101+ Nama Bayi Laki-Laki Islami Yang Paling Populer (Besarta Artinya)

Nama Bayi Laki-Laki Islami – Semua orang pasti memahami bahwa nama adalah salah satu hal yang wajib diberikan kepada anak yang baru lahir. Setiap orang wajib memiliki nama untuk membedakan satu dengan yang lain. Di dunia ini, banyak sekali jenis nama yang bisa Anda pilih untuk anak Anda yang baru lahir. Namun banyak juga orang tua yang menciptakan nama paling unik untuk anak nya agar tidak sama dengan yang lain. Siapa pun nama nya boleh saja diberikan kepada sang anak asalkan memiliki arti yang baik dan julukan yang baik pula.

Sebagai umat Islam, pasti Anda pernah mendengar bahwa nama yang diberikan kepada seorang anak pasti mengandung sebuah doa. Jika nama nya memiliki arti yang baik diharapkan agar anak tersebut tumbuh menjadi anak yang baik, dan begitu pula sebaliknya. Islam mengajarkan kepada umatnya untuk memberikan nama dengan arti yang baik terutama dengan bahasa arab yang terinspirasi dari orang sholeh.

Nama dari bahasa arab secara Islami bisa diambil dari nama-nama Nabi, para sahabat, ataupun tokoh-tokoh ulama’. Jika kebetulan Anda sedang mencari nama yang pas untuk calon bayi namun masih bingung, pada kesempatan kali ini kami memiliki beberapa pilihan nama untuk bayi laki-laki secara Islami dan memiliki arti yang baik yang mungkin bisa menjadi inspirasi Anda dalam memberikan nama. Siapa sajakah nama-nama yang bisa menjadi sumber inspirasi Anda? Berikut ulasan lebih lengkapnya!

Inilah Pilihan Nama Bayi Laki-laki Islami yang Unik dan Berarti Baik

Nama Bayi Laki-Laki Islami Dipilih Dari Nama Nabi

Nama Bayi Laki-Laki Islami Dipilih Dari Nama Nabi

Para ulama’ berpendapat bahwa nama-nama nabi menjadi pilihan tepat untuk ditambahkan pada nama seorang anak. Nama-nama Nabi yang perlu kita ketahui adalah 25, namun banyak orang yang memilih nama Nabi Muhammad sebagai nama awal. Selain nabi Muhammad, nama Nabi siapakah yang di rekomendasikan oleh para ulama’?

  • Ayub

Nabi umat Islam yang di kenal memiliki sifat tabah yang sangat besar dan perlu di contoh oleh setiap insan adalah Nabi Ayub. Nabi Ayub adalah seorang nabi yang sangat tabah dalam menghadapi banyak sekali cobaan terutama adalah cobaan di beri sakit yang luar biasa menyiksa. Karena penyakitnya tersebut orang-orang terdekat Nabi Ayub meninggalkannya. Karena ketabahannya tersebut, Allah mengangkat penyakit nya dan mengembalikan Nabi Ayub seperti sedia kala. Karena sudah sembuh orang-orang terdekat terutama istri Nabi Ayub yang telah lama meninggalkannya pun kembali lagi.

Umumnya, ketika seseorang di khianati pasti akan sakit hati dan tidak akan memaafkan pengkhianat tersebut. Namun lain dengan Nabi Ayub, beliau tetap memaafkan istrinya meskipun sudah pergi dan mengkhianati saat beliau sakit. Karena sebelumnya Nabi Ayub bersumpah akan memukul istrinya sebanyak 100 kali, Nabi Ayub harus melakukannya tetapi beliau tidak tega. Pada akhirnya, Allah memerintahkan Nabi Ayub untuk mengambil segenggam rumput untuk memukul istrinya.

Kisah yang menyentuh hati tersebut mungkin sangat sulit untuk di contoh manusia biasa. Kesabaran dan ketabahan Nabi Ayub lah yang menjadikan beliau tidak memiliki rasa dendam atau sakit hati sedikitpun kepada istri ataupun orang-orang yang telah merendahkannya. Oleh karena itu, kita sebagai manusia biasa harus tetap mencontoh sikap Nabi Ayub yang patut dijadikan teladan. Agar doa kita bisa diijabah oleh Allah maka sangat boleh jika menjadikan nama “Ayub” sebagai nama anak laki-laki Anda. Nama adalah doa, semoga dengan nama yang baik anak-anak Anda bisa menjadi anak yang baik pula.

