Gambar Karikatur: Pengertian, Jenis, Contoh, dan Tekniknya

Gambar Karikatur – Karikatur adalah salah satu seni yang hasilnya sangat digemari oleh banyak orang. Pasalnya, para seniman membuat gambar karikatur wajah seseorang namun lebih lucu dan unik. Tapi sebenarya, apa pengertian seni karikatur dan apa saja contohnya? Berikut ini akan dijelaskan secara detail.

Pengertian Karikatur

Pengertian Karikatur

Karikatur merupakan gambar atau penggambaran suatu objek atau representasi dari objek tertentu yang hasilnya telah dilebih-lebihkan. Kata karikatur sendiri datang dari bahasa Italia yakni caricare. Ini berarti sesuatu seperti melebih-lebihkan atau melebih-lebihkan.

Seni jenis ini menggambarkan subjek yang akrab dan umumnya ditujukan untuk menciptakan humor bagi mereka yang akrab dengan subjek tersebut. Kartun dan karikatur berbeda karena tidak membentuk cerita.

Tetapi karikatur bisa menjadi salah satu unsur dari karya seni kartun. Beberapa contohnya adalah karikatur editorial. Para seniman di balik jenis ini juga biasanya disebut dengan karikaturis.

Karikatur yang dikenal saat ini berasal dari Italia pada abad ke-16. Pada abad ke-18, karikatur mencapai khalayak luas di media cetak dan menjadi sarana kritik sosial dan politik, terutama di Inggris.

Jenis-jenis Karikatur

Ada beberapa jenis karikatur, mengacu pada gaya yang berbeda di mana bentuk representasi grafis ini  dikembangkan. Karikatur sendiri adalah sebuah karya grafis yang mendistorsi kenyataan dengan tujuan untuk mengejek seseorang atau suatu kejadian yang sebenarnya.

Biasanya, karikatur digunakan sebagai salah satu bentuk kritik yang ingin disampaikan terhadap komunitas atau aktor politik tertentu. Itulah sebabnya karikatur memiliki tempat yang begitu beragam antara bidang seni dan jurnalisme.

Oleh karena itu, karikatur memiliki klasifikasi yang berbeda berdasarkan kriteria yang berbeda, seperti:

1. Karikatur Jurnalistik

Karikatur Jurnalistik

Karikatur jurnalistik merupakan salah satu genre jurnalisme yang menjelaskan sebuah berita dalam format grafis dan mengintegrasikannya dari perspektif kritis.

Tujuannya adalah menggunakan humor, ironi, hingga sarkasme untuk menyampaikan fakta dan peristiwa yang bersifat politik, ekonomi, dan sosial dan mendistribusikannya di media cetak seperti surat kabar dan surat kabar mingguan.

2. Karikatur Realitas

Karikatur Realitas

Karikatur yang membahas masalah yang berkaitan dengan peristiwa kehidupan nyata dan situasi sehari-hari yang sangat umum.

Karikatur ini dapat mencakup semuanya, mulai dari fakta sederhana seperti kebiasaan keluarga sampai fakta yang paling kompleks seperti agama serta politik.

Ketika mengacu pada karikatur nyata, itu belum tentu karikatur penting. Biasanya satu-satunya tujuan kartun ialah agar pembaca tertawa sambil mengejek situasi umum tanpa memberikan transendensi yang besar.

3. Karikatur Fantasi

Karikatur Fantasi

Ini adalah manga yang berurusan dengan masalah yang tidak ada hubungannya dengan fakta. Pemandangannya hampir tidak biasa dan sebenarnya dapat ditemukan, tetapi aneh seperti dimensi paralel atau tidak semua tempat nyata.

Namun, jenis karikatur ini tidak sepenuhnya terpisah dari kenyataan. Jika demikian, pembaca tidak mungkin terhubung dan terlibat dalam pesan penulis.

Karikatur jenis ini menempatkan karakter dalam situasi yang tidak berarti, tetapi dengan emosi, perasaan, atau pikiran dalam kehidupan sehari-hari. Dengan cara ini, perasaan dan pemikiran umum dalam masyarakat diejek dan dipertanyakan.

4. Karikatur Politik

Karikatur Politik

Gambar karikatur yang satu ini jenis kartun yang sangat berhubungan erat dengan isu-isu politik dan fakta transendental dari kehidupan nyata.

Tujuannya dalam hal ini  adalah untuk melebih-lebihkan beberapa karakteristik seseorang atau situasi untuk menyampaikan kritik hingga ketidakpuasan seseorang terhadap kenyataan sosial serta politik. Karikatur telah menunjukkan pentingnya dalam membangun opini publik.

Sebagai alat komunikasi yang sederhana dan mengesankan, sangat berguna untuk mendiskusikan konsep yang kompleks dan mendapatkan perhatian publik. Karena itu, gambar karikatur yang satu ini sangat dihormati saat bahkan setara dengan kolom opini.

