orang lainnya Nampak sedang bersantai menikmati pemandangan yang disuguhkan. Latar gambar tersebut ada di jembatan. Namun misteri di dalamnya belum bisa terpecahkan dengan mudah.

Inilah kelebihan dari ekspresionis yang mana perlu analisa lebih lanjut untuk memahami maksud dari sang penggambar. Tentunya sangat menantang pikiran bukan? Namun yang perlu diketahui bahwa ekspresionis ini selalu memiliki maksud tertentu dan lebih menonjolkan mimik wajah.

13. Ilustrasi Manusia

Ilustrasi Manusia

Terakhir adalah ilustrasi manusia yang menggambarkan seorang laki-laki sedang tergeletak tanpa diketahui penyebabnya. Laki-laki dalam gambar tersebut Nampak sedang melihat di satu arah. Namun yang menjadi keunikan dari gambar ini adalah matanya dihilangkan.

Selain itu juga diiringi bayangan dari pria itu sendiri, garis sekitar wajah dan mata juga merupakan karya seni yang tidak biasa.

Anda harus belajar tentang gambar ilustrasi lebih jauh untuk menuangkan kreativitas yang dimiliki. Usahakan gambar yang dibuat memiliki makna tertentu tanpa melupakan keestetikan. 

13+ Gambar Ilustrasi Kartun, Karikatur, Komik, Vignette, dl

Leave a Reply