Sejarah Singkat Wali Songo yang Jarang di Ketahui Orang

Sejarah Singkat Wali Songo – Seperti yang telah kita ketahui bahwa para wali songo ini adalah orang – orang yang sangat berjasa dalam penyebaran Islam di Nusantara. Maka dari itu bagi Anda yang ingin mengetahui sejarah singkat wali songo di tanah Jawa, berikut ini ulasannya.

  1. Sunan Gresik

Sunan Gresik

Sejarah Wali songo yang pertama adalah sunan Gresik, Sunan Gresik ini juga dikenal dengan nama Maulana Malik Ibrahim atau Syekh Maulana Magribi. Sunan Gresik ini adalah salah satu pendakwah yang sengaja dikirim ke pulau Jawa dan Sulawesi oleh Sultan Zainal Abidin dari kerajaan Samudra Pasai untuk menyebarkan ajaran Islam. Sunan Gresik ini berasal dari daerah Afrika utara yang bernama Magribi. Selain itu Sunan Gresik merupakan orang Islam pertama yang masuk ke pulau Jawa.

  1. Sunan Ampel

Sunan Ampel

Wali songo yang kedua adalah putra dari Sunan Gresik yaitu Sunan Ampel atau lebih dikenal dengan nama Raden Rahmat. Sunan Ampel memulai dakwahnya dengan mendirikan sebuah pesantren yang bernama Pesantren Ampel Denta. Dari pesantren tersebut Sunan Ampel melahirkan murid – murid yang hebat seperti Raden Patah, Raden Paku, Maulana Ishak, Raden Makhdum Ibrahim dan Syarifudin. Sunan Ampel juga menjadi orang yang sangat berjasa bagi kerajaan Demak, karena mengangkat Raden Patah sebagai Sultan pertama kerajaan Demak.

  1. Sunan Bonang

Sunan Bonang

Sejarah singkat wali songo yang selanjutnya adalah cucu dari Sunan Gresik dan anak dari Sunan Ampel yaitu Raden Maulana Makhdum Ibrahim atau Sunan Bonang. Sunan BonangĀ  ini juga sangat dikenal sebagai pencipta pertama dari gending. Nah Sunan Bonang ini memiliki metode dakwah dengan menyesuaikan diri dengan budaya dan adat di tanah Jawa. Selain itu dalam aktivitas dakwah Sunan BonangĀ  juga berusaha untuk mengganti nama – nama dewa dengan nama – nama malaikat dalam Islam.

  1. Sunan Giri

Sunan Giri

Sejarah wali songo lengkap yang berikutnya adalah putra dari murid Sunan Ampel yaitu Maulana Ishak. Anak dari Maulana Ishal ini bernama Raden Ainul Yaqin atau lebih dikenal dengan Raden Paku atau Sunan Giri. Disebut Sunan Giri karena memang Raden Paku ini memulai dakwahnya di daerah Giri, bahkan beliau juga mendirikan pesantren yang diberi nama Pesantren Giri. Selain itu Sunan Giri juga terkenal dalam mendidik anak – anak dengan permainan seperti jor gula, ilir – ilir, dan cublak – cublak suweng yang masih dimainkan hingga sekarang.

  1. Sunan Drajat

Sunan Drajat

Sejarah singkat wali songo yang terakhir adalah sunan drajat. Sunan Drajat ini adalah putra dari Sunan Ampel yang dikenal dengan sebutan Syarifudin. Sunan Drajat ini juga melakukan dakwah dengan metode pendekatan melalui adat dan budaya. Maka dari itu tidak heran jika Sunan Drajat ini dikenal sebagai pencipta dari tembang Jawa yaitu tembang pangkur.

Sejarah Singkat Wali Songo yang Jarang di Ketahui Orang

Tinggalkan komentar