Sejarah Wali Songo yang Benar dan Asli dari Sumber Terpercaya

Sejarah Wali Songo yang Benar – Mungkin sudah banyak dari Anda yang mengetahui sejarah singkat wali songo, tapj sebenarnya ada beberapa fakta menarik dari sejarah wali songo yang benar. Nah jika Anda penasaran, berikut ini adalah beberapa fakta menarik dari sejarah wali songo yang jarang orang sadari.

  1. Memiliki hubungan keluarga

Memiliki hubungan keluarga
Portrait of Asian family on floor

Fakta menarik yang pertama dari sejarah para wali songo lengkap adalah ternyata kesembilan wali songo ini masih memiliki hubungan kekeluargaan satu sama lain. Nah hal ini sebenarnya bisa terjadi karena kesembilan wali songo ini merupakan anak atau saudara yang memang meneruskan untuk mengajarkan dan menyebarkan agama Islam di Nusantara terutama pulau Jawa. Nah contohnya saja seperti Sunan Gresik yang memiliki putra bernama Raden Rahmat dan dikenal dengan Sunan Ampel yang mendirikan pesantren di daerah Surabaya. Nah Sunan Ampel ini memiliki 2 putra yaitu Sunan Bonang dan Sunan Drajat yang juga membantu meneruskan penyebaran agama Islam di Nusantara. Karena hal inilah yang menyebabkan adanya hubungan kekeluargaan dari sesama wali songo.

  1. Pelopor pendiri pesantren di Indonesia

Pelopor pendiri pesantren di Indonesia

Fakta menarik yang kedua dari sejarah wali songo yang benar adalah para wali songo ini menjadi pelopor pertama untuk mendirikan pesantren di Indonesia. Awalnya pesantren ini didirikan oleh para wali songo untuk dapat mempermudah bagi para ulama untuk bisa belajar dan lebih memperdalam ajaran agama Islam. Nah pesantren yang pertama di Indonesia didirikan di daerah Gresik oleh Sunan Gresik pada tahun 1800 M. Jadi bisa dikatakan berawal dari Sunan Gresik inilah pondok pesantren mulai banyak didirikan oleh para ulama dan tokoh agama Islam.

  1. Sejarah Wali Songo yang Benar “Ikut serta dalam membentuk kebudayaan Jawa”

Sejarah Wali Songo yang Benar "Ikut serta dalam membentuk kebudayaan Jawa"

Fakta yang berikutnya dari sejarah para wali songo adalah kesembilan wali songo ini turut serta dalam membentuk kebudayaan di tanah air khususnya pulau Jawa. Karena seperti yang kita ketahui sebelum Islam masuk masyarakat nusantara ini kebanyakan menganut ajaran Hindu dan Budha. Maka dari itu ketika wali songo masuk untuk menyebarkan ajaran Islam, mereka menggunakan wayang, tembang dan juga permainan – permainan sebagai media dakwah untuk bisa mempermudah penyebaran ajaran agama Islam. Dakwah dengan cara seperti ini juga dilihat sangat efektif dan mudah diterima oleh masyarakat tanpa harus merubah keseluruhan budaya yang telah berlaku.

  1. Masih memiliki keturunan dari kerajaan nusantara

Masih memiliki keturunan dari kerajaan nusantara

Fakta menarik yang terakhir dari sejarah wali songo yang benar adalah beberapa wali songo ini masih memiliki keturunan dari kerajaan di nusantara. Contohnya seperti Sunan Gunung Jati yang masih merupakan salah satu keturunan dari Raja Padjajaran. Lalu contoh lainnya adalah Sunan Kali Jaga yang merupakan keturunan dari Arya Wilatikta atau lebih dikenal dengan Adipati Tuban.

Sejarah Wali Songo yang Benar dan Asli dari Sumber Terpercaya

Tinggalkan komentar