Klasifikasi Gambar Karikatur

Klasifikasi Gambar Karikatur

Tidak hanya jenisnya yang berbeda-beda, ternyata klasifikasi gambar karikatur juga berbeda serta memiliki filosofinya masing-masing., Selain itu, hal ini juga dapat membuat seni karikatur semakin dicintai dan dikenal oleh banyak orang. Berikut ini adalah penjelasan singkat tentang klasifikasi format karikatur.

1. Klasifikasi Sesuai Formatnya

Untuk jenis klasifikasi yang satu ini, kembali dibagi menjadi 3 tipe yakni yang fokus pada gambarnya, fokus pada teksnya hingga yang berbentuk komik strip dengan tema yang unik. Berikut ini adalah penjelasannya.

a. Karikatur yang Fokus Di Gambar

Karikatur yang satu ini memiliki gambar yang berpusat pada foto merupakan karikatur yang cukup untuk penyampaian pesan. Dalam hal ini, teks biasanya tidak digunakan atau hanya sekadar untuk muncul pada bentuk onomatopoeia.

Karya karikatur yang satu ini ini merupakan cara yang paling dasar. Namun pada kenyataannya, hal tersebut merupakan bentuk utama ketika karikatur pertama yang ada di Kekaisaran Romawi.

b. Karikatur yang Fokus Di Teks

Karikatur yang Fokus Di Teks

Karikatur yang berfokus pada teks adalah karikatur yang tidak memainkan peran sentral dalam pesan di mana konten gambar dikirim.

Dalam kasus seperti itu, tekslah yang benar-benar memberi bobot pada konten yang disampaikan, meskipun gambarnya sederhana atau umum.

Karikatur adalah gambar di alam, tetapi gambar-gambar ini telah dimodifikasi dan disederhanakan selama berabad-abad. Ini karena dalam banyak kasus, gambar hanya berfungsi sebagai sumber daya untuk menemani teks yang cukup kuat.

c. Bentuk Strip Komik

Bentuk Strip Komik

Komik strip merupakan salah satu karya karikatur yang menggambarkan realitas melalui rangkaian gambar dan membentuk sebuah cerita.

Jenis karikatur yang satu ini pertama kali muncul di surat kabar pada 1950-an dan biasanya membentuk sebuah gambar karikatur yang bagus.

Setelah itu, komik menyebar dan dia menginjakkan kaki di buku-buku yang bisa menceritakan kisah yang lebih panjang dan lebih kompleks dengan karakter yang berbeda. Ini menciptakan sebuah genre sastra baru yang dikenal sebagai novel grafis.

2. Klasifikasi Sesuai Gaya

Untuk jenis klasifikasi yang satu ini, kembali dibagi menjadi 3 tipe yakni karikatur yang menggunakan gaya satir, gaya yang aneh hingga gaya modern dengan tema yang unik. Berikut ini adalah penjelasannya.

a. Satir

Satir

Karikatur dengan jenis yang satu ini, banyak digunakan dalam gambar yang mengkritik pemerintah. Biasanya ditampilkan di media cetak, poster, dan juga pamflet.

Jenis yang satu ini memiliki bertujuan untuk menggunakan sindiran sebagai alat untuk mengejek sudut pandang yang berlawanan. Mereka biasanya melebih-lebihkan karakteristik karakter politik terkuat atau terlemah.

b. Anekdot

Anekdot

Jenis yang satu ini lebih sering terjadi pada kartun realistis. Mereka bekerja pada situasi dunia nyata, membawa mereka ke kata-kata dan melakukan pendekatan yang benar-benar aneh.

Selain itu, fokus menyebabkan kontroversi di depan umum atau hanya untuk tujuan lucu. Gambar seringkali merujuk pada situasi, objek, atau kebiasaan yang positif pada kehidupan realitas sosial.

Mereka mengambil ikon yang mewakili standar kesejahteraan dan kenyamanan dan memutarnya untuk meniru keyakinan dan ide mereka.

c. Modern

Modern

Karikatur modern biasanya sangat mengacu pada gaya seni karikatur yang telah mencapai tahap perkembangan yang terbesarnya sejak 1940-an.

Jenis representasi grafis ini dicirikan oleh fakta bahwa itu melampaui minat dalam menyampaikan pesan-pesan lucu dan sosial.

Selain itu, kartunis bertujuan untuk menghasilkan proposal estetika yang cukup kompleks. Untuk alasan ini, karikatur jenis  ini sendiri merupakan gerakan seni pada saat itu.

Kelebihan dan Kekurangan Gambar Karikatur

Kelebihan dan Kekurangan Gambar Karikatur

Karikatur digunakan untuk mengekspresikan pesan, informasi, reaksi, atau pendapat seseorang. Kartun biasanya digunakan untuk mempengaruhi seseorang secara negatif atau positif dan dapat mengubah perilaku orang.

Karikatur juga digunakan sebagai media untuk menyampaikan pendapat, kritik, imbauan, dan saran yang terkesan menyindir. Maka tak heran jika banyak pemberitaan hukum tentang karikatur yang berbeda di media massa.

