8+ Hewan Peliharaan yang Bisa Dilatih Lincah dan Jinak

Hewan Peliharaan yang Bisa Dilatih – Memiliki hewan peliharaan sangat menyenangkan, terutama anak-anak akan sangat menyukainya. Terdapat bermacam-macam hewan peliharaan itu. Banyak sekali pilihannya, ada kucing, anjing, ikan, burung, hingga kelinci, bahkan ada yang memelihara ular, juga berbagai hewan yang lainnya, Hewan unik dan lucu yakni hewan yang bisa dipelihara. Beberapa diantaranya juga ada hewan peliharaan yang bisa dilatih, sehingga bisa menyesuaikan diri hidup bersama manusia dan bahkan bisa tinggal di dalam rumah.

Hewan Peliharaan di Rumah

Hewan Peliharaan di Rumah

Jika hendak memilih hewan peliharaan di rumah maka bisa memilih hewan yang mudah dipelihara. Sehingga tidak akan terlalu menyita banyak waktu dan merepotkan. Bisa pilih hewan peliharaan lucu dan jinak. Hewan peliharaan yang telah jinak akan aman berdekatan dengan anak-anak. Beberapa hewan peliharaan tertentu bahkan bisa menjadi hewan yang bisa dipelihara di kamar, karena bentuknya yang kecil sehingga tak akan menyita banyak tempat di kamar, juga cukup kuat daya tahan tubuhnya sehingga bisa menyesuaikan diri dengan mudah pada lingkungan yang baru dengan cepat dan tak akan cepat mati, serta cukup mudah juga makannya sehingga pakannya juga tak akan mengotori kamar, contohnya seperti ikan yang bisa dipelihara di akuarium, atau landak mini, kura-kura dan lain sebagainya dengan ukurannya yang kecil. Berikut ini adalah beberapa hewan peliharaan tersebut, yang juga

hewan peliharaan yang bisa dilatih, sehingga minimal bisa dilatih agar buang kotoran di tempat tertentu sehingga tak akan merepotkan pemilik rumah.

Kucing

Kucing

Hewan lucu ini memiliki wajah yang menggemaskan dan juga memiliki tingkah laku yang manja dan cukup akrab dengan manusia. Kucing bahkan sudah terkenal sebagai hewan rumahan yang biasa dipelihara di rumah. Hewan dengan nama latin Felis silvestra catus ini bahkan biasa tidur di tempat tidur yang sama dengan pemiliknya di kamar tidur. Jenis ragamnya juga bervariasi, ada banyak jenis, mulai dari kucing kampung, atau kucing anggora, lalu kucing Persia namun ada juga kucing hutan yang masih liar dan perlu dijinakkan terlebih dahulu jika mendapat ijin untuk memelihara kucing langka ini di rumah. Hewan kucing ini juga bisa dilatih agar bisa buang kotoran di tempat tertentu. Cara melatihnya ialah ketika anak kucing terlihat sibuk mencakar lantai di dalam rumah, atau di kamar, maka ini biasanya tanda bahwa ia akan segera melakukan buang kotoran maka segera saja pindahkan kucing tersebut ke box berisi pasir yang telah dipersiapkan sebagai tempatnya untuk buang air atau pindahkan kucing ke luar rumah dan letakkan di tanah yang pasir. Lakukan hal ini secara terus menerus dan berulang-ulang hingga kucing menjadi paham dan terlatih bahwa jika hendak buang kotoran maka ia akan segera menuju ke tempatnya.

Burung

Burung

Hewan burung termasuk hewan peliharaan yang bisa dan cukup mudah dilatih dan sudah banyak yang dipelihara di rumah. Salah satunya ialah seperti burung beo. Selain beberapa burung tipe kicauan yang bisa dilatih suaranya maka burung beo juga banyak disukai untuk dipelihara karena dapat menirukan aneka suara termasuk juga menirukan suara pemiliknya. Burung beo bisa dilatih juga untuk menirukan suara tertentu yang dikehendaki pemiliknya dengan cara diperdengarkan dengan secara berulang-ulang, hingga burung beo tersebut hafal dan lalu bisa mengulangi menirukan suara tersebut dengan secara lancar dan persis sekali. Ada juga burung merpati yang bisa dilatih untuk terbang bebas di liar rumah dan lalu bisa kembali sendiri ke kandangnya, dan lain sebagainya. Banyak sekali jenis burung kicauan yang sering dilatih guna mengikuti berbagai perlombaan. Burung kicauan bersuara merdu yang telah terlatih dan biasa menjuarai suatu turnamen atau perlombaan maka harganya bisa menjadi sangat mahal. Beberapa diantaranya ialah seperti lovebird atau burung perkutut dan lain sebagainya.

