4+ Kata Kata Pepatah Melayu Yang Indah dan Bermakna

Kata Kata Pepatah Melayu – Sebenarnya selain dikenal sebagai adatnya, Melayu juga dikenal dengan memiliki ribuan kata kata pepatah melayu yang dimilikinya dan memiliki makna yang dalam kehidupan. Hal inilah karena pepatah yang dibuat memang banyak digunakan oleh masyarakat sebagai salah satu bentuk pedoman hidup mereka.

Contoh Peribahasa dan artinya dalam pepatah melayu sendiri sudah diturunkan oleh nenek moyang mereka. Sehingga tak heran jika makna yang disampaikan juga sangat mendalam. Dan berikut adalah beberapa nasihat melayu yang sangat bermakan bagi kehidupan.

Contoh Kata Kata Pepatah Melayu

Contoh Kata Kata Pepatah Melayu

Tak Kaya Oleh Emas Pembawa, Tak Gadis Oleh Kain Berselang

Kata – kata pepatah melayu di atas memiliki kemiripan dengan pepatah dari Minang sebenarnya. Dimana dalam kata – kata di atas memiliki kandungan makna bahwa untuk bisa mencapai kehidupan yang mulai maka anda harus melakukan usaha sendiri dan jangan pernah bergantung pada orang orang lain. Jika anda mengandalkan diri sendiri, maka ini akan bisa membantu anda untuk bisa mendapatkan apa yang diinginkan dengan lebih mudah walaupun jalan yang harus di lewati memang cukup sulit. Sedangkan pada saat anda terlalu mengalami ketergantungan dengan orang lain, tentu saja nasib anda seperti bergantung pada orang lain.

Orang Kaya suka dimakan, orang Elok Selendang dunia

Makna dari pepatah melayu ini adalah orang kayu selalu saja dermawan sedangkan anak muda perhiasan dunia. Saat anda sudah menjadi orang kaya, maka jadilah orang yang dermawan dan selalu membantu sesama. Namun saat anda masih muda ada baiknya untuk memanfaatkan waktu sebaik mungkin dengan mencari pengalaman sebelum waktu tua datang menghampiri anda. Kaya dan mudah adalah sebuah kelebihan dan juga kesempatan untuk anda manfaatkan sebaik mungkin.

Orang Batu Kaya Jangan di Hutangi, Orang Lepas Nikah Jangan ditandangi

Dan Makna dari kata – kata pepatah melayu ini adalah jangan pernah mengerjakan satu hal yang sia – sia, karena hal ini tidak akan pernah mendatangkan manfaat bagi anda. Bahkan tidak sedikit orang yang mengerjakan satu hal yang sia-sia justru akan mendatangkan keburukan untuk dirinya sendiri. Sehingga dalam sebuah pekerjaan atau kegiatan, ada yang menyebutkannya bahwa asas kemanfaatan menjadi hal yang sangat penting.

Kalau ibu kaya, anak jadi putri, Kalau anak kaya, Ibu jadi budak

Sebagian besar dari anda mungkin sudah memahami makna dari peribahasa ini. Dimana pepatah ini dalam pepatah ini menggambarkan kasih sayang seorang ibu sepanjang masa dan tidak bisa digantikan oleh apapun. Namun kasih sayang seorang anak belum tetru seperti yang dimiliki oleh ibunya sendiri. Sehingga tak heran saat ini sering dilihat ada banyak yang durhaka terhadap orang tuanya sendiri. Padahal ibunya sudah membesarkan mereka. Sebagai anak ada baiknya untuk selalu berbakti pada orang tua dengan cara apapun dan sebisa mungkin.

4+ Kata Kata Pepatah Melayu Yang Indah dan Bermakna

Tinggalkan komentar