Karikatur memiliki kelebihan dan kekurangan sebagai media untuk mempengaruhi opini mereka, apa sajakah itu? Berikut ini adalah penjelasannya:

Kelebihan

  • Lebih realistis dan nyata dalam mengkomunikasikan masalah saat ini dibandingkan dengan bahasa lisan
  • Ada batasan ruang dan waktu. Artinya tidak semua benda, benda, atau peristiwa dapat dijadikan contoh karikatur.
  • Atasi kelemahan pengamatan Anda sendiri. Artinya kalau bicara komik, orang lebih fokus dan fokus pada komik yang ada.
  • Memperkuat isu dari berbagai disiplin ilmu dan usia yang berbeda.
  • Harga komik sangat murah dan dapat ditemukan dan digunakan dimanapun.

Kekurangan

  • Interpretasi dengan pendapat pribadi dan subjektif tentang pekerjaan
  • Gambar hanya menunjukkan persepsi yang diinginkan oleh indera mata, bukan pesan yang ingin disampaikan.
  • Karena jumlahnya yang terbatas, hanya beberapa orang yang memahaminya saja yang terlihat jelas dan tepat sesuai keinginan sang seniman.
  • Sebuah gambar karikatur yang bagus dan baik, tidak hanya menyampaikan pesan tertentu. Namun juga dapat mempengaruhi sikap, minat, dan perilaku orang yang melihat karya tersebut.

Seniman Gambar Karikatur Terheboh di Dunia

Siapa sangka ada beberapa seniman karikatur yang membuat dunia heboh karena karya-karyanya. Bahkan, para seniman ini hampir dipolisikan karena karyanya dianggap menentang aturan pemerintah kala itu. Siapa sajakah seniman tersebut?

1. Honore Daumier

Honore Daumier

Pada tahun 1832, saat Prancis dipimpin oleh Louis Philippe, kala itu Daumier membuat sebuah karya karikatur yang diberi judul “King as Gargantua (robot raksasa  Inggris)” dan kemudian dimuat di majalah komik “La Caricature”.

Pekerjaan ini dianggap membenci dan menghina pemerintahan raja karena dia juga menyinggung perasaannya. Hal ini membuat Daumer dikirim ke penjara. Bahkan, ia adalah satu-satunya seniman La Caricature yang dijebloskan.

2. Young dan Minor

Young dan Minor

Young dan Minor adalah dua seniman yang karyanya  secara teratur diterbitkan di The Mass. Pada Agustus 1917, kantor pos mencabut hak surat massal. Editor, termasuk kartunis, diadili karena “konspirasi untuk mengganggu dinas militer.”

Young dan Minor tidak dijebloskan ke penjara, tetapi majalah buatan keduanya langsung dibekukan.

3. Philip Zec

Philip Zec

Kartun Philip Zec, yang diterbitkan di  Daily Mirror pada Januari 1942, menunjukkan seorang pelaut Inggris dengan wajah berminyak di atas rakit. Ia juga menulis tentang harga besin yang meningkat sebanyak 1 sen.

Sekertaris Inggris Winston Churchill memutuskan sebuah kartun yang menunjukkan bahwa nyawa para pelaut dipertaruhkan untuk meningkatkan keuntungan perusahaan minyak dan membantu menurunkan moral tentara.

Memerintahkan penyelidikan untuk menemukan pemilik kartun tersebut. Padahal arti sebenarnya dari pesan Zec adalah jangan menyia-nyiakan bensin. Tetapi itu juga memicu salah satu perdebatan sengit di Kongres Perang.

4. David Levine

David Levine

David Levine mengawasi Nation selama lebih dari 30 tahun, tetapi pada tahun 1984, 25 rekannya menuntut agar komik Henry Kissinger tidak diterbitkan dengan tulisan tentang kehancuran dunia.

Stafnya menolak untuk mengungkapkan bahwa Majalah Progresif tidak ada hubungannya dengan  lelucon pemerkosaan atau gambar seksis, mengungkapkan bahwa Kissinger menikmati hegemoni internasional. Kissinger adalah seorang pria, tetapi dunia bukanlah seorang wanita.

5. Zapiro

Zapiro

Kartun itu muncul di The Sunday Times, Afrika Selatan pada 7 Desember 2008, mempermalukan Presiden Afrika Selatan Jacob Zuma. Zuma dibebaskan pada 2009 atas tuduhan pemerkosaan. Zuma menggugat Times Media Group sebesar Rp 8 miliar.

Tetapi Zapiro tegas memberi pernyataan kepada majalah Times dengan pandangannya bahwa dia sepenuhnya berada di belakang pekerjaannya dan tidak akan membiarkan presiden mengintimidasi dia.

Itulah penjelasan tentang gambar karikatur, jenis, klasifikasi hingga seniman yang membuat karikatur heboh di dunia. Semoga informasi yang diberikan bermanfaat.

Gambar Karikatur: Pengertian, Jenis, Contoh, dan Tekniknya

Leave a Reply