Sejarah Wali Songo Sunan Kalijaga Dalam Menyebarkan Ajaran Islam

Sejarah Wali Songo Sunan Kalijaga Dalam Menyebarkan Ajaran Islam – Wali Songo Sunan Kalijaga di kenal sebagai tokoh Wali Songo yang menyebarkan ajaran Islam di pulau Jawa. Banyaknya tokoh Wali Songo yang ada di Indonesia, Sunan Kalijaga merupakan Wali Songo yang paling banyak dikenal banyak orang terutama masyarakat Jawa. Bahkan, Sunan Kalijaga terkenal sebagai dalang wayang. Untuk lebih jelasnya kami paparkan sejarah Wali Songo lengkap Sunan Kalijaga.

Asal Muasal Sunan kalijaga

Asal Muasal Sunan kalijaga

Sunan Kalijaga merupakan putra dari pasangan Raden Ahmad Sahuri dan Dewi Nawangarum yang lahir pada 1450 Masehi di Tuban Jawa timur yang pada saat itu di beri nama Raden Said. Asal nama Sunan Kalijaga ada yang mengatakan berasal dari desa Kalijaga di Cirebon. Pada masa itu Sunan Kalijaga sering berdiam diri di sana dan sering berendam di sungai atau jaga kali. Maka dari itu, di beri nama Sunan Kalijaga. Sunan kalijaga melakukan pernikahan dengan Dewi Saroh Binti Maulan di anugrahi satu putra R. Umar Said ( Sunan Muria ) serta dua putri Dewi Rukiyah dan Dewi Sofiah.

Riwayat kekuasan Sunan Kalijaga

Riwayat kekuasan Sunan Kalijaga

Dikatakan masa hidup Sunan Kalijaga mencapai lebih dari 100 tahun. Sunan Kalijaga tercatat mempunyai histori kekuasaan di Majapahit, kesultanan Demak, Banten serta Kesultanan Cirebon. Bahkan Sunan Kalijaga ikut merancang dan membangun masjid Agung Demak. Pada masjid tersebut terdapat tiang kayu utama masjid dimana itu adalah rancangan dari Sunan Kalijaga. Sejarah juga menyebutkan kekuasaan terjadi di kerajaan Pajang yang lahir di tahun 1546 yang saat itu di bawah pimpinan Penembahan Senopati.

Sejarah Wali Songo Sunan Kalijaga “Jalan Dakwah Dalam Menyebarkan Ajaran Islam”

Sejarah Wali Songo Sunan Kalijaga "Jalan Dakwah Dalam Menyebarkan Ajaran Islam"

Sebenarnya dulu Sunan Kalijaga merupakan seorang perampok. Namun, hasil dari rampok yang ia kumpulkan akan dibagikan kepada orang-orang miskin. Sampai akhirnya Sunan Kalijaga bertemu dengan Sunan Bonang dan ingin menjadi muridnya. Sunan Bonang memberikan ajaran agama Islam kepada Sunan Kalijaga dan beliau melanjutkan jalan dakwahnya. Dalam menyebarkan agama Islam ia memilih menggunakan kesenian dan kebudayaan sebagai sarana dakwah. Banyak seni ukir, gamelan, wayang, seni suara yang di ciptakan Sunan Kalijaga untuk sarana dakwah. Bahkan, dengan jiwa seni yang dimiliki, beliau mampu mengubah lakon wayang yang awalnya berasal dari kisah Ramayana dan Mahabrata menjadi cerita bernuansa Islam.

Metode yang beliau terapkan ternyata sangat efektif. Karena, Sebagian besar Adipati Jawa masuk Islam di antaranya Adipati Pandanaran, Kebumen, Banyumas serta Pajang. Banyak sekali wilayah terutama di pulau Jawa sebagai tempat saksi bisu  jalan dakwah Sunan Kalijaga, salah satunya adalah Situs Taman Kera dan Petilasan Sunan Kalijaga di Cirebon.

Pada akhir hidupnya Sunan Kalijaga memilih menetap di Kadilangu daerah yang diberikan oleh raja Demak kepadanya. Wali Songo Sunan Kalijaga wafat pada tahun 1513 dan di makamkan di desa Kadilangu dekat kota Demak.

sekian semoga artikel sejarah sunan kalijaga, sejarah wali songo bermanfaat untuk anda sampai jumpa di artikel selanjutnya

Sejarah Wali Songo Sunan Kalijaga Dalam Menyebarkan Ajaran Islam

Tinggalkan komentar