Sebutkan 9 Wali Songo? Inilah Silsilah dan Penjelasan Singkatnya

Sebutkan 9 Wali Songo – Apakah Anda pernah diminta untuk sebutkan 9 wali songo? Jika iya, apakah sebelumnya Anda sudah familiar dengan yang namanya Wali Songo? Tokoh yang berperan penting dalam penyebaran agama Islam di tanah Jawa pada abad ke-14. Untuk lebih jelas lagi, simak ulasan lengkap mengenai sejarah Wali Songo lengkap berikut ini!

Mengapa Disebut Wali Songo?

Mengapa Disebut Wali Songo?

Dalam menyebarkan ajaran agama Islam, para Wali Songo diketahui tinggal di Pantai Utara Pulau Jawa, mulai dari Jawa Timur, Jawa Tengah hingga Jawa Barat. Pada saat berdakwa, setiap dari Wali Songo itu diketahui meninggalkan buktinya masing-masing, dan sembilan wali Allah itu pun disebut dengan Sunan karena dinilai sudah berjasa dalam menyebarkan ajaran dan agama Islam.

Wali bisa didefinisikan sebagai wakil atau jika dilihat secara agama Islam artinya waliyullah yang merupakan wali Allah atau sahabat Allah. Sementara Songo artinya sembilan, sehingga secara garis besar dapat disimpulkan kalau Wali Songo merupakan 9 wali Allah yang membantu menyebarkan ajaran dan agama Islam.

Sebutkan 9 Wali Songo?

Sebutkan 9 Wali Songo

Apabila Anda diminta untuk sebutkan 9 Wali Songo, maka berikut ini daftar lengkap orang-orang yang disebut Wali Songo:

  1. Sunan Gunung Jati

Syarif Hidayatullah disebut dengan Sunan Gunung Jati, karena peran pentingnya dalam penyebaran Islam di Jawa Barat sekaligus pendiri dinasti kesultanan Banten.

  1. Sunan Ampel

Raden Rahmat atau lebih dikenal dengan Sunan Ampel merupakan salah satu anggota Wali Songo yang memulai dakwahnya pada sebuah pesantren yang didirikan di Ampel Denta yang lokasinya ada di kota Surabaya.

  1. Sunan Gresik

Maulana Malik Ibrahim atau yang akrab disebut Sunan Gresik merupakan guru para wali dan menjadi orang pertama yang masuk ke pulau Jawa, dengan asal – usul dari keluarga muslim yang taat sampai akhirnya menjadi seorang ulama.

  1. Sunan Bonang

Raden Makhdum atau yang dikenal dengan nama Sunan Bonang merupakan Wali Songo yang terkenal dengan penyebaran Islamnya dengan menyesuaikan corak masyarakat Jawa yang hobi wayang dan musik gamelan.

  1. Sunan Giri

Raden Paku atau yang akrab disebut Sunan Giri merupakan putra Maulana Ishak yang mendapat tugas dari Sunan Ampel untuk menyebarkan agama Islam di daerah Blambangan, serta sempat mendirikan sebuah pesantren di daerah Giri.

  1. Sunan Drajat

Raden Qasim atau Sunan Drajat adalah salah satu Wali Songo yang jiwa sosialnya tinggi, karena sering memberikan pertolongan pada fakir miskin, orang sakit sampai yatim piatu.

  1. Sunan Muria

Raden Umar Said atau lebih populer sebagai Sunan Muria merupakan Wali Songo yang sangat berjasa dalam penyebaran agama Islam ke daerah pedesaan. Selain itu, Beliau juga suka menyendiri dan tinggal di desa agar bisa menyatu dengan rakyat.

  1. Sunan Kudus

Sunan Kudus atau Ja’far Shadiq merupakan Wali SOngo yang memiliki ilmu yang luas dan keahlian khusus di bidang agama. Beliau juga pernah dipercaya memegang pemerintahan di daerah Kudus.

  1. Sunan Kalijaga

Raden Sahid atau Sunan kalijaga merupakan Wali Songo yang terkenal sebagai budayawan dan seniman suara, seni busana dan seni ukir. Beliau juga berperan penting dalam menciptakan cerita wayang yang coraknya keislaman.

Dari penjelasan diatas, Anda tidak perlu bingung lagi ketika ada yang minta untuk sebutkan 9 Wali Songo, karena penjelasan di atas sudah sangat ringkas, padat dan muda dipahami.

Sebutkan 9 Wali Songo? Inilah Silsilah dan Penjelasan Singkatnya

Tinggalkan komentar