Ukuran ID Card (Cm dan Mm) dan Name Tag Semua Jenis

Standar Ukuran ID Card dan Name Tag yang Berlaku

ID Card menjadi salah satu benda yang harus dimiliki oleh semua orang dengan berbagai keperluan, mulai dari anak-anak, remaja hingga orang dewasa sekalipun. Banyak yang masih belum tahu berapa ukuran ID Card yang berlaku baik skala nasional maupun internasional, berikut penjelasannya:

Standar Ukuran ID Card dan Name Tag

Keberadaan tanda pengenal sangat penting karena digunakan untuk mengetahui identitas orang lain. ID Card memiliki size yang berbeda dan bisa disesuaikan dengan kegiatan, acara atau keperluan. Nah berikut ini ada beberapa ukuran ID card yang wajib Anda ketahui:

1. Ukuran ID Card B1

Ukuran ID Card B1

Pertama adalah ukuran ID Card B1 yang termasuk kategori kecil di seri B. Jika dihitung berdasarkan ukuran cm maka panjang kali lebarnya adalah 10,2 cm x 6, 5 cm. Jenis ukuran kartu B1 ini biasanya sering digunakan sebagai tanda pengenal panitia yang tergabung dalam sebuah event.

ID Card ini dikaitkan dengan tali lanyard. Anda bisa mengukur dengan penggaris terlebih dahulu sebelum membelinya langsung.

2. ID Card B2

ID Card B2

Jenis kedua adalah ID Card B2 dengan detail ukuran panjang kali lebar yaitu 12, 6 cm x 7, 9 cm. Biasanya jenis B2 ini digunakan untuk kartu panitia, hanya saja detail gambar dan ukuran hurufnya menjadi jelas karena ukurannya lebih besar dibandingkan yang pertama.

Jika keperluan atau kegiatan yang Anda adakan membutuhkan kejelasan informasi tentang identitas, maka ukuran B2 ini adalah pilihan yang tepat.

3. ID Card B3

ID Card B3

Selanjutnya adalah ukuran ID Card B3 yang jika dikalkulasikan berdasarkan cm, maka panjangnya adalah 12, 6 cm sedangkan lebarnya 9, 5 cm. Terkait panjang, memang tidak jauh berbeda dengan ukuran B2, namun agak sedikit lebih lebar.

Biasanya, ukuran B3 ini sering digunakan pada event tertentu yang sifatnya eksklusif dan formal. Contohnya adalah acara yang diadakan oleh sebuah perusahaan, kartu keanggotaan di sebuah perusahaan, upacara dan masih banyak lagi yang lainnya.

4. Ukuran B4

Ukuran B4

Keempat adalah ukuran B4 yang diukur dalam standar cm yaitu 13, 5 cm x 9, 5 cm. Sedangkan untuk plastic yang melindunginya berukuran 15 cm x 10, 5 cm. Biasanya digunakan untuk acara semi formal dan formal. Tergantung kebijakan organisasi masing-masing.

5. ID Card A1

ID Card A1

Selanjutnya adalah ID Card A1 yang mempunyai ukuran panjang 10 cm dengan lebar 6, 8 cm. Biasanya ID Card A1 ini digunakan dalam bentuk mendatar atau landscape. Kegunaannya berbeda, jika portrait lebih sering dimanfaatkan sebagai identitas.

Sedangkan landscape lebih sering digunakan untuk atribut. Bagaimana sampai sini apakah bisa dipahami?

6. Ukuran ID Card A2

Ukuran ID Card A2

Keenam adalah ukuran ID Card A2 yang sebenarnya tidak jauh berbeda dengan A1. Panjangnya yaitu 10, 6 cm dengan lebar 8, 2 cm. Penggunaannya juga sama yaitu sebagai tanda pengenal, identitas kelompok tertentu, yang paling sering digunakan adalah bentuk mendatar.

7. ID Card untuk Kartu Nama

ID Card untuk Kartu Nama

Sebenarnya jika berbicara tentang ukuran atau dimensi dari ID Card, Indonesia sudah memiliki standar baku yang bisa dijadikan sebagai tolak ukur. Contohnya ID Card KTP memiliki standar panjang 85,60 mm dan lebar 53, 98 mm.

Ukuran tersebut sudah disesuaikan dengan standar ISO 7810. Berbeda dengan dimensi KTP zaman dahulu yang masih 1011 pixels dengan 638 pixels.