Hamster

Hamster

Kini hamster juga telah banyak dipelihara di rumah. Hewan mungil yang lucu dan imut ini juga bisa dilatih. Contohnya ialah dengan meletakkan makanan pada mainan roda putarnya sehingga hamster akan terbiasa naik ke mainan roda putar tersebut dan tak malas memainkannya karena berharap menemukan makanan di mainan tersebut. Tentunya selalu rajin jaga kebersihan kandangnya juga ya, supaya hewan peliharaan betah dan tetap sehat.

Kelinci

Kelinci

Terdapat banyak jenis kelinci dan yang dijual dalam harga yang juga bervariasi. Kelinci juga bisa dilatih agar buang kotoran di tempatnya, caranya ialah dengan mengumpulkan kotoran-kotorannya pada wadah dan lakukan hal ini secara berulang sehingga kelinci pun lama kelamaan akan mengerti bahwa tiap kali hendak buang kotoran maka ia akan melakukannya pada wadah tersebut.

Landak Mini

Landak Mini

Ukurannya mungil dan beberapa diantaranya durinya tidak terlalu tajam sehingga cukup aman dipelihara. Hewan ini cukup banyak juga variasi jenisnya. Landak mini juga bisa dilatih seperti kelinci sehingga akan bisa membuang kotorannya pada wadah yang telah disediakan. Caranya juga sama.

Kuda Mini

Kuda Mini

Lalu hewan yang bisa dilatih melakukan berbagai gerakan dan atraksi adalah kuda mini.

Hewan Peliharaan yang Murah

Hewan Peliharaan yang Murah

Hewan peliharaan yang telah umum dipelihara manusia biasanya tersedia dalam harga yang murah sehingga tak akan menguras kantong untuk membelinya. Sebenarnya harga tersebut tergantung pada jenisnya, karena tiap jenis hewan ada jenis murahnya yang bahkan bisa didapatkan dengan secara gratis  dalam hal ini seperti kucing kampung dan juga ikan hias yang banyak dijual murah di pasar, ada juga burung yang cukup murah harganya  lalu ada anak ayam yang murah harganya jika tertarik dan ingin memeliharanya  kemudian ada kura-kura yang juga cukup murah harganya, dan lain sebagainya. Beberapa hewan tersebut selain murah harganya juga cukup murah biaya perawatan dan biaya pemeliharaannya.

Hewan Eksotis yang Bisa Dipelihara

Hewan Eksotis yang Bisa Dipelihara

Jika ingin suatu hal yang berbeda maka bisa mencoba memelihara beberapa hewan eksotis seperti ular misalnya. Hewan ini ada juga jenis yang tak berbisa sehingga cukup aman dipelihara. Eksotisnya terletak pada berbagai pilihan warna dan motif kulitnya. Selain itu ada juga beberapa hewan langka yang eksotis namun memerlukan ijin khusus untuk bisa memeliharanya, seperti kucing hutan misalnya. Namun ada juga beberapa jenis kucing yang telah terbiasa dipelihara yang juga cukup eksotis seperti kucing Persia misalnya, juga dengan ikan tertentu yang memiliki bentuk dan warna yang unik dan eksotis meski bisa saja harganya cukup mahal karena langka. Ada juga Sugar Glider yang mirip tupai terbang dan juga memiliki kantung mirip seperti kangguru yang cukup eksotis juga motif tubuhnya serta bentuknya juga. Hewan yang suka makanan manis seperti madu ini ukurannya juga kecil mungil dan bahkan bisa dimasukkan ke kantong baju. Bisa juga ditaruh di pundak dan lalu dibawa jalan ke mana-mana.

Memiliki hewan peliharaan bisa memperpanjang usia dan menghindarkan dari stres karena akan cukup menghibur.

8+ Hewan Peliharaan yang Bisa Dilatih Lincah dan Jinak

Tinggalkan komentar