Wali tertua dari Wali Songo adalah Sunan Gresik atau Maulana Malik Ibrahim

Wali tertua dari Wali Songo adalah – Sunan Gresik atau Maulana Malik Ibrahim. Beliau dikenal sebagai orang yang pertama kali menjadi penyebar agama Islam di tanah Jawa, dan d wali yang menjadi guru dari para Wali Songo yang lain. Untuk mengetahui sosok dari Sunan Gresik, berikut kami berikan ulasan secara singkat.

Wali Tertua dari Wali Songo Adalah Sunan Gresik

Wali Tertua dari Wali Songo Adalah Sunan Gresik

Sunan Gresik (Maulana Malik Ibrahim) juga terkenal sebagai Maulana Maghribi yang berasal dari keturunan Arab, dan harus menempuh perjalanan panjang untuk sampai ke Nusantara agar bisa menyebarkan ajaran agama Islam.

Sunan Gresik lahir di Samarkand, di negara Uzbekistan, wilayah Asia Tengah di awal abad ke-14, dan Beliau tiba di Nusantara pada tahun 1404 dari Campa yang sekarang adalah Vietnam. Sunan Gresik meninggal di Gresik pada tahun 1419.

Tanah Jawa yang menjadi tempat pertama kali Beliau menginjakkan kakinya adalah Desa Sembalo, Kecamatan Manyar, Kabupaten Gresik. Di desa itu, beliau menetap dan kemudian melakukan dakwah ke seluruh lapisan masyarakat yang ada di sana. Itulah mengapa jika ada pertanyaan soal wali tertua dari Wali Songo adalah, maka jawabannya Sunan Gresik.

Cara Berdakwah Sunan Gresik

Cara Berdakwah Sunan Gresik

Sunan Gresik menggunakan metode berdakwah dengan pendekatan budaya. Beliau juga mengajarkan masyarakat Nusantara soal caranya bercocok tanam dan bertani.  Wali Songo tertua ini dikenal sangat dermawan dan begitu mengayomi masyarakat pada saat itu. Lewat pendekatannya, secara perlahan masyarakat Tanah Jawa mulai tertarik untuk mempelajari agama Islam.

Alhasil, Sunan Gresik pun membangun sebuah pondok pesantren serta masjid yang digunakan sebagai tempat mengajarkan agama Islam kepada masyarakat. Pondok pesantrennya dibangun di daerah Leran, Gresik.  Beliau merupakan orang memiliki budi pekerti yang baik dan begitu ramah. Tak heran jika masyarakat sangat menyukai dirinya.

Setiap kali berdakwah dan harus berhadapan dengan masyarakat yang menganut kepercayaan agama Hindu dan Budha, Sunan Gresik selalu tahu caranya bersikap. Sebab pada saat itu, agama Hindu dan Budha menjadi agama yang sudah mendarah daging di masyarakat setempat.

Sunan Gresik atau Maulana Malik Ibrahim diketahui termasuk dalam silsilah ke-22 abi Muhammad SAW dari anaknya Siti Fatimah yang bersuami kan Saidina Ali. Beliau menginjakkan kaki di Nusantara pada tahun 801 atau 1392 masehi.

Pada saat tiba di di Gresik, Sunan Gresik memang tidak langsung menyebarkan ajaran agama Islam, tetapi lebih dulu mengelilingi kota untuk mencari tahu bagaimana karakter budaya dari masyarakat setempat. Dua tahun setelah memahami bagaimana karakter budaya masyarakat, Sunan Gresik pun mendirikan sebuah masjid di daerah Leran sebagai salah satu cerita soal sejarah Wali Songo lengkap dalam menyebarkan agama Islam.

Semoga penjelasan di atas bisa menjawab pertanyaan singkat Anda mengenai wali tertua dari Wali Songo adalah secara jelas. Sebab, Wali Songo merupakan sebuah sejarah yang menjadi tonggak masuknya agama Islam di Tanah Jawa.

Wali tertua dari Wali Songo adalah Sunan Gresik atau Maulana Malik Ibrahim

Tinggalkan komentar