  • Yahya

Nama Nabi selanjutnya yang bisa Anda pilih adalah Yahya, sebenarnya apa saja kehebatan yang dimiliki oleh Nabi Yahya? Perlu kita ketahui bahwa Nabi Yahya adalah seorang anak ajaib yang dilahirkan oleh Nabi Zakaria. Mengapa anak ajaib? Karena Nabi Yahya dilahirkan oleh ibunya saat usia nya tidak lagi muda bahkan sebenarnya ibunya mandul. Namun, karena Nabi Zakaria sangat ingin memiliki keturunan dan selalu berdoa kepada Allah SWT, dengan mudahnya Allah mengabulkan doa tersebut dan memberikan hadiah yang mungkin tidak masuk akal.

Selain ajaib, Nabi Yahya juga dikenal sebagai seorang anak yang tumbuh dengan akhlak yang sangat baik, tegas, dan sangat berwibawa. Meskipun tidak banyak diceritakan dalam Al-Qur’an, namun Nabi Yahya adalah sosok yang inspiratif. Sudah banyak orang sukses yang memilih nama Yahya sebagai bagian dari namanya. Memilih nama Yahya juga bisa digunakan ketika Anda dan pasangan mendambakan kedatangan seorang anak namun masih belum juga di beri oleh Allah, lalu setelah bersabar Allah mengabulkannya. Untuk mensyukuri nya Anda bisa memilih nama Yahya sebagai nama panggilan.

  • Musa

Nabi Musa mungkin adalah salah satu nabi yang namanya paling sering disebutkan dalam Al-Qur’an. Hal tersebut terjadi karena Nabi Musa adalah salah satu Nabi yang istimewa dengan segala mukjizat yang diberikan oleh Allah dan juga mendapatkan gelar Ulul Azmi karena berhasil membelah lautan saat perang dengan Raja Fir’aun . Nama Nabi Musa disebutkan dalam Al-Qur’an kurang lebih 136 kali. Lalu apa sajakah kehebatan yang dimiliki oleh Nabi Musa?

Cerita Nabi Musa yang inspiratif yang selalu mengingatkan kita atas keagungan dan kekuasan Allah SWT harus selalu kita tafakuri. Contoh mukjizat yang diberikan Allah kepada Nabi Musa adalah mampu menghidupkan orang mati, mampu merubah tingkat menjadi ular, mampu membelah lautan, dan lain-lain. Beberapa mukjizat tersebut ternyata menjadikan Nabi Musa ditakuti oleh kaum nya dan berhasil menyampaikan dakwahnya menjadikan Nabi Musa menjadi orang yang mulya disisi Allah.

Menurut bahasa Mesir Kuni nama Musa memiliki arti selamat dari air sedangkan menurut bahasa Ibrani, Musa memiliki arti kotak kayu. Tentu saja kedua arti tersebut sangat menggambarkan kisah nabi musa yaitu dihanyutkan di sungai dengan kotak kayu oleh ibunya karena takut akan dibunuh Raja Fir’aun dan mampu membelah lautan sehingga selamat dari dahsyatnya air laut. Memberikan nama kepada bayi laki-laki dengan nama Musa adalah pilihan tepat dengan harapan agar sang bayi dapat tumbuh menjadi laki-laki yang tidak takut apapun, teguh, bijaksana, berwibawa, hebat sebagaimana Nabi Musa.

  • Harun

Nama nabi selanjutnya adalah Nabi Harun. Nabi Harun merupakan salah satu saudara kandung dari Nabi Musa yang selalu mendampingi Nabi Musa untuk berdakwah. Allah memberikan kemampuan bicara dan juga berdebat yang sangat baik kepada Nabi Harun sehingga setiap perkataan nya selalu bermakna. Dengan segala kelebihan nya tersebut Nabi Harun mampu menguatkan Nabi Musa untuk berdakwah karena kemampuan bicara Nabi Musa tidak sebagus Nabi Harun. Bahkan, saat Nabi Musa pergi untuk suatu keperluan, beliau memerintahkan Nabi Harun untuk memimpin umatnya yaitu Bani Israel.

Saat Nabi Harun memimpin kaum Nabi Musa yaitu Bani Israel, beberapa lama kemudian kaum Bani Israel mengingkari janjinya dan kembali untuk menyembah patung anak lembu atau berhala dari emas. Melihat kaum nya berpaling Nabi Harun berusaha untuk mengingatkan dan mengajak kembali pada jalan yang lurus namun ajakan tersebut tidak diindahkan oleh kaum Bani Israel. Namun meskipun demikian kegigihan dan kecerdasan Nabi Harun sangat menginspirasi semua orang.

Nama Nabi Harun sendiri jika diartikan berdasarkan bahasa Mesir Kuno memiliki arti singa yang kuat dan tangguh. Tidak hanya nama, sikap dari Nabi Harun sendiri juga mampu mencerminkan namanya. Oleh karena itu nama Harun sangat cocok Anda gunakan untuk bayi laki-laki dengan harapan agar anak tersebut bisa tumbuh menjadi sosok yang kuat, tangguh, dan juga beriman kepada Allah SWT.

