16+ Makanan Sehat Ibu Hamil yang Wajib Dikonsumsi

Makanan Sehat Ibu Hamil – Makanan sehat ibu hamil sangat diperlukan agar si kecil yang ada di dalam kandungan nutrisi dan gizinya tercukupi dengan baik. Apalagi di trimester pertama, makanan yang sehat dan bergizi sangat dibutuhkan agar pertumbuhan janin lancar.

Macam-Macam Makanan Sehat Ibu Hamil

Semua ibu pastinya berharap bisa menjalani kehamilannya dengan baik, bayi yang dikandung tumbuh dengan sehat dan sempurna. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan, salah satunya adalah mengkonsumsi makanan sehat ibu hamil. Penasaran apa aja? Simak penjelasannya ya!

1. Makanan yang Kaya akan Asam Folat

Makanan yang Kaya akan Asam Folat

Tahukah Anda bahwa asam folat menjadi salah satu nutrisi yang cukup penting. Fungsinya yaitu membentuk sel otak bayi. Suplemen asam folat sebelum kelahiran sangat berpengaruh terhadap kecerdasan si kecil. Jadi Anda bisa membentuk anak cerdas mulai dari dalam kandungan.

Pendapat ahli yang dikemukakan dalam Journal of American Medical Association menjelaskan bahwa ibu yang hamil ketika mengkonsumsi asam folat selama 4 minggu sebelum masa kehamilan dan 8 minggu setelah masa kehamilan akan meminimalisir terjadinya resiko autis pada bayi.

Persentase tersebut mencapai 40%. Selain itu, manfaat asam folat adalah mencegah keguguran, menurunkan resiko preeklampsia dan mencegah hadirnya anemia. Anda bisa mengkonsumsi sayuran hijau, buah-buahan, hati sapi, telur, kacang-kacangan mulai dari sekarang.

2. Makanan yang Mengandung Banyak Protein

Makanan yang Mengandung Banyak Protein

Kedua adalah makanan yang banyak mengandung protein. Contohnya adalah daging tanpa lemak, unggas, telur, ikan dan lain sebagainya. Pentingnya protein pada trimester pertama tidak hanya berkaitan dengan tumbuh kembang si kecil saja tetapi juga ada manfaat yang lain.

Contohnya adalah membentuk jaringan tubuh pada bayi dan ibu selama masa kehamilan, membantu meningkatkan daya tahan tubuh sehingga ibu hamil tidak akan mudah mengalami sakit.

3. Makanan yang Mengandung Zat Besi

Makanan yang Mengandung Zat Besi

Makanan sehat ibu hamil yang ketiga adalah yang banyak mengandung zat besi. Alasannya sudah jelas yaitu untuk mencegah terjadinya anemia. Anda tidak boleh menganggap penyakit ini sebagai sesuatu yang remeh karena tidak hanya berdampak pada ibu saja, tapi bayi yang ada di dalam kandungan.

Anemia bisa memicu munculnya berbagai masalah pada janin, salah satunya adalah premature. Hal ini dikarenakan sel darah merah atau hemoglobin mengalami penurunan. Kondisi ini berujung terjadinya peningkatan volume plasma karena terjadi kontraksi pada rahim.

Zat besi pada makanan juga bermanfaat untuk membawa darah yang banyak akan oksigen ke dalam kandungan. Apabila kekurangan zat besi maka akan berpengaruh buruk pada IQ anak. Singkatnya, zat besi sangat bermanfaat bagi perkembangan dan pertumbuhan otak bayi di dalam kandungan.

Mulai sekarang Anda bisa mengkonsumsi daging unggas, sapi, makanan laut, telur, biji-bijian, kacang-kacangan dan masih banyak lagi yang lainnya.

4. Banyak Mengkonsumsi Pisang

Banyak Mengkonsumsi Pisang

Keempat adalah banyak mengkonsumsi pisang karena buah ini mengandung banyak serat dan kalori. Fungsinya untuk meningkatkan energy, sehingga ibu hamil tidak mudah lelah. Selain itu buah pisang juga bisa menjaga tekanan darah ibi menjadi normal dan stabil.

Kinerja otak sang buah hati di dalam kandungan juga akan terpengaruhi, ia tidak akan tertekan dan kinerjanya tetap optimal walaupun sang ibu dipadatkan dengan aktivitas.

