Menilik Sejarah Singkat Berdirinya Pondok Pesantren Wali Songo

Pondok Pesantren Wali Songo – Apabila Anda bertanya-tanya soal pondok pesantren Wali Songo dan berada dimana ponpes tersebut, maka disini akan dibahas secara singkat, padat dan jelas mengenai sejarah berdirinya dari ponpes tersebut. Berikut penjelasan singkatnya!

Awal Mula Berdirinya Pondok Pesantren Wali Songo

Awal Mula Berdirinya Pondok Pesantren Wali Songo

Pondok Pesantren Wali Songo atau yang disingkat PPWS sudah berdiri sejak tahun 1993 yang diprakarsai oleh Khr. Moh Kholil As’Ad setelah Beliau pulang menuntut ilmu dari Mekkah pada tahun 1991 masehi. Khr. Moh Kholil As’Ad adalah putra dari seorang ulama besar yang dilahirkan di Mekkah dan sangat disegani oleh kalangan Nahdliyin (pengikut NU) yang bernama Khr. As’Ad Syamsul Arifin.

Awal mula timbulnya gagasan untuk mendirikan PPWS berasal dari kegiatan pengajian dan majelis taklim yang digelar setiap Senin malam untuk masyarakat yang ada di sekitar Lora Kholil As’ad, dan adanya pengajian Al-Qur’an pada setiap Minggu untuk anak-anak usia dini.

Selain itu, Lora Kholil As’Ad diketahui sangat aktif dalam melakukan pembinaan mental dan spiritual pada setiap perkumpulan Anak Jalanan yang disebut ANJAL, dimana perkumpulan itu berisikan remaja pengangguran, para bromocorah hingga anak-anak jalanan.

Singkat cerita, usaha dakwah yang dilakukan oleh Lora Kholil As’Ad pun disambut dengan penuh antusias oleh masyarakat Situbondo, sampai membuat pengajian dan majelis taklim yang digelarnya selalu dihadiri oleh ribuan masyarakat, ratusan truk dan kendaraan lain yang selalu berlalu lalang sejak subuh pada setiap akhir pekan tiba.

Bahkan perkumpulan ANJAL tercatat memiliki 20 ribu anggota, yang akhirnya atas desakan dan kepercayaan dari masyarakat sekitar, Lora Kholil As’Ad pun membangun sebuah ponpes yang dijadikan sebagai media untuk mengembangkan dakwah yang sudah dilakukan sebelumnya.

Dipilihnya nama Wali Songo karena dinilai sebagai bentuk dan usaha dalam melanjutkan perjuangan sekaligus mengikuti jejak para Wali Songo dalam menyebarkan dakwah Islama ala ahlussunnah wal jama’ah.

Cerita Singkat Pembangunan PPWS

Cerita Singkat Pembangunan PPWS

PPWS ini dibangun secara bertahap, dimulai dari bangunan Taman Pendidikan Qur’an, dilanjutkan Musholla dan masjid lalu sarana pendidikan baik itu madrasah, asrama santri putri dan putra. Luas bangunannya pun menjadi sekitar 5 Ha, sedangkan 5 Ha lainnya digunakan untuk lahan pertanian sekaligus peternakan.

Ponpes ini selesai dibangun pada tahun 1993 dan diresmikan oleh KHR. Moh. Kholil As’ad, dan sudah mengalami banyak perkembangan luar biasa, baik dari segi pembangunan fisik, maupun kualitas pendidikan hingga jumlah santri.

Di usianya yang ke-19 tahun saja, pondok Pesantren Wali Songo sudah punya 8950 santri putra dan putri dengan fasilitas yang cukup lengkap yang tersedia sekitar 500 jumlah kamar untuk santri putra dan putri, tentu saja untuk menemukan sejarah Wali Songo lengkap di ponpes ini bukan perkara yang sulit.

Menilik Sejarah Singkat Berdirinya Pondok Pesantren Wali Songo

Tinggalkan komentar