  • Yusuf

Diceritakan di dalam Al-Qur’an bahwa Nabi yang bernama Yusuf adalah salah satu Nabi yang memiliki wajah tampan, rupawan, yang sangat menawan bagi para wanita. Sampai-sampai kisah Nabi Yusuf diceritakan secara lengkap di dalam kitab suci al-Qur’an. Nabi Yusuf adalah salah satu anak  Nabi Yakub yang sangat disayangi olehnya. Karena Nabi Yakub sangat menyayangi Yusuf, saudara-saudara Yusuf yang lain pun iri dan berniat untuk membunuh Yusuf kecil.

Saudara-saudara Nabi Yusuf berhasil membuang Nabi Yusuf di sebuah hutan dan di dalam sumur yang sangat dalam. Saudara-saudara Nabi Yusuf pun berbohong kepada ayahnya bahwa Yusuf di makan hewan buas di hutan. Namun, atas kehendak Allah Nabi Yusuf berhasil ditemukan oleh pengembara kemudian beliau diangkat anak oleh saudagar yang sangat kaya raya. Dari situlah akhirnya kebohongan para saudara Yusuf terbongkar dan Nabi Yakub pun kecewa.

Selain memiliki ketampanan yang memikat, Nabi Yusuf juga ahli dalam menafsirkan mimpi, berakhlak baik, dan sangat santun. Pada zaman sekarang nama Yusuf mungkin sudah banyak yang menggunakan karena berharap anak nya bisa tumbuh seperti Nabi Yusuf.

  • Daud

Jika Anda ingin memiliki anak yang memiliki sifat berani dan kuat maka nama Daud adalah salah satu pilihan tepat. Sebagaimana Nabi Daud yang selalu berani untuk menyampaikan kebenaran meskipun harus terluka di medan perang. Salah satu peristiwa yang dialami oleh Nabi Daud adalah ketika beliau ikut perang hanya berbekal senjata ketapel dan juga kerikil untuk melawan pasukan Palestina yang dipimpin oleh Raksasa bernama Jalut. Dengan pertempuran yang menegangkan, atas izin Allah Daud dan pasukannya menang melawan raksasa Jalut beserta pasukannya meski hanya berbekal senjata yang apa adanya.

Selain keberanian dan kekuatan, Nabi Daud juga dikenal sebagai salah satu Nabi yang memiliki suara merdu. Disaat Nabi Daud membaca kitab Zabur tidak hanya manusia yang tertegun, namun burung-burung dan gunung pun ikut bertasbih memuliakannya. Kelebihan lain yang dimiliki oleh beliau adalah mampu bicara dengan burung, sangat cerdas, dan mampu melunakkan besi hanya dengan tangannya. Baitul Muqqadis atau yang sekarang dikenal dengan nama Baitul Aqsa adalah salah satu bangunan yang dibuat Nabi Daud saat beliau diangkat menjadi seorang raja.

Bagi Anda yang berharap anak laki-laki Anda menjadi seorang yang berani, gagah, dan dekat dengan Allah maka nama Daud adalah nama paling tepat untuk di selipkan dalam susunan nama yang akan Anda pilih. Semoga dengan nama yang baik anak yang diberi nama tumbuh menjadi hamba Allah yang senantiasa dekat dengan-Nya.

Dipilih dari Nama Sahabat Rasululloh

Tidak hanya para Nabi, sahabat-sahabat Rasul juga bisa menjadi pilihan untuk nama para bayi laki-laki. Sahabat-sahabat Rasul adalah orang-orang yang istimewa karena mereka lah owang yang bisa secara langsung melihat, mendampingi, dan mencontoh Rosul dalam bertindak, berdakwah, dan menegakkan Islam. Asal dari sahabat Rasululloh pun dari berbagai kalangan. Ada yang ikut dengan Rosululloh sejak awal berdakwah dan ada juga yang dulu memusuhi Rosul akhirnya mengikutinya.

Kemanapun Rosul berdakwah, beberapa sahabat pasti setia untuk menemani sehingga sangat dekat dengan Rosul. Oleh karena itu, memilih nama bayi laki-laki dari sahabat Rosululloh juga menjadi salah satu pilihan yang di anjurkan oleh banyak ulama’. Siapa sajakah nama-nama sahabat yang di rekomendasikan sebagai pilihan nama bayi laki-laki? Berikut lebih jelasnya.

  • Abizar

Nama Abizar adalah salah satu sahabat nabi yang cukup terkenal pada masanya. Nama lengkap Abizar sendiri adalah Abizar Al-Ghifari. Keistimewaan yang dimiliki Abizar adalah beliau menjadi orang pertama pada zaman Rasul yang mau masuk agama Islam secara suka rela dan tanpa paksaan dari siapapun. Jika ingin bertemu dengan Rasululloh, beliau rela pergi ke Mekkah dengan berjalan kaki meskipun jarak yang ditempuh harus puluhan kilometer. Abizar adalah sosok yang setia, tegar, pemberani, arif, dan sangat peduli dengan orang lain yang membutuhkan.