5. Mangga

Mangga 1

Sudah bukan menjadi rahasia lagi bahwa manga adalah salah satu buah yang paling diinginkan oleh ibu hamil. Hal ini dikarenakan mne gandung vitamin c, kalium, serta vitamin A yang tinggi. Kandungan buah mangga yang ada di dalamnya mampu membantu keseimbangan cairan dan tekanan darah yang ada di dalam tubuh.

Selain itu, vitamin c yang terdapat dalam buah mangga juga bermanfaat untuk melindungi bayi di dalam kandungan dari radikal bebas, sehingga terhindar dari cacat lahir. Vitamin A nya juga berfungsi sebagai sistem kekebalan tubuh, antioksidan, merangsang saraf penglihatan dan lainnya.

6. Alpukat

Alpukat

Alpukat merupakan salah satu makanan sehat ibu hamil yang banyak dianjurkan oleh Dokter atau Bidan. Hal ini dikarenakan, dalam alpukat terdapat vitamin c, vitamin b, kalium dan asam folat yang menyehatkan.

Selain itu, mengkonsumsi buah alpukat secara rutin meminimalisir terjadinya morning sickness, meningkatkan perkembangan saraf dan otak anak serta jaringan tubuh. Anda juga bisa mengkonsumsi buah-buahan lain seperti:

          Blueberry dan stroberi.

          Buah bit.

          Jus jambu biji.

          Buah tin.

          Kelapa muda murni.

          Pepaya

          Apel

          Pir

          Jeruk

          Semangka

          Melon

          Lemon

7. Bayam

Bayam

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa bayam merupakan salah satu sayuran yang kaya akan zat besi dan asam folat. Selain itu juga mengandung vitamin a, vitamin k dan vitamin c. Bayam sebaiknya diolah menjadi sayuran bening tanpa ada kandungan lemak jenuh.

Selain pada ibu hamil, bayam ternyata juga sangat baik pada ibu menyusui karena dapat meningkatkan kualitas ASI dalam tubuh.

8. Brokoli

Brokoli

Makanan sehat untuk ibu hamil selanjutnya adalah brokoli yang kaya akan kalsium, indoles, beta karoten dan isotiosianat. Beberapa kandungan tersebut mampu melindungi tubuh dari resiko kanker. Tak ketinggalan juga ada asam folat yang menurunkan resiko bayi cacat dari lahir.

Brokoli kaya akan mineral, vitamin dan kalsium sehingga sangat penting untuk tumbuh kembang gigi, otot bayi dan tulang. Sampai sini bisa dipahami kan?

9. Tomat

Tomat

Tomat merupakan salah satu sayuran yang banyak mengandung vitamin C yang sangat dibutuhkan untuk pembentukan gusi, tulang dan gigi sang buah hati. Tomat juga membantu penyerapan zat besi menjadi lebih efektif.

Jenis sayuran ini memiliki senyawa antioksidan yang memiliki peran khusus dalam melindungi ibu hamil dan sang bayi dalam Rahim dari terjadinya kerusakan sel. Selain tomat, ibu hamil juga dianjurkan untuk mengkonsumsi beberapa makanan berikut:

  • Paprika
  • Kubis
  • Buncis
  • Kembang kol
  • Wortel
  • Labu siam
  • Kacang-kacangan
  • Jagung
  • Terong
  • Kangkung
  • Daun katuk
  • Kentang

10. Susu atau Produk Olahan Susu

Susu atau Produk Olahan Susu

Susu atau semua produk yang terbuat olehnya sangat kaya akan nutrisi yang mana ibu hamil di trimester pertama sangat membutuhkannya. Di dalam susu terdapat iodium asam folat, protein, vitamin D hingga kalsium yang sangat bagus dalam pembentukan tulang.

Tak heran kan Anda sering melihat iklan susu untuk meninggikan badan? Pastinya ini adalah hal yang benar. Pertanyaannya apakah susu hanya dikonsumsi pada trimester pertama? Atau boleh selanjutnya? Jawabannya karena nutrisi harus senantiasa terpenuhi maka pastikan Anda mengkonsumsinya secara rutin.

Namun yang perlu digaris bawahi adalah susu yang dikonsumsi harus melalui proses pasteurisasi. Jika belum, seperti susu mentah langsung dari sapi bisa saja mengandung bakteri berbahaya. Jika Anda bukan orang yang suka susu maka bisa diganti dengan yogurt atau keju.