Tentunya juga berbeda dengan ukuran tanda pengenal yang digunakan dalam sebuah perusahaan karena lebih bervariasi lagi sesuai keinginan dan kebutuhan. Namun pada umumnya menggunakan ukuran 90 mm x 50 mm dan 80 mm x 53 mm.

Apabila dalam skala cm maka 9 cm x 5, 5 cm dan 8 cm x 5, 3 cm. Kira-kira di tempat kerja Anda menggunakan yang mana?

8. ID Card Standar Internasional

ID Card Standar Internasional

Jika tadi sudah dijelaskan ukuran ID Card standar Indonesia, maka sekarang adalah standar internasional atau global yang sudah diatur oleh ISO. Terdiri dari empat bagian yaitu:

–          ID Card 1 yang dijadikan patokan utama kartu identitas, ukurannya seperti yang sudah dijelaskan di atas yaitu 85, 60 mm x 53.98 mm. Jadi bisa digunakan untuk SIM, KTP, kartu kesehatan, debit, kredit dan identitas lainnya.

–          ID Card 2 yaitu kartu identitas dengan ukuran 105 mm x 74mm. Namun sekarang ini sudah jarang Negara yang mengeluarkan kartu berukuran ini.

–          ID Card 3 dengan dimensi ukuran 125 mm x 88 mm. Biasanya digunakan sebagai patokan utama paspor atau visa di beberapa Negara.

–          ID Card 4 dengan ukuran paling kecil diantara ketiga standar sebelumnya yaitu hanya 15 mm x 25 mm, karena ukurannya yang kecil inilah biasanya digunakan untuk SIM pada handphone.

9. Perbedaan Ukuran dengan Negara Lain

Perbedaan Ukuran dengan Negara Lain

Baik di Indonesia maupun internasional tentu saja tidak ada perbedaan yang bisa dihindari. Misalkan untuk ID Card yang dikeluarkan oleh Asia seperti Malaysia, Singapura, Hongkong dan China berukuran 90 mm x 54 mm.

Berbeda dengan beberapa Negara di Eropa dengan dimensi 85 mm x 55 mm. Apabila Anda menengok di Negara India, Kolombia, Norwegia, Vietnam, Taiwan dan New Zealand, mereka menggunakan standar 90 mm x 55 mm tadi.

Sedangkan di Amerika, Kanada dan Belanda menggunakan ukuran 89 mm x 51 mm. Dapat ditarik kesimpulan bahwa ukuran antara satu Negara dengan lainnya berbeda, tergantung pada kebijakan yang diambil oleh pemerintah setempat.

Apabila Anda membutuhkan referensi yang akan digunakan untuk berbagai acara baik di kantor, sekolah, organisasi atau yang lainnya maka sebaiknya menggunakan standar Indonesia pada beberapa poin yang sudah dijelaskan di atas.

Sebagai bahan referensi dan untuk memudahkan Anda dalam memilih ID card yang tepat untuk digunakan, maka berikut ini ada rangkuman ukuran baik dalam satuan mm dan cm untuk berbagai keperluan:

Ukuran dalam mm Ukuran dalam cm Penggunaan
105 x 74 10, 5 x 7, 4 Kartu panitia, name tag
85, 50 x 53, 98 8, 56 x 5, 39 KTP Elektronik, kartu pengenal anggota (PNS maupun swasta), ATM, kartu debit, kartu kredit.
90 x 53 9,0 x 5, 3 Kartu panitia, name tag

 

Keberadaan kartu identitas memanglah penting. Jadi Anda tidak boleh mengabaikannya begitu saja. Misalkan Anda akan lebih mudah menanyakan sebuah informasi pada seseorang yang berkaitan. Contohnya dalam sebuah hotel Anda ingin pergi ke toilet, maka yang Anda tuju jelas office boy atau pegawai kebersihan yang bisa diketahui dari ID Card nya.

Sekarang Anda sudah paham kan berapa saja ukuran ID Card baik standar nasional maupun internasional? Anda bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan, keinginan dan kebijakan yang berlaku. Lebih baik agar ID Card awet, Anda bisa mencetaknya seperti jenis kartu ATM dan KTP.

Ukuran ID Card (Cm dan Mm) dan Name Tag Semua Jenis

Leave a Reply