Meskipun dulu nya Abizar hidup di lingkungan perampok, namun hal tersebut bisa ia hindari dengan baik. Setelah masuk Islam Abizar berhasil menyebarkan agama Islam di suku nya dan atas izin Allah Abizar berhasil meng-Islamkan seluruh suku nya bahkan para perampok sekalipun. Menurut bahasa Arab, nama Abizar memiliki arti tambang emas. Memilih nama Abizar adalah salah satu pilihan tepat, berarti baik, dan bisa menjadi contoh yang baik. Selain itu nama Abizar juga terdengar unik dan modern.

  • Khalid

Beberapa orang mungkin sudah banyak yang memilih nama ini sebagai nama bayi laki-lakinya. Khalid adalah sahabat nabi yang mendapat julukan pedang Allah yang terhunus. Apa maksudnya? Khalid atau yang memiliki nama lengkap Khalid Bin Walid merupakan sahabat nabi yang menjadi panglima perang yang paling penting dalam sejarah Islam. Khalid berhasil memimpin peperangan dalam 3 periode sekalipun yaitu periode Nabi Muhammad, Abu Bakar, dan Umar Bin Khattab.

Kegigihan, keberanian, kewibawaan, dan kekuatan yang dimiliki Khalid menjadikan nya selalu menang di medan perang. Meskipun demikian beliau sangat setia dengan Islam dan Nabi Muhammad. Khalid juga menjadi sumber inspirasi banyak orang pada zamannya. Arti nama Khalid sendiri menurut bahasa Arab adalah keabadian. Jika Anda ingin memiliki anak yang tumbuh dengan kuat dan pemberani silahkan memilih nama Khalid sebagai nama utama nya.

  • Amru

Amru atau yang memiliki nama panjang Amru Bin Al Ash adalah sahabat nabi yang sangat cerdas dan memiliki banyak sekali bakat. Kecerdasan dan bakat Amru tidak banyak yang mengetahui saat beliau menjadi pedagang keliling dari Yaman sampai Mesir. Namun setelah kemampuan Amru diketahui banyak orang terutama kemampuan berbahasanya, beliau akhirnya sering dijadikan negosiator oleh orang-orang Quraisy. Selain kemampuan berbahasa, Amru juga sangat mahir dalam berkuda, penyair yang hebat, dan menjadi panglima perang.

Kesempurnaan yang dimiliki Amru menjadikan nya dipilih sebagai Gubernur di Mesir dan sempat memimpin Palestina beberapa saat. Arti dari nama Amru menurut bahasa Arab adalah kehidupan yang abadi, bisa juga diartikan sebagai kekasih. Amru bisa menjadi pilihan nama paling tepat jika Anda menginginkan anak laki-laki yang tumbuh menjadi seorang yang cerdas dan berbakat.

  • Sufyan

Perlu Anda ketahui bahwa Abu Sufyan adalah saudara sepersusuan Nabi Muhammad SAW. Meskipun saat kecil Abu Sufyan dan Nabi sangat akrab, namun saat Rasul diangkat menjadi Nabi, Abu Sufyan mulai memusuhi Nabi dan seluruh sahabat-sahabat nabi sekitar 20 tahun lamanya. Namun Allah memberikan hidayah kepadanya sehingga beliau takhluk dan akhirnya masuk Islam tepatnya pada fase penaklukan Mekkah. Sejak masuk Islam, Abu Sufyan sangat pandai dan rajin dalam beribadah. Rasululloh SAW pernah berkata bahwa Abu Sufyan adalah seseorang yang masuk masjid paling awal dan keluar masjid paling akhir, dalam artian beliau sangat rajin dalam beribadah.

Usaha nya untuk berubah menjadi orang yang lebih baik patut untuk kita contoh, nama Sufyan banyak digunakan oleh penduduk muslim di seluruh penjuru. Sufyan sendiri memiliki arti badai pasir atau berjalan cepat. Semua manusia pasti pernah khilaf, tapi jika mau berubah jalan taubat Allah masih sangat lebar. Silahkan pilih nama ini untuk menjadi pilihan nama bayi laki-laki yang islami dan berarti baik.

  • Ayyas

Ayyas adalah sahabat nabi yang memiliki nama lengkap Ayyas Bin Abu Radiah. Beliau adalah salah satu sahabat yang terkenal sangat mencintai ibunya. Ada salah satu kisah yang mengatakan bahwa saat Ayyas hendak berhijrah ke Mekkah kemudian Abu Jahal mengatakan bahwa ibu Ayyas sedang sakit, beliau langsung membatalkan niatnya dan memilih menjenguk ibunya. Namun ternyata ibunya tidak sakit dan itu hanya akal-akalan Abu Jahal saja.

