Wali Songo Dan Asalnya Beserta Biografi Singkatnya Paling Lengkap

Wali Songo dan asalnya – hampir seluruh masyarakat Indonesia mengetahui siapa itu Wali Songo. Wali Songo terkenal dengan perannya dalam menyebarkan Islam di Indonesia terutama pulau Jawa. Sama seperti namanya wali yang berarti “wakil” dan “songo” artinya Sembilan, melalui penggabungan 2 kata tersebut jadilah Wali Songo yaitu tokoh Islam yang mendapat kehormatan di Indonesia.

Tokoh Wali Songo dan Asal Daerahnya

Tokoh Wali Songo dan Asal Daerahnya

Berikut ini merupakan sejarah Wali Songo lengkap berserta data singkat Wali Songo dan asalnya yang kami paparkan di bawah ini.

  • Sunan Gresik

Sunan Gresik merupakan keturunan Nabi Muhammad ke 22, ia mendapat julukan sebagai Syekh Maghribi karena di duga Sunan Gresik berasal dari daerah Afrika Utara Maghribi. Namun, julukan yang paling terkenal adalah Malik Ibrahim.

  • Sunan Drajat

Sunan Drajat atau Raden Qasim lahir di Surabaya pada 1470 M merupakan seorang wali yang banyak memberikan pertolongan kepada masyarakat miskin, anak yatim piatu dan orang sakit. Sunan Drajat terkenal menyebarkan agama Islam di Lamongan Jawa timur  dan putra dari Sunan Ampel.

  • Sunan Gunung Jati ( Syarif Hidayatullah )

Walisongo dan asalnya berikutnya adalah Sunan Gunung Jati, beliau sangat berperan dalam penyebaran ajaran Islam terkhusus di wilayah Jawa Barat Cirebon dan juga pendiri dinasti kesultanan Banten. Sunan Gunung Jati lahir di Pasai Aceh pada 1490.

  • Sunan Ampel ( Raden Rahmat )

Sunan Ampel terkenal dengan orang pertama sebagai pembina pesantren di Surabaya tepatnya di Ampel. Sejarah menyebutkan Sunan Ampel lahir di Campa Vietnam.

  • Sunan Bonang ( Raden Makhdum )

Sunan Bonang memiliki keunikan dalam penyebaran agama Islam beliau menyesuaikan diri terhadap kebudayaan jawa yang gemar wayang dan musik gamelan. Sunan Bonang merupakan putra dari Sunan Ampel dengan penyebaran agama Islam dari Rembang sampai Jawa timur.

  • Sunan Giri

Merupakan salah satu murid dari sunan Ampel yang ditugaskan menyebarkan ajaran Islam di Blambangan. Sunan Giri memiliki nama asli yaitu Raden Paku putra dari Maulana Ishak yang lahir di Banyuwangi.

  • Sunan Kalijaga ( Raden Sahid )

Beliau adalah orang pertama yang memperkenalkan wayang terbuat dari kulit kambing. Sunan Kalijaga lahir di Tuban Jawa timur pada 1450 M, Sunan Kalijaga banyak menyebarkan agama Islam di pulau Jawa.

  • Sunan Muria ( Raden Umar Said )

Anak dari Sunan Kalijaga ini sangat berjasa dalam penyebaran Islam di wilayah pedesaan. Beliau lebih suka menyendiri di desa untuk menyiarkan agama Islam. Daerah dakwahnya mulai dari pelosok Kudus, Pati, Juwana sampai Pesisir utara.

  • Sunan Kudus ( Ja’far Shadiq )

Meskipun di beri nama Sunan Kudus namun, beliau bukan asli penduduk Kudus, ia lahir di Palestina. Sunan kudus di beri kepercayaan untuk memegang pemerintahan Kudus. Sunan Kudus mempunyai keistimewaan dalam bidang agama sehingga beliau di beri gelar wali Al ‘ilmi yang artinya orang berilmu.

Wali Songo Dan Asalnya Beserta Biografi Singkatnya Paling Lengkap

Tinggalkan komentar