11. Lemon atau Air Kelapa

Lemon atau Air Kelapa

sehat ibu hamil selanjutnya adalah lemon atau air kelapa. Keduanya sangat cocok bagi ibu hamil yang kerap merasa mual di trimester pertama. Lebih menarik lagi ternyata air kelapa mampu memenuhi kebutuhan cairan tubuh dan mencegah dehidrasi.

Namun Anda harus berhati-hati ya jangan sampai percaya begitu saja dengan produk jadi yang mengaku olahan dari lemon atau air kelapa. Bisa jadi sudah melalui sekian proses yang justru tidak baik untuk perkembangan janin di dalam kandungan. Apakah bisa dipahami?

12. Memperbanyak Asupan Karbohidrat

Memperbanyak Asupan Karbohidrat

Anda tidak boleh lupa bahwa ibu hamil juga membutuhkan karbohidrat selama masa kehamilannya. Karbohidrat yang sangat kompleks ini mengandung banyak nutrisi yang mampu menjaga kesehatan pencernaan sang ibu.

Apabila Anda mengkonsumsi karbohidrat maka energi janin yang ada di dalam kandungan akan terpenuhi dan berkembang sesuai usianya. Ada banyak makanan yang mengandung karbohidrat, mulai dari buah-buahan seperti sayur, brokoli, bayam., pisang, oatmeal, kacang-kacangan dan lain sebagainya.

13. Jeruk

Jeruk

Buah-buahan yang baik untuk ibu hamil selain yang sudah disebutkan di atas adalah jeruk yang kaya akan vitamin c, asam folat dan serat. Anda wajib tahu bahwa 90% kandungan yang ada di dalam buah jeruk terdiri dari air sehingga mampu mencegah gejala dehidrasi selama masa kehamilan.

Selain itu, kandungan asam folat yang tinggi pada jeruk mampu membantu perkembangan otak janin menjadi lebih seimbang, saraf tulang belakang tumbuh sebagaimana mestinya sehingga mampu mencegah kecacatan pada janin ketika lahir.

14. Mangga

Mangga

Makanan sehat ibu hamil lainnya adalah mangga. Manga mengandung vitamin c, vitamin a dan kalium yang tinggi sehingga mampu menjaga tekanan darah agar tetap stabil dan mempertahankan cairan yang ada di dalam tubuh.

Selain itu, vitamin A juga berfungsi sebagai antioksidan sehingga membentuk sistem kekebalan tubuh yang baik, sistem saraf bayi dan penglihatan. Mangga juga mengandung serat yang tinggi sehingga mencegah terjadinya sembelit pada ibu hamil.

Jadi mulai dari sekarang Anda harus rajin mengkonsumsi makanan sehat ibu hamil, salah satunya mangga agar kesehatan baik diri sendiri maupun janin bisa terjaga hingga lahir nanti.

15. Daging Tanpa Lemak

Daging Tanpa Lemak

Daging tanpa lemak seperti contoh daging sapi, ayam dan ikan sangat kaya akan protein. Selain itu juga terdapat zat besi yang berfungsi sebagai mineral agar pembentukan sel darah merah bisa dipercepat. Sel darah merah inilah yang mampu mengantarkan oksigen ke semua sel dalam tubuh.

Oleh karena itu, apabila Anda sedang hamil maka zat besi sangat dibutuhkan karena volume darah juga akan meningkat selama masa kehamilan, khususnya trimester ketiga. Akibat dari kekurangan zat besi di awal dan pertengahan kehamilan akan menyebabkan terjadinya anemia.

Apabila anemia iuni sudah terjadi, maka ibu hamil berpotensi besar untuk melahirkan bayi prematur dan berat badan yang rendah. Pasti Anda tidak ingin hal ini menimpa sang buah hati kan? Setiap orang tua pasti juga menginginkan yang terbaik untuk janin yang dikandungnya.

16. Ikan Salmon

Ikan Salmon

Salmon merupakan salah satu sumber vitamin hewani yang wajib dikategorikan sebagai makanan bergizi dan sangat baik untuk ibu hamil. Kandungan asam lemak omega 3 nya sangat penting untuk perkembangan mata dan otak janin.

Jadi itu dia beberapa makanan sehat ibu hamil yang bisa Anda konsumsi. Jangan lupa diimbangi dengan rajin berolahraga dan istirahat yang cukup. Jangan sampai terlalu capek atau memikirkan sesuatu yang berat. 

16+ Makanan Sehat Ibu Hamil yang Wajib Dikonsumsi

Leave a Reply