Ayyas gugur di medan perang Yarmuk yang membuat keluarga dan sahabatnya cukup sedih. Namun disisi lain keluarga dan sahabat tenang karena Ayyas mati dalam keadaan syahid. Arti dari nama Ayyas sendiri menurut bahasa Arab adalah memakmurkan. Semua orang tua pasti ingin memiliki anak yang berbakti dan memuliakan orang tua bukan? Menamai anak dengan anam Ayyas bisa menjadi sebuah harapan dan doa agar anak bisa tumbuh seperti apa yang diinginkan orang tua.

Nama Bayi Laki-Laki Islami dari Para Khalifah

Tidak sedikit orang tua yang berharap anak nya menjadi anak yang bermanfaat bahkan jika perlu menjadi anak yang bisa memimpin. Sebelum memimpin negara atau suatu wilayah, seseorang diwajibkan untuk bisa memimpin dirinya sendiri. Nah, jika Anda memang menginginkan anak Anda bisa memimpin saat sudah dewasa tidak ada salah nya jika Anda menamai anak laki-laki dengan nama yang di ambil dari para khalifah.

Khalifah adalah pemimpin umat Islam setelah kepergian Rasululloh, keberhasilan beberapa khalifah dalam memimpin umat dan negara sangat perlu untuk di contoh terutama di zaman sekarang. Beberapa nama yang direkomendasikan sebagai pilihan tepat untuk nama bayi laki-laki dari para khalifah diantaranya adalah:

  • Hisyam

Hisyam atau yang memiliki nama panjang Hisyam Bin Abdul Malik adalah nama seorang khalifah Bani Umayyah yang ke- 10. Beliau menjadi khalifah sampai 20 tahun sejak beliau berumur 35 tahun. Hisyam adalah seorang khalifah yang sangat pemberani dan memiliki strategi militer cukup baik. Beberapa masalah internal yang terjadi di dalam negaranya bisa ia atasi dengan baik. Selain keaktifannya dalam dunia militer, Hisyam juga berhasil membangun banyak sekali sekolah, berkembangnya sastra, ilmiah, dan menciptakan berbagai seni baru.

Meskipun memiliki sikap yang pemberani dan tegas, namun beliau adalah seorang khalifah yang lemah lembuh, murah hati, dan juga sangat dermawan. Karena itulah masyarakat pada masa nya sangat menyukainya. Makna yang terkandung dari nama Hisyam sendiri cukup bagus, Hisyam yang berasal dari kata Hashama ini memiliki arti menghancurkan. Secara realita Hisyam berhasil menghancurkan kebodohan sehingga kekhalifahan nya menjadi salah satu periode yang berkembang. Karena beberapa alasan itulah nama Hisyam sangat cocok Anda pilih sebagai nama bayi laki-laki Anda.

  • Ali

Nama Ali memang sudah banyak sekali yang memakai baik orang Islam luar negeri ataupun dalam negeri. Ali atau khalifah yang memiliki nama panjang Ali Bin Abu Thalib ini adalah khalifah ke- 4 sepeninggal Rosululloh SAW. Selain khalifah, Ali adalah menantu dari Rasul sekaligus menjadi khalifah terakhir di dalam Khulafaur Rasyidin. Sebagai khalifah yang dekat dengan Rasululloh tentu Ali memiliki banyak kelebihan yang sangat menakjubkan.

Ali Bin Abu Thalib adalah suami dari Sayyidah Fatimah Az-Zahra yang sangat cerdas, pandai memainkan pedang, tangguh, dan sangat berwibawa. Saat menjadi khalifah Ali memiliki gaya kepemimpinan merakyat sehingga membuat seluruh rakyat merasa diperhatikan oleh pemimpinnya. Selain itu Ali juga mengembangkan pembangunan kota dan juga dalam bidang pendidikan di zaman nya.

Dalam bahasa Arab, makna Ali adalah tinggi atau yang mulia. Tak heran jika banyak sekali orang yang memilih nama Ali untuk nama bayi laki-laki mereka. jika Anda juga ingin memilih Ali sebagai nama bayi laki-laki Anda, sebaiknya gandengi nama Ali dengan nama lain yang unik dan memiliki arti yang baik agar bisa dibedakan dengan Ali yang lainnya.

  • Abdulloh

Membaca nama Abdulloh pasti Anda sudah tahu kan beliau siapa? Abdulloh adalah sahabat sekaligus mertua dari Nabi Muhammad SAW. Abdulloh atau yang memiliki nama asli Abu Bakar Ash-Siddiq ini menjadi khalifah pertama setelah sepeninggalan Rasululloh SAW. Selain memiliki keturunan yang baik, Abdulloh adalah seorang khalifah yang berakhlak mulia, lemah lembut namun tegas, jujur, penyayang, berwibawa, dan memiliki wawasan yang sangat luas.

Saat kekhalifahan Abdulloh, beliau menggunakan gaya kepemimpinan yang lebih bersifat demokratis. Contoh nya saja meskipun kepemimpinan berada dalam tangan khalifah namun dalam mengambil keputusan beliau  selalu bermusyawarah terlebih dahulu dengan para sahabat. Nama Abdulloh memiliki arti yang intim dengan Allah yaitu penghambaan kepadaNya. Sangat bagus jika nama Abdulloh Anda jadikan sebagai nama bayi laki-laki Anda.

  • Yazid

Khalifah yang memiliki nama Yazid memang tidak hanya satu khususnya saat pemerintahan Bani Umayyah. Terdapat 3 khalifah yang memiliki nama Yazid salah satu  nya adalah Yazid Ibnu Al Walid. Yazid sendiri adalah khalifah yang memimpin hanya 6 bulan saja karena beliau meninggal di pertengahan menjadi khalifah karena penyakit tumor otak. Meskipun hanya sebentar, namun kemampuan Yazid dalam menjadi khalifah tidak bisa di ragukan lagi. Beliau adalah seorang khalifah yang memiliki kepribadian sederhana, adil, cakap, dan sangat bijak dalam mengambil keputusan. Di dalam al-Qur’an nama Yazid disebutkan di dalam surat Al-Isra’ ayat 109 yang berarti kemajuan.

  • Umar

Khalifah yang terakhir yang kami rekomendasikan untuk nama bayi laki-laki adalah Umar. Beliau adalah khalifah kedua setelah Abu Bakar As-Shiddiq, selama menjadi khalifah banyak sekali perkembangan yang diberikan oleh Umar. Atas segala kelebihannya Umar bin Khattab mendapat julukan Singa Padang Pasir yang ditakuti oleh siapa saja. Bahkan Rosululloh pernah bersabda bahwa siapa saja yang melihat Umar sampai setan sekalipun akan lari terbirit-birit. Islam menjadi lebih berkembang dibawah kekhalifahannya.

Meskipun ia ditakuti oleh siapa saja, namun Umar tidak sombong karenanya. Beliau tetap menjadi khalifah yang sederhana dan sangat pandai dalam beribadah. Makna dari nama Umar sendiri adalah melimpah dan panjang umur. Tentu saja nama ini adalah pilihan baik untuk bayi laki-laki Anda. Karena mendoakan anak agar memiliki umur yang melimpah dan panjang umur adalah doa yang baik dan wajib untuk diberikan kepada anak.

Nama Bayi Laki-Laki Islami Pilihan dari Para Sastrawan terkenal

Tidak hanya diambil dari para nabi, sahabat, dan juga khalifah. Anda juga bisa memberi nama bayi laki-laki Anda dari nama sastrawan terkenal. Di dunia ini ternyata banyak sekali sastrawan yang hebat dan beragama Islam yang tentunya menginspirasi. Bahkan karya-karya yang dibuat sampai sekarang masih berpengaruh di belahan dunia. Selain hebat dalam berkarya, beberapa sastrawan tersebut juga membantu perkembangan peradaban Islam. nah, siapa sajakah nama-nama yang tepat untuk bayi laki-laki yang di ambil dari para sastrawan terkenal? Berikut lebih lengkapnya!

  • Nizami

Nizami adalah sastrawan pertama yang bisa Anda pilih sebagai nama bayi laki-laki selanjutnya. Nizami memiliki nama lengkap Nizami Ganzavi, beliau adalah tokoh sastra terkenal yang hidup di abad e 12 sampai ke 13. Nizami bergelut dalam bidang epic romantk terbesar di dunia yaitu penyair kesustraan Persia. Selain cerdas dalam membuat syair, Nizami juga bergelut dalam dunia pengetahuan seperti astronomi, matematika, astrologi, kimia, dan kedokteran.

Karya Nizami yang sampai saat ini masih dikenal oleh masyarakat belahan dunia adalah cerita Laila Majnun yang mendapat julukan Romeo Juliet versi negara Iran. Selain menciptakan sebuah novel, Nizami juga menyelipkan berbagai kata-kata indah yang menjadikan pembaca semakin tersanjung dan bergelora. Jika Anda adalah salah satu orang yang kebetulan tertarik dalam dunia sastra dan mengharapkan anaknya menjadi seorang sastrawan, nama Nizami bisa menjadi pilihan tepat.

  • Attar

Nah, Attar adalah pilihan sastrawan selanjutnya yang tak kalah hebatnya. Attar adalah nama yang diambil dari nama sastrawan bernama pena Fakhruddin Attar dengan nama asli Abu Hamid. Beliau adalah seorang penyair yang berasal dari Persia dan terkenal dengan nuansa mistik nya. Beberapa karya yang di ciptakan oleh Attar dan masih fenomenal adalah Mantiq Al Tayr. Beberapa buku yang ia ciptakan kebanyakan menceritakan mengenai pengalaman mistiknya dalam berfilsafat.

Selain menjadi penyair yang dikenang, karya Attar juga berhasil menginspirasi penyair lain sehingga beliau menjadi salah satu penyair berpengaruh. Beberapa musisi Barat banyak yang menjadikan karya Attar sebagai referensi dalam membuat lagu. Abu Hamid memilih nama pena Attar karena memiliki arti yang baik yaitu berarti ahli farmasi. Abu Hamid memang menggunakan nama ni ketika beliau masih bekerja di bidang farmasi. Nama Attar juga sering digunakan di negara Arab dan juga Iran. Bagi Anda yang berharap anak Anda menjadi seorang yang ahli dalam dunia kedokteran atau farmasi nama Attar adalah nama yang tepat untuk diberikan kepada bayi laki-laki Anda.

  • Sanai

Selanjutnya adalah Sanai, beliau adalah penyair yang hidup di abad ke 11 sampai ke 12. Penyair dari Persia ini memiliki karya yang sangat hebat dan sangat terkenal yaitu The Hadiqat Al Haqiqah. Karya ini adalah adalah karya epik mistis berbau sufisme pertama di Persia. Karena karyanya, Sanai mendapat julukan dari masyarakat sebagai guru para sufi Persia. Tidak dapat dipungkiri, Sanai memang memiliki bakat yang luar biasa dalam membuat syair yang memiliki makna sangat mendalam.

Selain hebat dalam berkarya, Sanai sejak kecil tinggal di suatu istana dengan kemewahan yang tiada tara. Namun tidak tahu kenapa Sanai meninggalkan kemewahan begitu saja sejak menjadi seorang sufi yang dikenal tidak pernah memikirkan masalah dunia. Jiwa spiritual yang tinggi sangat menginspirasi sampai saat ini. Nama Sanai sendiri berasal dari bahasa Arab yang memiliki arti kecermelangan. Nama ini sangat tepat Anda pilih agar bayi laki-laki menjadi anak yang cerdas dan cemerlang.

  • Hasan

Nama Hasan mungkin sudah tidak asing di masyarakat. Ternyata Hasan adalah salah satu penyair yang hidup di zaman Rasululloh SAW. Hasan atau yang memiliki nama panjang Hasan bin Sabit adalah penyair religius pertama yang masuk Islam. Pada zaman Rasul syair bukan sekedar budaya yang dilestarikan, namun syair juga sebagai salah satu media komunikasi yang sangat penting di masyarakat.

Bakat syair Hasan ternyata mampu mengelabuhi kaum Quraisy sebelum perang sehingga kaum Quraisy hilang kekuatan. Melalui syair nya, ajaran Rasululloh dapat tersampaikan dengan lancar. Bakat yang dimiliki Hasan, membuatnya berhasil mendapat pusian dari Rasululloh. Tidak heran jika banyak orang yang memilih nama Hasan dengan harapan agar anak-anak nya tumbuh menjadi generasi yang baik dan cerdas seperti Hasan.

  • Rumi

Membaca nama Rumi mungkin sebagian dari Anda sudah tidak asing dengan kehebatan penyair yang satu ini. Pria yang berasal dari Persia ini memiliki nama lengkap Jalaludin El Rumi. Beliau adalah ahli Sufi dan penyair hebat pada abad ke- 13. Tulisan nya yang ditulis dengan bahasa Persia tersebut sekarang sudah diterjemahkan dalam berbagai bahasa. Syair nya mampu memberikan pengaruh ke seluruh berbagai belahan dunia seperti Asia Tenggara, Yunani, Asia Tengah, Turki, dan lain sebagainya.

Karya yang mendunia ini sangat wajib untuk dimiliki semua orang khususnya bagi Anda yang tertarik dalam dunia sastra. Nama Rumi juga sudah banyak yang menggunakan karena berharap keturunan nya bisa menjadi orang yang sukses seperti Rumi. Di Indonesia sendiri sudah yang menjadikan nama Rumi sebagai namanya, yaitu anak dari Ahmad Dani yang bernama Ahmad El Jalaludin Rumi.

Nama Bayi Laki-Laki Islami Pilihan dari Nama Ilmuwan Terkenal

Selain dari sastrawan, nama bayi laki-laki juga bisa Anda ambil dari ilmuwan terkenal loh! Jika dari berbagai pilihan di atas masih belum ada yang tepat untuk dipilih sebagai nama anak, maka berikut terdapat beberapa pilihan nama bayi laki-laki yang diambil dari para ilmuwan terkenal. Siapa sajakah mereka?

  • Razi

Razi adalah nama ilmuwan yang memiliki nama panjang Zakaria Ar Razi, beliau adalah ilmuwan yang dikenal sebagai Razhes di Barat. Ilmuwan yang berasal dari Rusia ini adalah seorang ilmuwan Sains hebat terutama di bidang kedokteran pada abad ke – 9 sampai ke – 10. Kehebatannya di bidang Sains, menjadikan nya mendapat julukan dokter nya para dokter. Razi adalah dokter pertama yang menulis mengenai imunologi, alergi, campak, dan juga cacar. Sampai sekarang karya nya sangat bermanfaat dan dipakai oleh para dokter di seluruh dunia. Nama Razi bisa Anda pilih sebagai pilihan nama bayi laki-laki selanjutnya.

  • Tsabit

Nah, ilmuwan yang satu ini adalah seorang yang ahli astronom, matematikawan, dan juga fisikawan. Tsabit Bin Qurra adalah ilmuwan yang hidup di masa kekhalifahan Bani Abbasiyah. Keahliannya dalam bidang Sains juga sangat mempengaruhi perkembangan dunia pada masa nya bahkan sampai sekarang karya nya masih banyak yang dijadikan sumber referensi para ilmuwan. Nama Tsabit sendiri masih sangat jarang digunakan oleh masyarakat umum. Jadi jika Anda bisa memilih nama ini sebagai nama bayi laki-laki unik Anda yang berarti baik.

  • Sina

Ibnu Sina adalah ilmuwan yang terkenal di seluruh dunia. Beliau adalah seorang dokter, dan merupakan penulis serta cendekiawan terbesar di masa kejayaan Islam. karya-karya beliau menjadi sumber referensi yang paling sering dipakai para peneliti. di bangku perkuliahan nama Ibnu Sina menjadi salah satu tokoh favorit yang selalu diperbincangkan terutama dalam bidang Sains.

Arti dari Sina sendiri adalah diberkahi yang diambil dari bahasa Latin. Kehebatan Ibnu Sina dalam menciptakan berbagai ilmu sains tentu Anda harapka terjadi di anak Anda bukan? Pada masyarakat umum Sina juga masih jarang dijadikan nama seseorang, sehingga Anda bisa memilih nama ini sebagai nama depan atau nama belakang yang unik untuk bayi.

  • Haitham

Kalau ilmuwan yang satu ini berasal dari Arab dengan nama lengkap Ibu Haitham. Beliau adalah salah satu ilmuwan yang banyak memberikan kontribusi dalam bisang astronomi, optik, persepsi vitual, dan juga matematika. Beliau adalah salah satu ilmuan yang menjelaskan mengenai proses melihat yang dilakukan oleh mata. Beliau berhasil melakukan penelitian berbagai hal mengenai cahaya dan menjadi pencipta mikroskop dan teleskop.

Kecerdasan nya menjadikan Haitham berhasil menulis sebanyak 200 buku mengenai Sains dan dalam bidang lainnya. Nama Haitham diambil dari bahasa Arab yang memiliki arti elang muda. Arti yang bagus untuk bayi laki-laki bukan? Anda bisa memilih nama ini jika tertarik dengan nama yang unik dan tidak pasaran.

  • Farabi

Ilmuwan terakhir yang tidak kalah terkenal karena ilmu nya adalah Al Farabi. Beliau adalah salah satu ilmuan yang berasal dari Damaskus. Beberapa ilmu yang berhasil beliau geluti adalah ilmu filosofi, psikologi, metafisika, pendidikan, dan juga logika. Karya Al Farabi yang sering digunakan oleh dunia adalah Al Madinah Al Fadhilah. Kepiawaian  Farabi dalam belajar patut di contoh terutama oleh anak zaman sekarang. Nama Farabi juga terkesan unik dan sangat cocok dijadikan nama panggilan anak laki-laki zaman sekarang.

Berbagai pilihan nama bayi laki-laki di atas adalah nama-nama pilihan yang memiliki latar belakang sangat hebat sehingga tepat untuk dipilih sebagai nama seorang bayi. Dalam Islam sebenarnya banyak sekali pilihan nama yang unik, menarik, dan pasti nya memiliki arti baik. Dari beberapa pilihan di atas sudahkah Anda mendapatkan nama yang cocok untuk buah hati? Semoga pilihan di atas membantu!

101+ Nama Bayi Laki-Laki Islami Yang Paling Populer (Besarta Artinya)

Leave a Reply